Home / FINANCE

Selasa, 29 Agustus 2023 - 14:00 WIB

Sistem Penjualan Langsung Adalah, dan Keuntungannya

- Penulis

Sistem Penjualan Langsung Adalah, dan Keuntungannya

Sistem Penjualan Langsung Adalah, dan Keuntungannya

Moccaapedia – Berbagai istilah dalam bisnis tentu harus Anda ketahui sebagai seorang pengusaha. Contohnya adalah istilah direct selling atau sistem penjualan langsung adalah kegiatan pemasaran produk atau jasa dengan cara langsung pada pelanggan.

Nah, maksudnya kata langsung sendiri adalah melakukan promosi dengan tatap muka dengan pelanggan. Bukan sekedar itu saja, direct selling juga punya berbagai jenis, kelebihan. Sampai bagaimana cara pengusaha menggunakan metode ini dalam memasarkan produk mereka.

Namun meskipun sistem penjualan satu ini sudah lama ada dan memiliki banyak manfaat bagi para pelakunya. Namun sayang sekali masih banyak yang belum tahu apa itu sistem penjualan. Untuk itulah di sini Moccaapedia akan mencoba merangkumnya untuk Anda.

Sehingga Anda bisa tahu apa itu sistem penjualan langsung, jenis-jenis sistem penjualan hingga manfaatnya bagi perusahaan Anda.

 

Baca Juga :   Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

 

Sistem Penjualan Langsung Adalah

<yoastmark class=

Sistem penjualan langsung sendiri merupakan sebuah sistem atau cara pemasaran sebuah produk, dengan penjual dan pembeli yang bertemu secara langsung. Untuk melakukan sebuah traksaksi penjualan dan juga pembelian.

Perbedaannya sistem penjualan ini dengan sistem penjualan tidak langsung tentu karena penjualan tidak langsung merupakan traksaksi jual beli yang dilakukan tanpa bertatap muka. Atau biasa juga Anda kenal dengan metode jual beli secara online.

Karakteristik penjualan ini sendiri akan melalui proses penjualan yang berlangsung dari rumah ke rumah atau terkenal juga dengan istilah door to door. Karena proses penjualan ini tidak hanya berlangsung melalui outlet, kios maupun toko eceran.

Dengan menggunakan metode penjualan secara langsung ini, maka akan memberikan keunggulan dan manfaat tersendiri bagi perusahaan. Karena dapat menghemat berbagai biaya tetap sehingga juga dapat mengurangi resiko perusahaan.

Di Indonesia, sudah hadir Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Asosiasi ini adalah suatu organisasi yang menjadi tempat atau wadah bersatunya para perusahaan yang menggunakan metode penjualan langsung.

Termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan sistem berjenjang atau biasa terkenal dengan istilah Multi Level Marketing atau MLM. Bisnis ini juga terkenal dengan istilah bisnis komunitas.

Asosiasi ini sendiri bernama Asosiasi Penjualan Langsungg Indonesia atau terkenal juga dengan nama APLI.

 

Beberapa Jenis Sistem Penjualan Langsung Wajib Anda Tahu

<yoastmark class=

Walau terkenal simpel. Sistem penjualan langsung adalah sebuah usaha mempunyai beberapa jenisnya. Itu wajib Anda ketahui agar kedepannya Anda pun dapat memilih jenis penjualan langsung yang mana untuk pemasaran produk Anda.

Dan berikut ini Moccaapedia juga sudah merangkum beberapa jenis sistem penjualan langsung beserta dengan cara kerjanya yang bisa Anda pelajari:

 

Baca Juga :   Inilah Dampak BBM Naik, Harga Barang Melonjak Tinggi!

 

1. Pilihan Single Level Direct Sales

Pada umumnya perusahaan non retail atau perusahaan kecil yang menggunakan kategori pemasaran pertama ini. Biasanya setiap perusahaan akan melakukan promosi dengan cara door to door atau secara langsung menjemput customer di jalanan maupun di tempat publik dan ruang terbuka yang penuh banyak orang.

Seperti, ke beberapa perusahaan lain, toko, hingga perseorangan yang membutuhkan produk mereka. Tenang saja, single level direct sales masih terbilang sederhana. Lantaran, Anda tinggal menyiapkan produk atau jasa akan kalian jual. Serta, target customer akan Anda datangi.

 

2. Sistem Penjualan Langsung Jenis Party-plan Sales

Kemudian, ada tingkat direct selling lebih tinggi lagi. Yakni host atau party-plan sales. Umumnya, metode marketing seperti ini bukan seperti single level sales. Lantaran, pelakunya akan menjaring target customer sekaligus.

Anda dapat melakukan sebuah event atau sosialisasi berkaitan dengan produk kalian. Anda juga bisa mengadakan strategi party-plan sales lebih besar lagi dengan mengajak kerjasama dengan pengusaha lain. Agar bersama mengenalkan usaha masing-masing dalam satu acara yang sama.

Menurut banyak pebisnis juga menyadari jika strategi sistem penjualan seperti ini jauh lebih efektif. Terutama untuk mendapatkan customer lebih banyak lagi. Dan tentu agar banyak orang semakin mengenal produk dan perusahaan yang Anda pasarkan.

 

Beberapa Keuntungan Dari Direct Selling

<yoastmark class=

Setelah mengetahui, kalau sistem penjualan langsung adalah sebuah strategi marketing punya dua jenis bisa Anda lakukan. Kemudian, apakah kalian tahu soal keuntungan menggunakan direct selling dalam mempromosikan item atau jasa Anda jual.

Jelas, karena ada banyak sekali pengusaha dan aktivitas penjualan langsung sudah berlangsung sejak lama. Maka, kita dapat menemukan beberapa keuntungan apabila memanfaatkan direct selling, seperti berikut ini:

  • Perusahaan lebih fokus menargetkan konsumen akan berpeluang besar membeli sampai berlangganan produknya.
  • Pengusaha dapat terus meningkatkan kemampuan sales karena mendapatkan banyak masukan dari customer hingga relasi antar pengusaha lain.
  • Lebih dekat dengan pelanggan dan mengetahui apa mereka butuhkan dari produk Anda tawarkan.
  • Adanya direct selling membuat perusahaan tidak lagi butuh perantara.
  • Strategi marketing jadi lebih praktis.

 

Keuntungan tersebut memang bisa Anda dapatkan apabila dalam pelaksanaan strategi penjualan dengan benar. Karena jika menjalankanya dengan benar, sistem penjualan langsung adalah salah satu strategi bisnis terbaik untuk menjemput konsumen secara langsung.

 

Cara Memaksimalkan Strategi Sistem Penjualan Langsung

<yoastmark class=

Tentu sebuah keharusan untuk membekali salesman agar bisa memasarkan produk dengan baik ke ratusan pelanggan. Contohnya dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

 

1. Fokus Menjalin Relasi Dengan Calon Pelanggan

Saat Anda telah menyiapkan target customer dan ingin mengunjungi calon pelanggan tersebut. Maka, ada hal penting perlu Anda lakukan. Yaitu, membuat customer memberikan perhatian dan waktu mereka untuk produk dan jasa Anda berikan.

Sudah sepatutnya, kalian mengutamakan relasi dan kepercayaan pelanggan dahulu. Kemudian, pahami poin serta kebutuhan mereka. Agar Anda dapat menawarkan solusi.

 

2. Percaya Diri dan Pahami Tentang Produk Akan Anda Pasarkan

Calon pelanggan tentunya akan merasa yakin untuk membeli produk anda apabila kalian juga melakukan pemasaran dengan percaya diri. Ya, karena hal tersebut menjadi pokok utama saat gunakan strategi direct selling.

Selain itu, Anda pun harus betul-betul pahami produk yang akan Anda pasarkan. Contohnya keuntungannya, manfaat, cara menggunakannya, harga, kualitas, dan lainnya. Agar saat menawarkan ke customer, salesman dengan baik menjelaskan secara detail perihal produk dan jasa perusahaan Anda.

 

3. Pertahankan Kerjasama Dengan Konsisten Berikan Produk Berkualitas

Setelah kalian deal menjalin kerjasama dengan pelanggan, apalagi customer besar. Anda harus mempertahankan kerjasama dan tingkat kepuasan customer. Jangan sampai mereka kecewa dengan barang kalian jual. Walau itu sekali saja.

Apalagi, jika customer tersebut telah menjalin kerjasama dengan Anda sudah cukup lama. Oleh sebab itu, Anda wajib memberikan produk atau jasa berkualitas secara konsisten. Serta, terus jalin kerjasama dan cobalah sesekali berikan promo kepada customer agar mereka senang dan setia pada produk yang Anda miliki.

Karena dengan menjalin kerja sama yang baik akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan jual beri produk yang Anda miliki. Atau dengan kata lain sudah memiliki pelanggan tetap yang membuat Anda tidak perlu bersusah payah mencari pelanggan.

 

Begitulah, penjelasan detail tentang sistem penjualan langsung adalah sebuah strategi marketing sangat menguntungkan bagi pengusaha. Jadi, untuk kalian patut banget untuk mencoba sistem tersebut untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi.

 

Baca Juga :   Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

Share :

Baca Juga

Ini Loh, Cara Cairkan Poin Allo Bank 100% Gampang

FINANCE

Ini Loh, Cara Cairkan Poin Allo Bank 100% Gampang

FINANCE

Peluang Usaha Martabak Mini Dan Analisa Usahanya
Ide Jualan Makanan Online Kekinian

FINANCE

Ide Jualan Makanan Online Kekinian
5 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Bisa Kerja dari Mana Saja

FINANCE

5 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Bisa Kerja dari Mana Saja
Cara Jualan Aplikasi Premium untuk Anak Kuliah

FINANCE

Cara Jualan Aplikasi Premium untuk Anak Kuliah
Peluang Usaha Ayam Potong dan Analisa Usahanya

FINANCE

Peluang Usaha Ayam Potong dan Analisa Usahanya
Meski Murah, Ternyata Peluang Usaha Pecel Lele Menjanjikan

FINANCE

Meski Murah, Ternyata Peluang Usaha Pecel Lele Menjanjikan
Jasa Convert Paypal Terpercaya

FINANCE

Rekomendasi Jasa Convert Paypal Terpercaya, Jangan Sampai Tertipu!