Home / WISATA

Jumat, 25 November 2022 - 10:11 WIB

6 Wisata Terdekat dari Stasiun DI Yogyakarta Murah dan Simple

- Penulis

6 Wisata Terdekat dari Stasiun Yogyakarta: Murah dan Simple (Sumber : KAI)

6 Wisata Terdekat dari Stasiun Yogyakarta: Murah dan Simple (Sumber : KAI)

Wisata Terdekat DI Yogyakarta

Moccaapedia – Stasiun Yogyakarta merupakan salah satu pusat fasilitas transportasi tersibuk di kota gudeg. Tidak perlu berpergian jauh, terdapat sangat banyak wisata terdekat dari Stasiun Yogyakarta yang sangat layak untuk dikunjungi.

Wisata terdekat dari area stasiun tersebut dapat menghemat anggaran transportasi. Salah satu rekomendasi dalam daftar berikut juga memiliki sangat banyak fasilitas penginapan murah.

Rekomendasi ini bisa membuat kunjungan Anda ke Yogyakarta menjadi lebih berkesan tanpa mengeluarkan biaya ekstra besar. Meski begitu, lokasi-lokasi berikut merupakan tempat kunjungan utama wisatawan di Yogyakarta.

Baca Juga :   7 Inspirasi Baju Hari Raya Laki-Laki, Makin Ganteng

Rekomendasi Wisata Terdekat dari Stasiun Yogyakarta

6 Wisata Terdekat dari Stasiun Yogyakarta: Murah dan Simple

Terdapat cukup banyak objek wisata menarik yang berada di sekitar Stasiun Yogyakarta. Namun artikel ini mengumpulkan kawasan wisata terdekat dari Stasiun Yogyakarta dengan jarak tempuh kurang dari 60 menit perjalanan.

Liburan ke luar kota tentu akan lebih menyenangkan apabila tidak terlalu berlama-lama dengan durasi perjalanan. Maka dari itu, berikut rekomendasi tempat wisata yang cukup mudah dan dekat dijangkau dari Stasiun Yogyakarta.

 

Tugu Jogja

Sumber: Visiting Jogja

Tugu Jogja merupakan wisata terdekat dari Stasiun Yogyakarta. Objek bangunan ini merupakan konstruksi yang berada di batas utara kota Yogyakarta. Konstruksi tersebut memiliki cerita menarik meski bentuk dan ukurannya yang sederhana.

Meski hanya berbentuk tugu sederhana, konstruksi tersebut hampir menjadi dokumentasi wajib wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Jaraknya dari Stasiun Yogyakarta hanya sekitar 15 menit perjalanan kaki.

Bahkan Stasiun Yogyakarta juga dikenal dengan Stasiun Tugu secara tidak resmi oleh masyarakat sekitar. Hal tersebut disebabkan oleh jaraknya yang sangat dekat dengan konstruksi khas Kota Yogyakarta tersebut.

Tugu Jogja memiliki nama awal Tugu Golong Gilig yang pertama kali dibangun pada 1755 oleh Sir Sultan Hamengku Buwono I. Tugu tersebut menjadi simbol magis Kota Yogyakarta dengan keistimewaannya hingga saat ini.

 

Alun-alun Kidul

Sumber: Visiting Jogja

Wisata terdekat dari Stasiun Yogyakarta lainnya adalah Alun-alun Kidul yang berjarak sekitar 4 kilometer. Masyarakat setempat juga menyebut lokasi ini sebagai Alkid atau Alkit yang merupakan akronim dari nama resminya.

Alun-alun Kidul Yogyakarta dapat ditempuh dalam waktu 10-15 menit dengan kendaraan bermotor. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum atau layanan taksi online di sekitar Stasiun Yogyakarta untuk mencapai lokasi tersebut.

Seperti alun-alun kota pada umumnya, lokasi ini juga menjadi salah satu pusat kegiatan perdagangan dan rekreasi masyarakat. Beberapa acara daerah sesuai dengan jadwal rutinnya dilaksanakan di lokasi ini.

Tidak hanya itu, terdapat cukup banyak layanan penginapan yang berada di sekitar Alun-alun Kidul. Area sekitar jadi tempat yang cukup strategis untuk bermalam di Kota Yogyakarta. Tersedia berbagai penginapan tradisional dan modern sesuai kebutuhan wisatawan.

 

Jalan Malioboro

Sumber: JOGJAKOTA.GO.ID

Mencari wisata terdekat dari Stasiun Yogyakarta tentu akan selalu berhubungan dengan Jalan Malioboro. Kawasan ini merupakan wilayah yang sudah sangat populer dalam hal wisata di Kota Yogyakarta.

Jalan Malioboro yang terkenal berada di antara Stasiun Yogyakarta dan Alun-alun Kidul. Bahkan ketiga lokasi tersebut terhubung dalam satu jalur langsung. Jarak Jalan Malioboro hanya sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Yogyakarta.

Di ujung jalan tersebut, terhubung langsung area Keraton Yogyakarta dan Alun-alun Kidul. Area tersebut merupakan salah satu wilayah paling ramai di Kota Yogyakarta. Terdapat berbagai jajanan dan oleh-oleh yang dapat ditemukan wisatawan di kawasan tersebut.

Salah satu daya tarik Jalan Malioboro adalah berjajarnya puluhan angkringan dengan menu makanan khas Yogyakarta. Nasi kucing dan gudeg menjadi dua menu yang paling mudah ditemukan di area tersebut.

Baca Juga :   Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur yang Lagi Hits

Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman berada dalam satu kawasan Stasiun Yogyakarta, Jalan Malioboro, dan Keraton Yogyakarta. Lokasi Masjid Gedhe Kauman berada di sekitar Alun-alun Kidul Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman menjadi wisata terdekat dari Stasiun Yogyakarta dengan daya tarik religi yang sangat kuat. Tempat ibadah tersebut menjadi salah satu pusat religi tersibuk di kawasan DI Yogyakarta sepanjang tahun.

 

Taman Lampion Sleman (Taman Pelangi)

Sumber: Visiting Jogja

Berbalik ke sisi utara, terdapat wisata terdekat dari Stasiun Yogyakarta lainnya. Kawasan ini dikenal sebagai Taman Lampion Sleman atau Taman Pelangi. Lokasinya hanya sekitar 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Sesuai dengan namanya, Taman Lampion menampilkan pertunjukan dan berbagai koleksi lampion di area tersebut. Koleksi tersebut menjadikan Taman Lampion sebagai salah satu area berburu fotografi yang sangat diminati di Yogyakarta.

Namun perlu dicatat bahwa kawasan ini beroperasi mulai sore hari hingga malam. Tentu saja hal tersebut menjadi hal wajar untuk mendapatkan penampilan dan efek cahaya lampion yang indah bagi pengunjung.

 

Kebun Binatang Gembira Loka

Sumber: Visiting Jogja

Yogyakarta juga memiliki salah satu Kebun Binatang terbaik di Pulau Jawa yang juga sangat dekat dengan Stasiun Yogyakarta. Wisatawan keluarga dapat menjadikan Kebun Binatang Gembira Loka sebagai destinasi yang cukup menarik.

Lokasinya berada sekitar 25 menit berkendara ke arah timur Stasiun Yogyakarta. Di kawasan Gembira Loka, terdapat banyak koleksi binatang yang menarik untuk keluarga.

Kawasan ini menetapkan tiket masuk Rp60.000,- per kepala. Tidak hanya kebun binatang, Gembira Loka merupakan objek wisata keluarga yang lengkap dengan berbagai arena permainan. Uniknya, tiket pengunjung sudah termasuk wahana di dalam kawasan.

 

Demikian ulasan tentang wisata terdekat dari Stasiun Yogyakarta. Rekomendasi di atas dapat menjadi pilihan wisata yang mudah dan efisien. Pengunjung juga dapat menghemat anggaran transportasi dan tiket kunjungan di kawasan-kawasan tersebut.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok

Share :

Baca Juga

11 Tempat Wisata di Filipina dengan Keindahan yang Menakjubkan

WISATA

11 Tempat Wisata di Filipina dengan Keindahan yang Menakjubkan
Malang Dreamland Pesona Wisata Baru yang Seru

WISATA

Dreamland Malang, Wahana Terbaik dan Paling Seru
11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga

WISATA

11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga
5 Rekomendasi Hotel Terdekat Masjidil Haram Terbaik

WISATA

5 Rekomendasi Hotel Terdekat Masjidil Haram Terbaik
Tempat Wisata Baru di Turi Sleman, Dekat dengan Jogja

WISATA

Tempat Wisata Baru di Turi Sleman, Dekat dari Jogja
9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi

WISATA

9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi
Tempat wisata kebun teh merupakan salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi dan memiliki banyak peminatnya dari seluruh Indonesia

WISATA

Destinasi Tempat Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia
Hotel Oyo Terdekat

WISATA

Liburan Nyaman! Ini 5 Rekomendasi Hotel OYO Terdekat di Bali