Home / WISATA

Jumat, 10 Maret 2023 - 10:00 WIB

4 Wisata Saat Ramadhan di Jogja Bersama Keluarga

- Penulis

4 Wisata Saat Ramadhan di Jogja Bersama Keluarga / Freepik

4 Wisata Saat Ramadhan di Jogja Bersama Keluarga / Freepik

Moccaapedia – Yogyakarta adalah kota dengan tradisi Islam yang kuat dan kaya akan budaya, sehingga terdapat banyak kegiatan wisata religi yang dapat dinikmati selama bulan Ramadan di sana. Wisata Ramadhan di Jogja

Tidak hanya itu, suasana ramadhan yang ditandai dengan banyaknya kegiatan keagaman akan anda saksikan di sini. Wisata Ramadhan di Jogja

Saat anda berada di Yogyakarta pada bulan Ramadhan, pastikan anda mengunjungi berbagai tempat wisata ramadhan yang dengan mudah ditemukan di kota ini.

 

Baca Juga :   Malang Dreamland Pesona Wisata Baru yang Seru

 

Wisata Ramadhan di Jogja

Berikut beberapa tempat wisata Ramadan yang dapat dikunjungi di Jogja:

 

  1. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman adalah salah satu masjid tertua dan terbesar di Yogyakarta. Masjid ini terletak di Jalan Kauman, yang merupakan kawasan pusat kegiatan keagamaan Islam di Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman didirikan pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan agama Islam di Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman memiliki arsitektur yang khas dengan kombinasi antara gaya arsitektur Jawa dan Islam. Masjid ini memiliki tiga pintu masuk yang dihiasi dengan ornamen-ornamen ukiran kayu yang indah.

Di dalam masjid terdapat mimbar yang dibuat dari kayu jati dan hiasan-hiasan seni ukir yang mengagumkan. Masjid Gedhe Kauman juga memiliki sejarah yang kaya dan menjadi tempat penting bagi kegiatan keagamaan Islam di Yogyakarta.

Selama bulan Ramadan, Masjid Gedhe Kauman menjadi pusat kegiatan keagamaan seperti pengajian, tadarus, dan sholat tarawih. Oleh karena itu, Masjid Gedhe Kauman menjadi salah satu tempat wisata Ramadan yang populer di Yogyakarta.

Merupakan salah satu masjid tertua di Yogyakarta yang menjadi pusat kegiatan keagamaan pada bulan Ramadan. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai acara keagamaan seperti pengajian, tadarus, dan sholat tarawih.

 

  1. Pasar Malam Ramadan

Pasar Malam Ramadhan Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan sebutan PMRY adalah salah satu acara tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Yogyakarta, terutama pada bulan Ramadan.

Acara ini diadakan di Jalan Malioboro, pusat kota Yogyakarta, selama satu bulan penuh mulai dari sore hingga larut malam.

Pasar Malam Ramadhan Yogyakarta menawarkan berbagai kuliner khas Ramadan yang lezat seperti sate, kupat tahu, ketupat, kolak, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengunjung juga dapat membeli berbagai macam oleh-oleh dan souvenir khas Yogyakarta, seperti batik, gantungan kunci, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Pasar Malam Ramadhan Yogyakarta juga menampilkan berbagai kegiatan hiburan, seperti pertunjukan musik, tari-tarian, pentas seni, dan kegiatan keagamaan seperti tadarus dan sholat tarawih berjamaah di tenda-tenda yang disediakan di lokasi acara.

Di tempat ini, pengunjung dapat merasakan nuansa Ramadan yang penuh dengan keceriaan dan kehangatan. PMRY juga menjadi salah satu tempat untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman pada malam hari setelah berbuka puasa.

Secara keseluruhan, Pasar Malam Ramadhan Yogyakarta merupakan salah satu acara yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin merasakan kehidupan malam Ramadan yang unik dan meriah di kota Yogyakarta.

 

Baca Juga :   Rekomendasi Penginapan di Bandara Soekarno Hatta

 

Pasar Malam Ramadan di Jogja terkenal dengan beragam kuliner khas Ramadan seperti ketupat, kolak, dodol, dan masih banyak lagi. Selain itu, pasar malam ini juga menyediakan berbagai keperluan ibadah seperti sajadah, baju Muslim, dan al-Quran.

 

  1. Masjid Agung

Masjid Agung Yogyakarta atau juga dikenal dengan nama Masjid Agung Baiturrahman Yogyakarta adalah salah satu masjid terbesar di Yogyakarta dan menjadi pusat kegiatan keagamaan Islam di kota ini.

Masjid ini terletak di Jalan Ahmad Yani, di sebelah barat Keraton Yogyakarta. Masjid Agung Yogyakarta didirikan pada tahun 1979 oleh Sultan Hamengkubuwono IX sebagai bentuk pengabdian kepada agama Islam dan masyarakat.

Arsitektur Masjid Agung Yogyakarta terinspirasi dari gaya arsitektur Timur Tengah dengan desain kubah yang khas dan menarik.

Masjid Agung Yogyakarta memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, di antaranya tempat wudhu yang luas, tempat parkir yang memadai, dan area serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan dan sosial.

Selama bulan Ramadan, Masjid Agung Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh umat Muslim.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai kegiatan keagamaan seperti pengajian, tadarus, sholat tarawih, dan berbagai kegiatan lainnya. Masjid Agung Yogyakarta juga menjadi tempat yang populer untuk berbuka puasa bersama di bulan Ramadan.

Banyak jamaah yang datang dari berbagai daerah untuk berbuka puasa dan menikmati hidangan khas Ramadan di Masjid Agung Yogyakarta.

Secara keseluruhan, Masjid Agung Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata Ramadan yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin merasakan nuansa keagamaan dan budaya Islam di Yogyakarta.

Masjid Agung Jogja selalu menjadi salah satu tujuan utama selama Ramadan. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pengajian, sholat tarawih, dan tadarus.

 

  1. Wisata Religi

Selain kegiatan keagamaan di masjid, Jogja juga memiliki tempat wisata religi seperti makam-makam keramat, dan desa-desa Muslim yang menjadi tujuan wisata di bulan Ramadan.

Salah satunya adalah Desa Wisata Ngino, yang terkenal dengan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan. Itulah 4 Wisata Ramadhan di Jogja, Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di Jogja selama bulan Ramadan.

 

Baca Juga :   Rekomendasi 5 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Bandung, Apa Saja?

Share :

Baca Juga

5 Tempat Wisata Lombok, Destinasi Sejuta Umat

WISATA

5 Tempat Wisata Lombok, Destinasi Sejuta Umat
5 Tips Liburan Keluar Negeri Khusus untuk Pemula

WISATA

5 Tips Liburan Keluar Negeri Khusus untuk Pemula
5 Tempat Wisata di Batam Incaran Wisatawan

WISATA

5 Tempat Wisata di Batam Incaran Wisatawan
3 Rekomendasi Wisata Bukit di Indonesia

WISATA

3 Rekomendasi Wisata Bukit di Indonesia
tempat wisata religi di malang

WISATA

5 Tempat Wisata Religi di Malang, Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan
Tips Liburan ke Bali Agar lebih Menyenangkan

WISATA

Tips Liburan ke Bali Agar lebih Menyenangkan
4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik

WISATA

4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Apa Saja?

WISATA

5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Apa Saja?