Home / KULINER

Senin, 30 Oktober 2023 - 11:24 WIB

13 Makanan Terenak di Dunia, Ada dari Indonesia

- Penulis

13 Makanan Terenak di Dunia, Ada dari Indonesia

13 Makanan Terenak di Dunia, Ada dari Indonesia

Moccaapedia – Makanan enak adalah makanan idaman kebanyakan orang karena dapat meningkatkan selera makan. Selain itu makanan pedas juga bisa untuk meningkatkan metabolisme dan mencegah penyakit jantung serta kanker. Pertanyaannya adakah makanan terenak dunia?

Bagi pecinta pedas tentu saja kamu tidak boleh ketinggalan informasi ini. Di bawah ini ada beberapa daftar makanan terpedas di dunia, ada dari Indonesia lho! Jika penasaran kamu harus mencicipinya ya dan rasakan bagaimana sensasi pedasnya.

 

Baca Juga :   Jual Angsle Terdekat di Surabaya 100% Nikmat

 

Makanan Terenak di Dunia

13 Makanan Terenak di Dunia, Ada dari Indonesia
13 Makanan Terenak di Dunia, Ada dari Indonesia

Buat Anda yang ingin merayakan sesuatu dengan makan-makanan enak, bisa mencoba salah satu makanan terenak di dunia ini yang rasanya dijamin bikin nagih.

 

  1.       Kari Phaal

Kari Phaal merupakan makanan yang berasal dari Inggris. Kari Phaal merupakan makanan berupa kari yang juga dikonsumsi oleh negara lain. Pertama kali muncul di Inggris tepatnya di restoran Bangladesh di daerah Birmingham.

Kari Phaal merupakan makanan yang dianggap lebih pedas dari vindaloo. Kari Phaal terbuat dari bawang putih, paprika, bubuk cabai dan cabai hijau dengan rasa pedas yang khas.

Selain itu Kari Phaal juga diberi tambahan scotch bonnet peppers yang dibalut saus tomat. Ada juru masak yang membuat Kari Phaal hantu dengan rasa pedas yang lebih dahsyat dari Tabasco.

 

  1.       Chilate de Pollo

Makanan terenak dunia yang berikutnya adalah Chilate de Pollo. Chilate de Pollo merupakan makanan berupa rebusan ayam sederhana dan mengenyangkan. Terdapat kaldu berwarna merah cerah menggambarkan rasa pedasnya.

Rasa pedas itu berasal dari cabai de arbol dan cabai guajillo kering, adapun ramuan utamanya adalah epazote dengan rasa licorice.  Chilate de Pollo ini juga dibuat dari rebusan tomat yang dapat mengurangi rasa panasnya. Makanan yang berasal dari Oaxaca ini juga dikenal dengan campuran cabai pasilla berwarna merah tua sehingga membuat makanannya berasap.

 

  1.       Sichuan Hotpot

Sichuan Hotpot mungkin masih terdengar asing di telinga kamu bukan? Sichuan Hotpot merupakan salah satu makanan terenak di dunia berupa kaldu merah yang mengepul. Di dalamnya sudah ada campuran merica dan cabai merah.

Bahan utamanya adalah Sichua kering yang dipanaskan menggunakan hot plate. Adapun untuk bumbu lainnya adalah daging sapi yang diiris tipis, taoge, bok choy dan tahu. Hotpot merupakan makanan komunal yang dinikmati dengan cara mencelupkan makanannya ke kaldu sampai matang.

 

  1.       Doro Wat

Doro Wat menjadi masakan terenak selanjutnya. Bahan utama Doro Wat menggunakan dabere dengan perpaduan rempah-rempah seperti paprika, cabai rawit, fenugreek, cabai merah kering dan sebagainya. Makanan khas Ethiopia ini juga menggunakan mentega Niter kibbeh dengan bumbu bawang putih.

Orang Ethiopia banyak yang menambahkan secangkir anggur madu ke Doro Wat agar mendapatkan rasa manis. Terdapat campuran potongan ayam berair dan empuk yang direbus menggunakan bawang karamel. Doro Wat merupakan makanan yang sering disuguhkan pada hari raya.

 

  1.       Gaeng Tai Pla

Makanan terenak di dunia yang keenam adalah Gaeng Tai Pla. Gaeng Tai Pla merupakan makanan khas Thailand berupa kari sup pedas dan kental yang biasanya dikonsumsi oleh para nelayan Thailand Selatan. Bahan dasar pembuatan Gaeng Tai Pla adalah saus asin dari acar kandung kemih ikan, usus dan tai pla.

Gaeng Tai Pla juga diberi tambahan berupa rempah-rempah seperti terasi, lengkuas, kunyit dan bawang putih. Rempah-rempah ini membuat kaldu memiliki rasa pedas dan sering ditambahkan potongan daging ikan kering.

 

Baca Juga :   5 Makanan Asli Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri !

 

6. Jjambong

Jjambong makanan pedas yang berasal dari Korea. Sebenarnya Jjambon ini dibuat oleh para imigran Cina yang tinggal di Incheon Korea pada tahun 1800an. Jjambong merupakan mie korea yang cocok dimakan dengan makanan laut seperti kerang dan cumi laut.

Makanan terpedas dunia di atas mana yang bikin kamu penasaran? Kalau kamu sudah pernah mencoba sambal uleg, yuk coba makanan pedas lainnya, rasanya dijamin nagih.

 

  1.       Nasi Goreng

Berikutnya adalah nasi goreng yang merupakan makanan asli Indonesia dan juga sangat terkenal di dunia. Nasi goreng Indonesia pernah dimakan oleh presiden Amerika Serikat yaitu Barrack Obama dan rasanya tentu sangat lezat.

Sekarang nasi goreng telah mengalami banyak perubahan dengan menambahkan berbagai lauk seperti kerupuk, cumi-cumi, udang, daging ayam, telur, dan masih banyak lagi.

 

  1.       Dim Sum Hongkong

Makanan asli Hongkong ini juga termasuk salah satu makanan terenak di dunia bahkan laris di Indonesia. Hal ini karena dim sum memiliki citra rasa yang menggoda sehingga membuat para pencinta kuliner penasaran.

Dim sum adalah makanan yang terbuat dari udang bungkus hakau kemudian dimasak dengan menggunakan minyak wijen agar aromanya jadi terasa sedap.

 

  1.       Lasagna

Lasagna adalah makanan khas Italia yang terbuat dari bahan dasar keju. Makanan ini juga memiliki banyak peminat khususnya dari kalangan anak-anak muda. Bahan dasar pembuatan lasagna adalah dari bechamel creamy, saus marinara, dan tambahan keju kemudian dipanggang.

 

  1.   Kebab

Anda pasti sudah pernah mendengar makanan satu ini bukan? Kebab adalah makanan terenak di dunia yang berasal dari Turki dan sudah terkenal di Indonesia. Makanan ini terbuat dari daging panggang kemudian dibalut dengan roti.

Di dalam roti terdapat tambahan beberapa bahan makanan seperti sayuran, saus, keju, dan sebagainya.

 

  1.   Peking Duck

Berikutnya adalah peking duck yang berasal dari China dan termasuk makanan yang sulit dibuat. Anda perlu berhati-hati saat akan mengolah dagingnya karena harus memastikan mendapatkan daging lembut dan tidak gosong.

Adapun bahan utama pembuatan peking duck adalah daging bebek dan jenis daging yang digunakan biasanya adalah bebek peking. Agar daging bebek ini memiliki tekstur yang empuk, pedagang biasanya memberikan makan bebek selama enam jam dan menjaga dagingnya agar tidak busuk.

Berat ideal yang harus dimiliki oleh bebek tersebut adalah 2.5 kg karena tidak terlalu kecil dan dagingnya juga empuk.

 

  1.   Pizza

Selain kebab, camilan dari luar negeri yang juga dijual di Indonesia adalah pizza khas Italia. Pizza adalah makanan berupa potongan roti dengan isi berbagai jenis topping yang rasanya gurih. Makanan ini sudah terkenal sejak abad ke-18 di Naples, Eropa yang dulu memiliki banyak penduduk.

Dulu, pizza dijual oleh pedagang kaki lima dan sudah dijual berupa potongan roti. Jumlah potongan roti dapat menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Topping yang dulu terdapat dalam pizza adalah garam sederhana, lemak babi, dan bawang putih.

Pemberian topping tersebut di zaman dulu menyesuaikan dengan harganya, jadi agar konsumen bisa mendapat pizza dengan harga murah.

 

  1.   Hamburger

Hamburger adalah makanan terenak di dunia yang berasal dari Jerman dan namanya berasal Bahasa Inggris yaitu ham dan smoked meat. Hamburger diambil dari nama kota asal makanan ini yaitu Hamburg, Jerman dan dulunga menggunakan potongan sapi atau steak.

Makanan yang sudah terkenal di Jerman ini kemudian dibawa ke Amerika oleh para imigran Jerman dan semakin terkenal. Dulu, masyarakat setempat menyebutnya dengan hamburger steak. Sampai kemudian ada yang mengenalkan menu bihun Hamburg.

Sejak masuk ke Amerika, menu makanan ini semakin terkenal dan ada yang mengatakan bahwa yang menciptakan hamburger adalah dua bersaudara yaitu Charles Menches dan Frank yang berasal dari OHIO.

 

Semua makanan terenak di dunia di atas berasal dari berbagai daerah khususnya Indonesia yaitu nasi goreng yang juga kini sudah mendunia.

 

Baca Juga :   Snack Huruf A: Aneka Camilan Memanjakan Lidah

Share :

Baca Juga

cumi saus tiram

KULINER

Resep Cumi Saus Tiram Selera, Tawarkan Kenikmatan Istimewa
Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang

KULINER

Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang
5 Kuliner Indonesia yang Mendunia Memiliki Cita Rasa Lezat dan Nikmat (Shutterstock)

KULINER

5 Kuliner Indonesia yang Mendunia Memiliki Cita Rasa Lezat dan Nikmat
Makanan Tempo Dulu (Detikfood)

KULINER

7 Makanan Tempo Dulu yang Sudah Jarang Ditemui
Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar

KULINER

Resep Soto Ayam Santan Kuning Nikmat dan Segar
15 Makanan Khas Bangka Belitung, Kenikmatan Tiada Tara

KULINER

15 Makanan Khas Bangka Belitung, Kenikmatan Tiada Tara
Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak

KULINER

Inspirasi Bikin Bekal Sekolah Enak Buat Anak
Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi

KULINER

Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi