Home / KULINER

Jumat, 15 September 2023 - 22:36 WIB

13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera

- Penulis

13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera

13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera

Moccaapedia – Indonesia memiliki banyak negara dan daerah dengan keunikannya masing-masing salah satunya dari segi makanan khas. Contoh daerah yang memiliki makanan khas unik adalah Riau. Ada banyak makanan khas Riau yang bisa Anda cicipi salah satunya adalah gulai.

Riau adalah provinsi yang berada di bagian tengah pantai sebelah timur di Pulau Sumatera. Apabila Anda berkunjung ke Riau, jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khasnya yang rasanya sangat lezat dan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat

 

Makanan Khas Riau

13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera
13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera

 

Apakah Anda masih belum tahu makanan apa saja yang berasal dari Riau? Tidak perlu khawatir karena ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda bawa pulang setelah liburan dari Riau.

 

  1. Gulai Ikan Patin

Makanan khas daerah Riau adalah gulai ikan patin yang bisa menjadi menu makan siang atau malam ketika ke sini. Anda bisa menemukan gula ikan patin di hampir seluruh restoran yang ada di Riau sehingga tidak perlu khawatir susah-susah mencari.

Gulai ikan patin adalah makanan yang memiliki kuah kental berwarna kuning. Ada tambahan berupa potongan ikan patin besar dan bisa Anda nikmati dengan sayur ubi rebus dan nasi sebagai pendamping agar terasa kenyang.

 

  1. Ikan Baung Asam Pedas

Ikan baung asam pedas bisa menjadi rekomendasi makanan khas selain gulai ikan patin yang sangat cocok untuk Anda jika tidak suka makanan berkuah kental. Makanan ini dibuat dengan ikan dan campuran rempah-rempah yang langsung menyerap ke seluruh bagian ikan sehingga rasanya khas.

Ketika ikan baung sudah bersih, pedagang akan merendamnya dengan asam kandis atau asam jawa. Ikan baung asam pedas sangat aman apabila dikonsumsi oleh anak kecil karena teksturnya lembut dan tidak memiliki duri.

 

  1. Mie Sagu

Mie sagu adalah salah satu makanan khas Riau yang juga memiliki rasa lezat dan jarang ditemukan di daerah lain. Makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Pekanbaru ini terbuat dari mie berbahan tepung sagu.

Kalau biasanya mie terbuat dari bahan tepung terigu, mie sagu terbuat dari tepung sagu sehingga teksturnya sangat khas. Perbedaannya dengan mie lain adalah, pedagang hanya menyajikan sedikit kuah untuk mie sagu.

Adapun hidangan yang tersaji sebagai pelengkap adalah ikan teri sambal goreng, daun kucai, dan tauge rebus. Anda akan merasakan kenikmatan ketika mengkonsumsi mie sagu asal Riau ini bakal ingin nambah terus.

 

  1. Lakse Kuah

Lakse kuah adalah makanan Riau yang terbuat dari santan dengan tambahan rempah-rempah seperti adam manis, ketumbar, dan rempah lainnya. Mie yang terdapat pada lakse kuah adalah mie sagu dan ada tambahan lain seperti ikan teri tumbuk halus atau ikan tongkol.

 

  1. Cincalok

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar istilah cincalok? Makanan khas adat Riau ini terbuat dari udang kecil yang sudah melalui proses fermentasi. Cincalok adalah makanan yang tidak terdapat di daerah lain sehingga Anda harus mencobanya ketika berkunjung ke Riau.

Anda bisa mengkonsumsi cincalok dengan nasi agar rasanya semakin terasa dan tentunya sambal juga jangan sampai lupa. Sambal hanyalah pelengkap, jadi buat yang tidak suka pedas, Anda bisa memakan cancilok rasa original.

 

Baca Juga :   5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat

 

  1. Ikan Cuka

Namanya yang unik ini membuat banyak wisatawan yang penasaran karena sangat terkenal di Pekanbaru. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri walaupun juga bisa menggunakan ikan jenis lainnya.

Cuka adalah bumbu tambahan untuk kuah sehingga rasanya sangat segar. Tambahan rempah seperti serai, jahe, gula, garam, daun jeruk, pala, lada, dan cabai merah digunakan untuk membuat kuah.

 

  1. Sup Tunjang

Makanan khas Riau setelah ikan cuka adalah sup tunjang yang menjadi andalan dan idaman banyak wisatawan. Sup tunjang terbuat dari kaldu tunjang yaitu kaki sapi sehingga rasa citra kaldunya sangat terasa hingga ke ujung lidah.

Agar makanan terasa hangat, Anda bisa menambahkan nasi untuk menambah energi dan kesegaran setelah melakukan perjalanan jauh. Anda akan melihat daging yang masih menempel pada hewan sapi namun rasanya tetap lembut dan empuk. Kalau kurang, Anda bisa meminta tambahan berupa sumsum yang terdapat dalam tulang kaki sapi.

 

  1. Nasi Lemak

Anda juga bisa mencicipi nasi lemak yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga. Nasi lemak bisa Anda temukan di negara lain seperti Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Makanan ini mirip dengan nasi uduk karena diolah dengan daun pandan dan santan.

Daun pandan bisa menghadirkan aroma harum pada nasi lemak ini sehingga sangat direkomendasikan menjadi menu sarapan Anda. Adapun lauk pendamping adalah ikan teri goreng, timun, dan telur sambal.

Kalau masih kurang, Anda juga bisa menambahkan sayur kacang panjang, daging, tempe, dan makanan-makanan lainnya yang tersedia di warung makan itu.

 

  1. Gulai Belacan

Gulai belacan adalah makanan berat khas Riau yang juga tidak kalah terkenal dan terbuat dari olahan udang kental. Kuah yang disajikan tercampur dengan santan agar menimbulkan tekstur yang unik.

Rempah-rempah yang menjadi citra rasa dari gulai belacan adalah asam jawa, kemiri, dan lada. Adapun jenis udang yang digunakan dalam gulai belacan ini adalah udang laut atau udang air tawar. Anda juga bisa menyantapnya dengan tambahan nasi putih hangat dengan kuah kental.

 

  1. Kue Asidah

Kue asidah adalah salah satu jenis jajanan khas Riau yang bisa Anda coba karena bentuknya unik dan rasanya juga enak. Kue ini terbuat dari cengkeh, daun pandan, kayu manis, dan tepung terigu.

Dulu, kue asidah hanya bisa dikonsumsi oleh raja yang hidup di Semenanjung Riau, hanya saja sekarang bisa dikonsumsi oleh banyak orang kalangan umum. Rasa yang ditawarkan adalah manis dan gurih karena ada rempah-rempah di dalamnya.

Anda bisa mengkonsumsi kue asidah dengan secangkir teh hangat seperti yang sering dilakukan oleh masyarakat Riau sehari-hari.

 

  1. Bolu Kemojo

Bolu kemojo juga bisa menjadi pilihan jajanan lain yang bisa Anda temukan di Riau dan sudah ada sejak 15 tahun lalu. Makanan ini merupakan salah satu warisan nenek moyang yang masih populer hingga saat ini.

Bentuknya seperti bunga kamboja dan tersedia dalam berbagai rasa mulai dari jagung, pandan, durian, dan masih banyak lagi. Kalau tidak sempat makan langsung di sana, tidak ada masalah untuk menjadikannya oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

 

  1. Dodol Kedondong

Apakah sebelumnya Anda pernah mengkonsumsi dodol kedondong? Jajanan satu ini juga tidak kalah terkenal dan terbuat dari buah kedondong dengan campuran kelapa, gula pasir, dan tepung ketan.

Warnanya coklat kehitaman sehingga menghasilkan aroma yang legit dan harum, benar-benar ciri khas dodol. Anda bisa menemukan dodol kedondong di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Riau.

 

  1. Talam Durian

Terakhir adalah talam durian yang memiliki penampilan cantik dengan lapisan dua warna yaitu kuning dan putih. Rasa yang muncul adalah manis legit dengan gurih sehingga sering diburu oleh wisatawan.

 

Sekarang Anda sudah tahu ada apa saja di Riau bukan? Semua makanan khas Riau di atas bisa menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.

 

Baca Juga :   Bandros Resep dan Cara Membuatnya 100% Mudah

Share :

Baca Juga

4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih

KULINER

4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih
5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat

KULINER

5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat
Kuliner Khas Bogor yang Lezat, Wajib Dicicipi!

KULINER

Kuliner Khas Bogor yang Lezat, Wajib Dicicipi!
12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah

KULINER

12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah
Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat

KESEHATAN

Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat
4 Kuliner Salatiga dengan Keanekaragaman Rasa

KULINER

4 Kuliner Salatiga dengan Keanekaragaman Rasa
Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat (Eduas.tv)

KULINER

7 Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat
Angsle Malang Terbaik dan Terenak Wajib Coba

KULINER

Angsle Malang Terbaik dan Terenak Wajib Coba