Home / WISATA

Senin, 13 Maret 2023 - 10:00 WIB

12 Wisata Menjelang Ramadhan dan Tipsnya, Wajib diKunjungi!!

- Penulis

12 Wisata Menjelang Ramadhan dan Tipsnya, Wajib diKunjungi!! / freepik

12 Wisata Menjelang Ramadhan dan Tipsnya, Wajib diKunjungi!! / freepik

Moccaapedia – Salah satu trend wisata yang sangat banyak dilakukan di Indonesia adalah berwisata menjelang bulan Ramadhan. Banyak yang melakukan wisata dengan mengunjungi berbagai tempat sebelum datangnya bulan suci ramadhan. Wisata Menjelang Ramadhan

Tempat yang dikunjungi pun sangat beragam, mulai dari wisata alam, taman wisata modern, wisata pantai dan laut, dan lain sebagainya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai objek wisata yang bisa anda kunjungi sebelum datangnya bulan suci Ramadhan.

 

Baca Juga :   Tempat Wisata di Kota Baru Parahyangan Menarik Dikunjungi

 

Wisata Menjelang Ramadhan

Beberapa wisata yang dapat dikunjungi menjelang Ramadhan di Indonesia antara lain:

 

  1. Menyambut Ramadhan dengan Berbuka Puasa Bersama

Banyak hotel atau restoran menyediakan program berbuka puasa bersama. Selain itu, ada juga yang menyediakan sajian hidangan khas Ramadhan yang dapat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

 

  1. Menjelajahi Masjid-Masjid Bersejarah

Indonesia memiliki banyak masjid bersejarah yang indah dan menarik untuk dikunjungi, seperti Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid Agung Demak di Jawa Tengah, Masjid Cheng Hoo di Surabaya, dan Masjid Raya Baiturrahman di Aceh.

 

  1. Berwisata Ke Taman-Taman Kota

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, dapat melakukan wisata ke taman kota atau kebun raya, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Taman Bunga Nusantara di Cipanas, Jawa Barat, dan Kebun Raya Bogor.

 

  1. Berbelanja di Pasar Ramadhan

Pasar Ramadhan biasanya buka menjelang waktu berbuka puasa dan menjual berbagai hidangan khas Ramadhan, seperti takjil, sate, kolak, nasi goreng, dan makanan ringan lainnya.

 

  1. Menyaksikan Acara Budaya

Beberapa daerah di Indonesia mengadakan acara budaya menjelang Ramadhan, seperti Zapin di Aceh, Selawat Nabi di Sumatera Barat, dan Kirab Budaya di Yogyakarta.

 

  1. Mesjid Untuk Berdoa dan Beribadah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dan dapat dimanfaatkan untuk berdoa dan beribadah. Banyak tempat ibadah yang menyediakan program kegiatan keagamaan menjelang Ramadhan, seperti pengajian, kajian kitab, dan lain-lain.

 

  1. Pantai

Indonesia memiliki banyak pantai yang indah dan menarik, seperti Pantai Kuta di Bali, Pantai Tanjung Lesung di Banten, Pantai Karimunjawa di Jawa Tengah, dan Pantai Tanjung Papuma di Jember, Jawa Timur.

 

  1. Wisata Kuliner

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, dapat mencicipi berbagai kuliner khas daerah di Indonesia, seperti sate Padang, rendang, gado-gado, nasi goreng, dan lain-lain.

 

  1. Taman Wisata

Ada banyak taman wisata di Indonesia yang menawarkan berbagai atraksi dan keindahan alam, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Taman Bunga Nusantara di Cipanas, Jawa Barat, dan Taman Safari Indonesia di Bogor, Jawa Barat.

 

  1. Tempat Sejarah

Indonesia kaya akan sejarah dan budaya, sehingga terdapat banyak tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Borobudur di Yogyakarta, Benteng Vredeburg di Yogyakarta, dan Kota Tua di Jakarta.

 

  1. Gunung

Indonesia memiliki banyak gunung yang menarik untuk didaki sebelum bulan Ramadhan, seperti Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Merbabu di Jawa Tengah, dan Gunung Bromo di Jawa Timur.

 

  1. Taman Nasional

Indonesia memiliki banyak taman nasional yang indah dan menarik, seperti Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz di Papua, dan Taman Nasional Ujung Kulon di Banten.

Pilihan wisata sebelum bulan Ramadhan sangatlah banyak dan tergantung pada minat dan kesukaan masing-masing wisatawan.

 

Baca Juga :   4 Rekomendasi Hotel Terdekat Murah dari Malioboro

 

Tips wisata sebelum ramadhan

Berikut adalah beberapa tips wisata sebelum bulan Ramadhan di Indonesia:

 

  1. Pilih lokasi wisata, jangan terlalu ramai banget

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, biasanya banyak orang yang akan melakukan perjalanan, sehingga tempat wisata yang populer akan menjadi sangat ramai. Coba pilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai, seperti tempat wisata alam atau objek wisata yang belum terkenal.

 

  1. Persiapkan segala keperluan dengan baik

Pastikan untuk mempersiapkan segala keperluan dengan baik, seperti pakaian yang sesuai, perlengkapan perjalanan, makanan dan minuman yang cukup, serta obat-obatan dan perlengkapan medis yang diperlukan.

 

  1. Cek jadwal dan waktu tempuh

Pastikan untuk mengecek jadwal dan waktu tempuh ke tempat wisata yang akan dikunjungi. Jangan lupa untuk memperhitungkan waktu istirahat dan jangan terlalu memaksakan diri.

 

  1. Perhatikan budaya dan adat setempat

Sebagai wisatawan, perlu memperhatikan budaya dan adat setempat agar tidak menimbulkan masalah atau ketidaknyamanan di tempat wisata yang dikunjungi.

 

  1. Jangan lupa untuk beribadah

Meskipun sedang dalam perjalanan wisata, jangan lupa untuk tetap melaksanakan ibadah seperti shalat dan puasa (jika sudah masuk bulan Ramadhan).

 

  1. Hindari makan dan minum di tempat umum saat bulan Ramadhan

Setelah masuk bulan Ramadhan, hindari makan dan minum di tempat umum di siang hari karena dapat mengganggu orang yang sedang berpuasa.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan perjalanan wisata sebelum bulan Ramadhan dapat berjalan lancar dan menyenangkan.

Demikianlah bahasan tentang 12 Wisata Menjelang Ramadhan yang bisa anda jadikan bahan pilihan wisata bersama keluarga sebelum masuknya bulan suci ramadhan.

 

Baca Juga :   7 Desa dengan Pemandangan Seperti Negeri Dongeng

Share :

Baca Juga

Tips Liburan ke Bali Agar lebih Menyenangkan

WISATA

Tips Liburan ke Bali Agar lebih Menyenangkan
11 Tempat Wisata di Filipina dengan Keindahan yang Menakjubkan

WISATA

11 Tempat Wisata di Filipina dengan Keindahan yang Menakjubkan
7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak

WISATA

7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak!
Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!

WISATA

Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!
Karimun Jawa Wisata Laut dan Hiu Paling Indah di Jawa !!

WISATA

Karimun Jawa Wisata Laut dan Hiu Paling Indah di Jawa !!
Sewa Elf Indramayu Naba Rent Car Murah Terpercaya

WISATA

Sewa Elf Indramayu Naba Rent Car Murah Terpercaya
Bangunan Masjid Paling Unik di Indonesia

WISATA

7 Bangunan Masjid Paling Unik di Indonesia, Cocok untuk Wisata Religi!
Hotel di Rawamangun

WISATA

Rekomendasi Hotel di Rawamangun Terbaik untuk Liburan