Home / KULINER

Rabu, 9 Agustus 2023 - 01:05 WIB

12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah

- Penulis

12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah

12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah

Moccaapedia – Makanan khas Jember adalah salah satu kuliner yang harus Anda coba apabila sedang berlibur ke Jember karena kuliernya sangat lezat. Bahkan Anda bisa menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jangan hanya berlibur ke wisata alam Jember saja, tetapi mencicipi kulinernya yang sangat menggoyang lidah. Tentu saja harganya juga ramah di kantong, jadi Anda bisa membeli banyak makanan yang Anda inginkan.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok

 

Makanan Khas Jember

12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah
12 Rekomendasi Makanan Khas Jember yang Menggoyang Lidah

 

Buat Anda yang baru pertama kali ke Jember sangat disayangkan kalau tidak mencicipi makanan-makanan di bawah ini. Kuliner berikut bisa menjadi pilihan apabila Anda sedang kelelahan setelah berkeliling banyak tempat wisata.

 

  1. Suwar Suwir

Makanan khas Jember suwar suwir adalah kuliner khas Jember Jawa Timur yang memiliki rasa manis. Suwar suwir terbuat dari tape dan sudah melalui proses tertentu hingga membentuk tekstur yang lumayan keras.

Adapun jenis tape untuk pembuatan suwar suwir adalah tape singkong yang sudah tercampur dengan gula sehingga rasanya manis. Buat yang baru pertama kali membeli suwar suwir sepertinya akan mengira bahwa makanan ini sama dengan dodol.

Padahal dari rasanya saja sudah berbeda karena menyediakan banyak varian seperti coklat, strawberry, dan kacang. Tentu saja awal pembuatannya hanya tersedia satu rasa saja yaitu rasa sirsak.

Walaupun tidak populer seperti makanan lain, akan tetapi Anda bisa mencobanya kalau penasaran dengan rasanya. Sekali mencicipi makanan khas Jember ini Anda akan merasa ketagihan sehingga membawanya untuk menjadi oleh-oleh.

 

  1. Pia Tape

Rekomendasi makanan khas Jember Jawa Timur berikutnya adalah pia tape yang juga menggunakan tape sebagai bahan dasar. Pia tape adalah kuliner yang tersedia dalam banyak varian mulai dari coklat, pisang, blueberry, strawberry, dan sebagainya.

Warna pia tape kuning kecoklatan sehingga terlihat sangat menggoda. Selain itu, pia tape memiliki tekstur kulit yang agak keras akan tetapi bagian dalamnya tampak lembut. Selain bisa untuk makanan selama perjalanan, Anda bisa membawa pia tape sebagai buah tangan.

 

  1. Pecel Gudeg

Kuliner lain yang bisa Anda coba adalah pecel gudeg yang sebenarnya termasuk makanan berbeda di kota lain. Kalau di kota lain orang-orang mengenalnya dengan nasi pecel dan gudeg. Namun, keunikan warga Jember mengkolaborasikannya menjadi satu jenis makanan.

Lalu apa yang terdapat di dalam pecel gudeg? Ada rempeyek, cecek, daging, dan tentu saja sambal pecel khas masyarakat Jember. Satu porsi pecel gudeg akan membuat Anda merasa kekenyangan dan bisa memilih sendiri lauk yang Anda inginkan.

Namun, ada biaya tambahan kalau Anda ingin menambah lauk pauk. Semakin banyak lauk yang Anda pilih semakin besar pula biaya yang Anda keluarkan. Namun, walaupun harganya tinggi tetapi tetap terjangkau. Kalau Anda tertarik bisa membeli di mana saja karena tersedia di banyak warung makan Jember.

 

  1. Prol Tape

Makanan khas Jember adalah prol tape yang juga sangat unik dan rasanya manis. Prol tape merupakan hasil inovasi masyarakat Jember yang terbuat dari bahan tape singkong. Bahan lainnya adalah margarin, telur, susu, dan tepung terigu.

Ketika Anda membeli prol tape ada perpaduan rasa asam kecut, gurih, dan manis. Tentu saja Anda bisa memilih beberapa varian rasa yang sesuai dengan keinginan seperti original, coklat, keju, dan kismis.

 

  1. Jenang Waluh

Jenang waluh merupakan kuliner yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Bahan pembuatan jenang waluh adalah labu kuning atau dalam Bahasa Jawa adalah waluh. Selain labu kuning, bahan pembuatan jenang waluh lainnya adalah campuran kelapa tua dengan olahan ketan.

Lalu bagaimana dengan rasanya? Rasanya tentu saja sangat lezat dan Anda patut mencobanya saat berkunjung ke Jember. Porsinya cukup besar sehingga bisa disantap bersama dengan keluarga besar.

 

Baca Juga :   3 Resep Olahan Cumi dengan Segudang Rasa

 

  1. Tahu Hwa

Selain jenang waluh ada juga tahu hwa yang memiliki nama unik karena terbuat dari ampas tahu. Kemudian pedagang tahu hwa menyajikan ampas tahu dengan kua jahe sehingga bentuknya cair.

Bagaimana dengan rasa tahu hwa? Rasanya sedikit pahit namun karena ada campuran kuah jahe di dalamnya, bisa menimbulkan rasa manis. Kalau Anda datang ke Jember tentu bisa langsung mencicipi tahu hwa yang lezat ini.

 

  1. Nasi Langgi Khas Jember

Nasi langgi khas Jember merupakan rekomendasi makanan lain selain gudeg pecel. Nasi langgi adalah pilihan lain saat perut keroncongan karena satu porsi sangat mengenyangkan. Kuliner ini berisi petis, sambal goreng, abon sapi, kentang, mentimun, telur asin, dan sebagainya.

Kalau Anda ingin membeli nasi langgi bisa membelinya bisa mencari di warung pinggir jalan karena banyak yang menjualnya di pinggir jalan. Namun salah satu warung makan yang menjual nasi langgi yaitu Depot Jawa Timur yang lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto Jember, Anda bisa datang ke warung tersebut mulai pukul 8 sampai 9 pagi.

 

  1. Lontong Kupang

Makanan khas Jember lainnya yang bisa Anda cicipi adalah Lontong Kupang yang terbuat dari kerang kecil dengan tambahan kuah khas. Namanya lontong kupang sehingga lebih cocok disantap bersamaan dengan lontong.

Kupang adalah kerang kecil yang berbentuk seperti biji kedelai dan biasa berada di daerah pinggiran pantai. Adapun tambahan lainnya yang membuat kupang lontong semakin nikmat adalah garam, bawang putih, cabai, bumbu petis, dan bumbu rujak.

 

  1. Wedang Cor

Ada lagi wedang cor yang merupakan minuman hangat berupa tape ketan, jahe, dan campuran susu. Selain rasa hangat, wedang cor juga ada rasa manis dan asam karena terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.

Anda bisa menikmati wedang cor saat sore hari menatap matahari terbenam sambil memakan pisang goreng dan jajanan tradisional Jember lain.

 

  1. Pecel Pincuk Garahan

Ada lagi nasi pecel pincuk daerah Garahan yang sangat khas dari rasa maupun teksturnya. Garahan sendiri merupakan daerah menuju Jember yang biasa menjadi tempat istirahat pemudik yang pulang kampung.

Banyak orang yang mampir untuk makan pecel pincuk karena makanannya sangat khas sekali. Menggunakan daun pisang sebagai wadah dan rasa pedas dari saus kacangnya juga bisa membuat Anda ingin merasakannya terus.

Bagian khasnya ada pada bumbu kacang sambal yang tidak terlalu halus seperti bumbu pecel lainnya. Walaupun begitu, kacang tersebut mampu menghasilkan rasa gurih, apalagi dengan tambahan sayur gundo dan tauge.

 

  1. Es Krim Domino

Ingin mencari minuman khas Jember yang sangat khas? Anda bisa mencicipi es domino. Kedai es krim domino Jember merupakan kedai legendaris karena sudah buka selama kurang lebih 50 tahun. Ada 40 macam es krim domino dengan rasa yang berbeda-beda.

 

  1. Martabak Malabar

Berikutnya adalah martabak malabar yang sangat unik karena menggunaka bumbu rempah dan daging kambing sebagai bahan dasar martabak ini. Selain itu, martabak malabar memiliki kulit tipis dan dagingnya juga tidak terasa apek.

 

Semua rekomendasi makanan khas Jember di atas bisa Anda coba kalau sedang jalan-jalan ke Jember. Tidak ada salahnya untuk membawa beberapa makanan yang bisa menjadi oleh-oleh di rumah.

 

Baca Juga :   8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda Enak, Sehat, dan Murah

Share :

Baca Juga

Daftar Mie Goreng Instan Terbaik

KULINER

Terbukti Enak, Berikut Ini Daftar Mie Goreng Instan Terbaik
5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan

KULINER

5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan
Snack Huruf A Aneka Camilan Memanjakan Lidah

KULINER

Snack Huruf A: Aneka Camilan Memanjakan Lidah
5 Olahan Camilan Kopi Rasa Lezat Menggoyang Lidah

KULINER

5 Olahan Camilan Kopi Rasa Lezat Menggoyang Lidah
Hanya Butuh 5 Langkah, Berikut Cara Bikin Thumbprint Coocies

KULINER

Hanya Butuh 5 Langkah, Berikut Cara Bikin Thumbprint Coocies
5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari

KULINER

5 Makanan Vegetarian Simpel Untuk Sehari-Hari
4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus

KULINER

4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama