Home / WISATA

Rabu, 1 Februari 2023 - 10:13 WIB

5 Tips Wisata Pantai yang Aman Bersama Keluarga

- Penulis

5 Tips Wisata Pantai yang Aman Bersama Keluarga / Shutterstock

5 Tips Wisata Pantai yang Aman Bersama Keluarga / Shutterstock

Moccaapedia – Wisata keluarga pantai bersama keluarga merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan.

Dengan berwisata, keluarga tidak hanya bisa bersantai dan bersenang-senang untuk menghilangkan kepenatan, tetapi juga menambah keharmonisan di antara sesama anggota keluarga.

Tapi perlu diperhatikan bahwa terdapat banyak resiko dan bahaya yang mengintai ketika berwisata di pinggir pantai, terutama jika membawa anak-anak.

Salah satu bahaya tersebut adalah resiko tenggelam. Jika orang tua lalai, dikhawatirkan terjadi hal-hal buruk yang hanya menyisakan penyesalan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui tips-tips wisata keluarga yang aman di pinggir pantai. Dengan menerapkan tips-tipsnya, hal-hal buruk dan tidak diinginkan bisa dicegah. Apa sajakah tips-tipsnya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

 

Baca Juga :   7 Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat

 

Wisata Keluarga di Pinggir Pantai? Perhatikan 5 Tips Ini!

 

1. Gunakan Pelindung Tubuh Sebelum Berjemur

Ketika Anda dan keluarga berwisata ke pinggir pantai, sebaiknya gunakan kaos yang bisa menyerap keringat dengan baik. Salah satu contohnya adalah kaos berbahan katun. Selain menyerap keringat, kaos berbahan katun terasa nyaman saat dipakai.

Selain itu, sebaiknya Anda dan keluarga mengoleskan sunblock beberapa waktu sebelum ke pantai. Alasannya, agar kulit terhindar dari paparan langsung sinar ultraviolet.

Sebaiknya anak-anak juga memakai topi pelindung kepala dan rambut dari paparan langsung teriknya sinar matahari. Tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga memakai kacamata hitam untuk mengurangi silau. Wisata keluarga

Intinya, sebaiknya persiapkan semua alat pelindung tubuh untuk Anda gunakan ke seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak. Dengan begitu, aktivitas wisata keluarga terasa lebih nyaman.

 

2. Perhatikan Waktu Berjemur dan Berenang

Tentu kurang pas rasanya jika melakukan wisata pantai tapi tidak berjemur dan berenang. pastinya tidak menyenangkan. Namun, perhatikan waktu yang tepat untuk berjemur dan berenang.

Hal ini penting agar kesehatan Anda dan keluarga tidak terganggu akibat berjemur dan berenang di waktu yang salah.

Hindari berjemur pada pukul 10 siang hingga 2 siang. Sebab, pada waktu itu paparan sinar matahari masih sangat panas dan bisa membahayakan kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berjemur di pagi hari.

Jika ingin berjalan-jalan menikmati suasana di pinggir pantai, jangan lupa untuk memakai payung sebagai pelindung tubuh.

Demikian pula ketika ingin berenang, sebaiknya dilakukan menjelang sore hari saat panas matahari mulai meredup. Wisata keluarga

 

Baca Juga :   7 Daftar Makanan Jaman Dulu yang Rasanya Nikmat Bikin Nagih!

 

3. Cari Lokasi Pantai yang Tepat

Tips lain yang juga perlu diperhatikan saat Anda dan keluarga melakukan wisata pantai adalah memilih lokasi wisata pantai yang tepat. Dalam hal ini, sebaiknya Anda dan keluarga memilih lokasi pantai yang telah memiliki pengawas atau penjaga pantai.

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu kondisi air laut di pantai, gelombang pantai, arus, dan lain-lain sebelum mulai berwisata di lokasi tersebut.

Untuk itu, Anda bisa  bertanya langsung kepada penjaga pantai secara langsung. Lebih bagus lagi jika Anda menanyakan batas lokasi aman berenang di pantai tersebut.

 

4. Patuh Pada Peringatan

Sebelum berenang apalagi bersama anak-anak, perhatikan apakah ada papan atau tanda larangan berenang di pantai tersebut. Jika ada, pastikan Anda dan keluarga tidak mendekati batas yang memiliki tanda larangan tersebut.

Adanya tanda larangan menunjukkan tidak bolehnya berenang di lokasi tersebut. Bisa saja karena lokasi tersebut tidak aman dan rawan bahaya, atau merupakan area budidaya tanaman laut milik pemerintah atau masyarakat setempat.

 

5. Jangan Lengah Ketika Mengawasi Anak-Anak

Meskipun pantai tempat Anda dan keluarga berwisata sudah banyak penjaga pantainya, bukan berarti Anda boleh lalai dari mengawasi anak-anak. Bagaimanapun, bahaya setiap saat mengintai sedangkan kemampuan penjaga pantai terbatas.

Bila perlu, ketika anak-anak berenang, Anda juga ikut bersama mereka. Beritahu anak-anak agar tidak terlalu jauh dari Anda dan pastikan mereka berenang di area pantai yang aman.

Itulah beberapa tips aman dan nyaman wisata keluarga di pantai yang bisa Anda terapkan. Meskipun tujuan utama dari wisata pantai untuk bersenang-senang, tetap saja keselamatan harus diprioritaskan.

Jangan sampai momen untuk bersenang-senang justru menjadi malapetaka akibat kelalaian Anda. Wisata keluarga

 

Baca Juga :   5 Tips Liburan Keluarga Nyaman dan Sangat Menghemat Biaya

 

5 Tips Wisata Pantai yang Aman Bersama Keluarga

Share :

Baca Juga

11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga

WISATA

11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga
Hotel di Rawamangun

WISATA

Rekomendasi Hotel di Rawamangun Terbaik untuk Liburan
Wisata Lembang dengan Keindahan Memanjakan Mata

WISATA

Wisata Lembang dengan Keindahan Memanjakan Mata
7 Tips Memilih Travel Jakarta-Bandung Murah dan Nyaman

WISATA

7 Tips Memilih Travel Jakarta-Bandung Murah dan Nyaman
Yuk, Kunjungi Wisata Sawarna Srikandi Lengkap Dengan Penginapan!

WISATA

Yuk, Kunjungi Wisata Sawarna Srikandi Lengkap Dengan Penginapan!
Desa Wisata Bali Indah dan Kaya Akan Budaya

WISATA

Desa Wisata Bali Indah dan Kaya Akan Budaya
Bangunan Masjid Paling Unik di Indonesia

WISATA

7 Bangunan Masjid Paling Unik di Indonesia, Cocok untuk Wisata Religi!
10 Wisata di Australia dengan Pemandangan Cantik

WISATA

10 Wisata di Australia dengan Pemandangan Cantik