Home / KULINER

Rabu, 27 September 2023 - 22:19 WIB

11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung

- Penulis

11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung

11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung

Moccaapedia – Ada banyak hal menyenangkan yang bisa Anda dapatkan saat berlibur ke Bekasi salah satunya adalah mencicipi makanan khas Bekasi yang rasanya lezat di lidah. Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencicipi kuliner dari Bekasi karena tidak akan menyesal.

Berburu kuliner adalah aktivitas yang menyenangkan apalagi kalau Anda melakukannya setelah seharian keliling wisata di Bekasi. Selain itu, harga kuliner dari Bekasi juga sangat terjangkau.

 

Baca Juga :   Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

 

Makanan Khas Bekasi

11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung
11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung

 

Tidak hanya menyediakan makanan berat, tetapi juga jajanan yang bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kalau Anda baru pertama kali mengunjungi Bekas, bisa simak daftar makanan khas di bawah ini.

 

  1. Kue Sagon

Kue Sagon adalah jajanan dari Bekasi yang terbuat dari tepung beras ketan dan memiliki warna coklat. Cara pembuatannya adalah dengan menyangrai tepung

Sagon tidak hanya berbentuk persegi panjang tetapi ada juga yang berbentuk pipih, tergantung dari bentuk cetakannya. beras yang menjadi bahan dasar. Setelah itu penjual akan mengolahnya dan terakhir menaburi Kue Sagon dengan kelapa parut di bagian atasnya.

Campuran kelapa parut dengan bahan dasar lainnya membuat Kue Sagon memiliki rasa yang khas sehingga banyak wisatawan yang ingin mencobanya. Kue

Kalau Anda tertarik dengan Kue Sagon bisa membelinya langsung di Veni Bakery atau Roti Sagon Monas yang harganya sangat terjangkau sebesar 15 ribu rupiah per bungkus.

 

  1. Kue Duit

Kue Duit adalah salah satu makanan khas daerah Bekasi yang memiliki nama unik namun bukan berarti Kue Duit dipenuhi oleh uang. Lantas mengapa nama makanan ini adalah Kue Duit? Hal ini karena bentuk dari Kue Duit adalah seperti kepingan logam.

Adapun bahan dasar pembuatan Kue Duit adalah dari adonan tepung dan cara membuatnya dengan menggorengnya seperti makanan lain dengan minyak. Setelah matang, Kue Duit memiliki tekstur renyah dan kering.

Semakin lama Anda menggorengnya semakin kering pula hasilnya. Adapun rasanya adalah manis sehingga cocon dijadikan sebagai camilan. Anda bisa mendapatkan Kue Duit di Butri Cake & Bakery atau Dennis Cake dan harganya 15 ribu rupiah per pak.

 

  1. Rengginang

Selain Kue Duit dan Kue Sagon, Anda bisa menemukan rengginang kalau berkunjung ke Bekasi. Sebagai salah satu makanan ringan, rengginang terbuat dari beras sebagai bahan utama yang dijemur di bawah sinar matahari hingga kering.

Setelah kering, Anda bisa menggorengnya sampai mengembang dan rasa gurih akan terasa. Rasa gurih tersebut berasal dari bahan dasar pembuatan rengginang yaitu nasi. Anda bisa mendapatkan satu porsi rengginang di Rengginang Bite atau Mbok SuburĀ  Bekasi dengan harga 13 ribu rupiah satu porsi.

 

  1. Wajik Ketan khas Bekasi

Rekomendasi makanan khas Bekasi berikutnya adalah wajik yang terbuat dari ketan. Wajik ketan dari Bekasi ini melambangkan ikatan tali silaturahmi yang juga dicampur dengan bahan lain seperti santan, gula merah, dan beras ketan.

Adapun cara pembuatan wajik ketan adalah mengukus bahan-bahan tersebut sampai teksturnya berubah menjadi lebih empuk. Hasilnya adalah Anda bisa mendapatkan wajik dengan rasa manis apalagi kalau membeli wajik ketan di Warung Mpok Nini yang rasanya pasti lezat.

 

  1. Kue Jalabia

Kue Jalabia bisa menjadi rekomendasi kuliner lain yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula merah, santan, ketan, dan kelapa. Hasilnya adalah kue jalabia berwarna hitam dan bentuknya bulat. Pada bagian tengahnya terdapat lubang kecil seperti donat, hanya saja teksturnya lebi lengket.

 

Baca Juga :   7 Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat

 

  1. Kue Cucur Khas Bekasi

Kue cucur khas Bekasi sebenarnya buatan masyarakat Betawi yang memiliki warna kecoklatan dan bentuknya bulat. Pada bagian tengahnya memiliki tekstur yang lebih tebal daripada bagian pinggir. Bagian pinggir kue cucur sengaja dibuat lebih kering sehingga bentuknya unik.

Adapun bahan dasar pembuatan kue cucur adalah gula merah dan tepung beras. Kalau dilihat-lihat bentuk kue cucur seperti dorayaki yang rasanya legit. Secara keseluruhan tekstur dari kue cucur sangat kenyal dan Anda bisa mendapatkannya di Cucur Abah Jatim dan Cucur Kah Feci dengan harga yang sangat murah yaitu 2.500 per biji.

 

  1. Sayur Gabus Pucung

Makanan khas di Bekasi berikutnya adalah Sayur Gabus Pucung yang juga merupakan makanan dari Betawi. Sayur gabus pucung adalah salah satu makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

Sayur Gabus Pucung diibaratkan dengan rendang yang ada di Rumah Makan Padang dan bahan utama makanan ini adalah ikan gabus goreng. Kemudian penjual mencampurnya dengan rempah-rempah khusus salah satunya adalah kluwek.

Rempah-rempah tersebut yang membuat sayur gabus pucung memiliki kuah berwarna hitam. Adapun tempat yang tepat untuk mengkonsumsi sayur gabus pucung adalah di Rumah Makan Udin Kombo.

 

  1. Kue Rangi

Kue Rangi adalah rekomendasi makanan lain yang bias Anda nikmati ketika sedang berlibur di Bekasi. Sebenarnya kue rangi adalah makanan dari Jakarta, hanya saja makanan ini sulit ditemukan di tempat asalnya.

Hanya saja kalau Anda memang ingin mencicipi makanan ini bias datang ke Bekasi saja. Di Bekasi, masyarakat setempat menyebutnya dengan Sagu Rangi karena sagu adalah bahan utama pembuatan kue rangi.

Cara pembuatannya terbilang simple dan bahan dasarnya juga mudah ditemukan yaitu parutan kelapa, gula, sagu, dan toping buah. Langkah pertama adalah dengan memasukkan semua bahan pada adonan kue pancong sampai penuh.

Kemudian angkat ketika sudah matang dan siram dengan gula merah cair. Setelah itu tambahkan toping buah seperti nanas, durian, atau nangka. Kue rangi merupakan makanan basah yang harus dimakan sekali duduk karena tidak tahan lama.

Walaupun begitu, Anda tetap bias menikmatinya saat akan pulang dari Bekasi. Harga kue rangi juga sangat terjangkau yaitu hanya 10 ribu rupiah saja dan Anda sudah bisa menikmati kelezatan satu porsi kue rangi.

 

  1. Telur Gabus

Anda tidak boleh ketinggalan mencicipi gurihnya telur gabus yang sangat cocok dibawa pulang ke rumah. Telur gabus adalah makanan tahan lama yang terkenal di seluruh Indonesia khususnya di Bekasi.

Namanya diambil karena bentuk makanannya mirip dengan gabus yang sekarang tersedia dalam berbagai varian rasa yaitu manis, gurih original, dan keju. Harga jual telur gabus juga sangat murah yaitu hanya 6 ribu rupiah saja untuk 100 gram telur gabus.

 

  1. Kue Cubit

Ada juga kue cubit yang memiliki bentuk unik dan rasa manis sehingga banyak orang yang penasaran akan makanan tersebut. Dinamakan kue cubit karena saat proses memasaknya, penjual menjepit atau mencubit kue ini.

Makanan dengan bentuk menggemaskan ini termasuk jajanan jadul yang tersedia dalam berbagai varian rasa seperti kacang, keju, coklat, dan rasa lainnya. Harga kue cubit juga sangat murah yaitu seribu rupiahu untuk satu biji kue cubit.

 

  1. Kue Dongkal

Ingin mencicipi kelezatan kuliner Bekasi lainnya? Anda bisa membeli kue dongkal yang proses pembuatannya mirip dengan kue putri ayu dan bentuknya mirip dengan tumpeng. Rasa kue dongkal sangat manis degan teksturnya yang kenyal.

Bahan dasar pembuatannya adalah dari gula merah dan tepung beras yang disusun seperti cetakan tumpeng kemudian dikukus.

 

Makanan khas Bekasi memang sangat menggiurkan sehingga banyak orang yang ingin merasakan kelezatannya. Tidak hanya itu, kuliner Bekasi di atas juga cocok untuk menjadi buah tangan.

 

Baca Juga :   Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba

Share :

Baca Juga

Inilah, 10 Rekomendasi Menu Sahur Terlezat Selama Ramadhan

KULINER

Inilah, 10 Rekomendasi Menu Sahur Terlezat Selama Ramadhan

KULINER

Tepung Maizena Terbuat dari Apa? Ini Jawaban dan Olahannya!
Angsle Terdekat di Kota Malang

KULINER

Angsle Terdekat di Kota Malang 100% Pasti Enak
10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

KULINER

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling
Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh

KULINER

Tidak Bikin Mabuk, Bir Pletok Justru Punya Banyak Khasiat Loh
Snack Huruf A Aneka Camilan Memanjakan Lidah

KULINER

Snack Huruf A: Aneka Camilan Memanjakan Lidah
7 Makanan Populer Korea di Indonesia / Sumber: Pexels

KULINER

7 Makanan Populer Korea di Indonesia
5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat

KULINER

5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat