Home / WISATA

Kamis, 16 Maret 2023 - 10:00 WIB

6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk!

- Penulis

6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk! / Unsplash

6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk! / Unsplash

Moccaapedia – Lebaran idul fitri merupakan sebuah hari dan momen yang sangat istimewa bagi umat islam, Tempat Wisata Saat Lebaran

Hari besar umat islam tersebut menjadi penanda bahwa umat islam telah selesai melakukan puasa selama sebulan penuh yang dipadati dengan berbagai agenda ibadah harian.  

Lebaran merupakan saatnya untuk berwisata bagi kebanyakan orang, Pada saat lebaran biasanya destinasi wisata yang populer adalah tempat-tempat di wilayah kota maupun di desa yang memiliki nuansa alam, religious, dan juga tradisional.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Hotel Terdekat Masjidil Haram Terbaik

 

Tempat Wisata Saat Lebaran

Berikut adalah tempat wisata saat lebaran  yang bisa anda kunjungi sesuai dengan daerah dan kota tempat objek wisatanya berada, yaitu:

 

  1. Kota Jakarta

Jakarta memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan bisa kamu kunjungi, di antaranya:

 

1) Monumen Nasional (Monas)

Monas adalah landmark yang terkenal di Jakarta, dan merupakan tempat wisata yang populer. Kamu bisa naik lift ke puncak monumen dan menikmati pemandangan kota Jakarta dari atas.

2) Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII adalah taman wisata yang menampilkan miniatur dari berbagai bangunan dan budaya dari seluruh Indonesia. Kamu bisa menjelajahi area tersebut menggunakan sepeda atau kereta mini.

3) Ragunan Zoo

Ragunan Zoo adalah salah satu kebun binatang terbesar di Asia, dengan berbagai spesies binatang dari seluruh dunia. Kamu juga bisa mengikuti tur dan acara spesial yang diselenggarakan di sana.

4) Ancol Dreamland

Ancol Dreamland adalah sebuah taman hiburan dan pantai di Jakarta Utara. Di sana kamu bisa menikmati berbagai atraksi seperti wahana permainan, pantai, kolam renang, dan berbagai jenis makanan.

5) Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta merupakan pusat sejarah Jakarta, dengan berbagai bangunan bersejarah seperti Museum Fatahillah, Gedung Arsip Nasional, dan Gereja Sion. Kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati suasana klasik yang unik.

6) Dufan

Dufan (Dunia Fantasi) adalah taman hiburan terbesar di Indonesia, dengan berbagai atraksi yang menarik seperti roller coaster, rumah hantu, dan wahana air.

7) Museum Nasional

Museum Nasional adalah salah satu museum terbesar dan terlengkap di Indonesia, dengan koleksi benda-benda bersejarah dan arkeologi dari seluruh Nusantara.

8) Pacific Place

Pacific Place adalah pusat perbelanjaan dan hiburan yang terletak di kawasan Sudirman. Di sana kamu bisa berbelanja, menonton film di bioskop, atau menikmati berbagai kuliner yang lezat.

Pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan memperhatikan jadwal operasional setiap tempat wisata sebelum berkunjung.

 

Baca Juga :   Rekomendasi 5 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Bandung, Apa Saja?

 

  1. Kota Yogyakarta

Yogyakarta memiliki berbagai tempat wisata yang menarik seperti Keraton Yogyakarta, Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Malioboro. Tempat Wisata Saat Lebaran

Selain itu, selama lebaran, kamu juga dapat menikmati berbagai tradisi dan kegiatan religius seperti Grebeg Syawal, yaitu prosesi mengambil tumpeng dan sesajen di Keraton Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan bisa kamu kunjungi, di antaranya:

 

1) Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Kamu bisa menikmati pemandangan indah dari atas candi dan menjelajahi relief-relief yang indah di dalamnya.

2) Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu paling besar di Indonesia dan juga menjadi sebuah warisan dunia UNESCO. Kamu bisa menikmati arsitektur dan relief-relief yang indah di dalamnya.

3) Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Sultan Yogyakarta dan memiliki arsitektur dan desain yang khas. Kamu bisa mengunjungi museum di dalam keraton yang menampilkan koleksi bersejarah dari kerajaan Yogyakarta.

4) Malioboro

Malioboro iki jalan besar uatam di pusat kota Yogyakarta yang sangat populer dengan center perbelanjaan dan kuliner yang enak. Kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta dan mencoba berbagai kuliner lezat di sekitar area tersebut.

5) Taman Sari

Taman Sari adalah bekas taman kerajaan yang terletak di tengah kota Yogyakarta. Kamu bisa menjelajahi taman yang indah dan bekas kolam renang yang unik di dalamnya.

6) Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung berapi yang aktif dan menjadi salah satu destinasi pendakian yang populer. Kamu bisa mendaki dan menikmati pemandangan yang indah dari atas gunung.

7) Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah gua yang terkenal dengan pemandangan alam yang indah dan unik. Kamu bisa menjelajahi gua dan menikmati pemandangan stalaktit dan stalagmit yang indah di dalamnya.

8) Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang terkenal di Yogyakarta dengan pasir hitam dan ombak yang besar. Kamu bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di sana.

 

  1. Kota Malang

Malang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer pada saat lebaran. Selain memiliki wisata alam yang indah seperti Gunung Bromo dan Coban Rondo, Malang juga memiliki tradisi masyarakat Jawa yang masih terjaga seperti takbir keliling pada malam hari dan prosesi buka bersama di masjid-masjid.

 

  1. Kota Solo

Solo juga memiliki destinasi wisata religius dan tradisional yang menarik seperti Keraton Kasunanan, Candi Sukuh, dan pasar Klewer. Selama lebaran, kamu juga dapat menikmati berbagai tradisi dan kegiatan religius seperti Grebeg Syawal dan prosesi takbir keliling.

 

  1. Kota Aceh

Aceh menjadi destinasi wisata yang populer pada saat lebaran karena memiliki nuansa religius yang kental. Kamu dapat mengunjungi Masjid Baiturrahman yang megah dan menakjubkan, serta menikmati berbagai tradisi masyarakat Aceh seperti berbuka puasa bersama dan prosesi takbir keliling.

 

  1. Pulau Bali

Bali memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik seperti pantai-pantai yang indah dan Pura Besakih. Selain itu, selama lebaran, kamu juga dapat menikmati berbagai kegiatan religius dan tradisional seperti prosesi ogoh-ogoh dan pawai budaya.

Namun, di tengah pandemi ini, pastikan kamu mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga kesehatan dan keselamatanmu serta orang-orang di sekitarmu. Tempat Wisata Saat Lebaran

 

Baca Juga :   4 Tempat Wisata di Thailand yang Bikin Turis Betah

Share :

Baca Juga

5 Tempat Wisata di Swiss dengan Pemandangan Indah

WISATA

5 Tempat Wisata di Swiss dengan Pemandangan Indah
Wisata Lembang dengan Keindahan Memanjakan Mata

WISATA

Wisata Lembang dengan Keindahan Memanjakan Mata
7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak

WISATA

7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak!
5 Wisata Pulau Jeju yang Memanjakan Mata

WISATA

5 Wisata Pulau Jeju yang Memanjakan Mata
5 Tips Liburan Keluarga Nyaman dan Menyenangkan: Sangat Menghemat Biaya

WISATA

5 Tips Liburan Keluarga Nyaman dan Sangat Menghemat Biaya
Rekomendasi Tempat Wisata Situbondo yang Hits untuk Dikunjungi

WISATA

Rekomendasi Tempat Wisata Situbondo yang Hits untuk Dikunjungi
8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tokyo Indahnya Bukan Main

WISATA

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tokyo Indahnya Bukan Main
4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik

WISATA

4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik