Home / KULINER

Jumat, 22 September 2023 - 19:11 WIB

15 Makanan Khas Bangka Belitung, Kenikmatan Tiada Tara

- Penulis

15 Makanan Khas Bangka Belitung, Kenikmatan Tiada Tara

15 Makanan Khas Bangka Belitung, Kenikmatan Tiada Tara

Moccaapedia – Semua makanan khas Bangka Belitung memiliki citra rasa khas daerah yang tidak ditemukan di kota lain. Bangka Belitung sendiri termasuk jenis kepulauan di bagian timur Sumatera yang tidak hanya menyuguhkan keindahan alam tetapi juga wisata kuliner.

Makanan-makanan tersebut sangat menggambarkan bagaimana kekayaan dan keanekaragaman hayati di pulau tersebut. Anda bisa menemukan minuman, makanan ringan, hingga makanan berat asal Bangka Belitung.

 

Baca Juga :   3 Resep Olahan Kentang yang Menyehatkan

 

Makanan Khas Bangka Belitung

15 Makanan Khas Bangka Belitung, Kenikmatan Tiada Tara
15 Makanan Khas Bangka Belitung, Kenikmatan Tiada Tara

 

Apabila Anda mendapatkan kesempatan untuk liburan ke Pulau Sumatera, bisa langsung berkunjung ke Bangka Belitung. Anda akan merasakan bagaimana makanan khas Melayu menggoyang lidah Anda.

 

  1. Belacan

Belacan adalah makanan yang memiliki citra dan aroma rasa unik karena terbuat dari hasil fermentasi makanan laut. Biasanya masyarakat menambahkan bumbu tambahan berupa penyedap rasa seperti sambal ke belacan.

Sebenarnya, nama lain dari belacan adalah terasi hanya saja terbuat dari udang rebon yang masih segar dan difermentasi lalu dikemas. Anda bisa menjadikan belacan sebagai oleh-oleh setelah pulang dari Bangka Belitung.

 

  1. Mi Bangka

Mi Bangka adalah makanan khas dari Bangka Belitung yang paling banyak penggemarnya khususnya wisatawan dari luar kota. Mi Bangka tersaji dengan kuah kaldu dari tulang dan tambahan berupa makanan laut, daging sapi, dan daging ayam.

 

  1. Sup Gangan

Butuh rekomendasi makanan berat lainnya? Anda bisa mengkonsumsi sup gangan yang terbuat dari kuah ikan. Ikan tenggiri segar adalah bahan utama pembuatan sup gangan yang diolah dengan campuran rempah seperti kunyit, lengkuas, bawang, dan cabai.

Selain menimbulkan rasa gurih, sup gangan juga menimbulkan rasa pedas yang khas. Walaupun terbuat dari ikan, sup gangan tidak memunculkan rasa amis sedikit pun. Tidak hanya dari ikan tenggiri, sup gangan juga bisa tersaji dengan daging sapi dan dikenal dengan nama gangan darat.

 

  1. Pantiaw

Makanan khas Bangka Belitung selain ketiga jenis di atas ada pantiaw yang bentuknya berupa mie lebar dan gepeng dengan warna putih. Warna putihnya mirip dengan susu dengan tekstur yang kenyal.

Anda bisa mendapatkan pantiaw yang tersaji dengan bumbu dari bahan ikan giling dan disiram dengan rebusan kuah bakwan. Anda juga bisa meminta tambahan berupa taburan seledri dan bawang goreng.

Pantiaw berbeda dengan kwetiaw karena pantiaw terbuat dari tepung gandum atau tepung beras. Inilah yang membuat pantiaw berwarna putih seperti susu. Tentu saja Anda bisa dengan mudah menemukan pedagang pantiaw di pinggir-pinggir jalan.

 

  1. Siput Gonggong

Siput gonggong terbuat dari olahan siput rebus goreng yang bisa Anda nikmati bersama sambal. Siput yang digunakan oleh masyarakat Bangka Belitung bukan siput darat melainkan siput laut. Cara memakannya juga terbilang mudah yaitu dengan memanfaatkan tusuk gigi.

Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya pada kuah sambal yang sudah tersaji. Memakan siput gonggong dalam kondisi pedas memang sangat nikmat, sehingga Anda harus mencobanya kalau berkunjung ke Bangka Belitung.

 

Baca Juga :   13 Dessert Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

 

  1. Bong Li Piang

Bong Li Piang adalah makanan ciri khas Bangka Belitung yang bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kue bong li piang memiliki tekstur seperti bantal dan rasanya sangat manis. Adapun bahan pembuatan bong li piang adalah dari gula aren, nanas, santan, dan terigu.

 

  1. Lempok Cempedak

Lempok cempedak adalah makanan berupa dodol dari buah cempedak yang rasanya sangat manis dan teksturnya kenyal. Anda bisa mendapatkan lempok cempedak di mana saja karena banyak pusat oleh-oleh yang menjualnya.

 

  1. Sirup Jeruk Kunci

Berikutnya adalah sirup jeruk kunci yang kaya akan vitamin C bahkan lebih berkhasiat dari jeruk lainnya. Jeruk kunci biasanya digunakan sebagai obat pilek, batuk, dan masuk angin untuk anak-anak.

Cara menggunakannya mudah karena cukup merebus jeruk dengan kayu putih dan oleskan ke punggung anak-anak. Masyarakat Bangka Belitung menjadikan jeruk kunci sebagai minuman segar yang sering dinikmati oleh para wisatawan.

 

  1. Rusip

Makanan khas Bangka Belitung selanjutnya adalah rusip yang termasuk jenis sambal dari ikan teri dan difermentasikan dengan air gula aren, air kerak nasi, dan garam. Memiliki cara pembuatan berbeda dari makanan lain membuat rusip memiliki aroma khas.

Anda bisa mengkonsumsinya dengan nasi dan tambahan berupa bawang merah, perasan jeruk, dan irisan cabai. Rusip termasuk jenis makanan berkuah yang banyak diminati di Bangka Belitung karena aromanya.

 

  1. Mie Koba

Suka makanan berupa mie? Anda bisa mencicipi mie koba yang cukup unik terutama pada kuahnya. Mie koba memiliki kuah yang terbuat dari kaldu ikan tenggiri. Cara membuatnya adalah dengan merebus ikan tenggiri dan digiling halus.

Setelah halus, ikan tenggiring langsung direbus dengan rempah-rempah seperti ketumbar, kayu manis, pala, cengkeh, dan sebagainya. Untuk meningkatkan citra rasa, mie koba bisa disajikan dengan perasan jeruk nipis sehingga dapat menyamarkan bau amis dari ikan tenggiri.

 

  1. Lakso

Apakah Anda pernah mendengar makanan lakso? Lakso khas Bangka Belitung juga terbuat dari olahan mie dari terigu, tepung sagu, dan tepung beras. Keunikannya terletak pada warna lakso yaitu putih.

Mie dengan warna putih ini memiliki kuah yang sangat enak karena terbuat dari kaldu ikan dan dicampur dengan berbagai rempah seperti kemiri, ketumbar, bawang merah, kunyit, dan sebagainya. Anda bisa memakan lakso saat musim hujan agar badan terasa hangat.

 

  1. Berego

Berego adalah makanan khas daerah Bangka Belitung yang tampilannya mirip dengan opor lontong. Namun masyarakat tidak menggunakan lontong melainkan tepung beras dan tepung sagu. Berego juga dicampur dengan berbagai bahan dari makanan laut Bangka Belitung.

Kuahnya terbuat dari kari ikan dan sering dinikmati dengan hidangan pendamping seperti lakso dan gangan. Kalau Anda butuh makanan berat dan sedang berada di Bangka Belitung tidak ada salahnya untuk mencoba berego.

 

  1. Rujak Daun Ubi Kembang Pepaya

Rujak daun ubi kembang pepaya adalah makanan yang disukai oleh siapa saja karena sangat khas. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari rujak daun ubi dan menggunakan kembang pepaya sehingga rasanya sangat khas.

 

  1. Kricu

Kricu adalah makanan yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan terbuat dari telur cumi. Teksturnya mirip dengan kue kering dan teksturnya juga sangat renyah. Rasanya sedikit manis namun lebih dominan gurih.

Selain telur cumi, kricu juga terbuat dari garam, bumbu penyedap, dan telur ayam. Rasanya sangat khas sehingga sayang untuk Anda lewatkan kalau sedang berkunjung ke Bangka Belitung.

 

  1. Lempah

Lempah adalah makanan berupa gulai yang terbuat dari bumbu-bumbu khas Pulau Bangka Belitung. Terbagi menjadi dua jenis lempah yaitu lempah kuning dan lempah darah yang memiliki perbedaan.

Lempah kuning terbuat dari bahan baku ayam, tulang rusuk sapi, dan ikan. Sedangkan lempah darat terbuat dari gulai atau sayur dan umbut nanas, keladi, umbut kelapa, jamur, pisang muda, mentimun, kacang panjang, dan rebung.

 

Semua makanan khas Bangka Belitung di atas layak Anda coba kalau suka berburu wisata kuliner di kota-kota lain.

 

Baca Juga :   9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit

Share :

Baca Juga

Ini Loh, Resep Rica Rica Ayam Masakan Jawa Timur

KULINER

Ini Loh, Resep Rica Rica Ayam Masakan Jawa Timur
Omela Cappucino

KULINER

Resep Cappuccino ala Cafe Pakai Omela Foaming Milk yang Enak
4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih

KULINER

4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih
5 Makanan Asli Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri !

KULINER

5 Makanan Asli Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri !
5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok
Sajian Khas Ramadhan di Masjid Indonesia

KULINER

Sajian Khas Ramadhan di Beberapa Masjid Indonesia, Mau Coba?
5 Kuliner Indonesia yang Mendunia Memiliki Cita Rasa Lezat dan Nikmat (Shutterstock)

KULINER

5 Kuliner Indonesia yang Mendunia Memiliki Cita Rasa Lezat dan Nikmat
Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

KULINER

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak