Home / INTERNET

Senin, 22 Mei 2023 - 16:00 WIB

Pendidikan atau Tuntunan Seharusnya Memberikan Murid Ilmu Pengetahuan

- Penulis

Pendidikan atau Tuntunan Seharusnya Memberikan Murid Ilmu

Pendidikan atau Tuntunan Seharusnya Memberikan Murid Ilmu

MoccaapediaPendidikan atau tuntunan seharusnya memberikan murid ilmu pengetahuan merupakan jawaban yang tepat bagi pertanyaan yang ada pada Modul 2. Meskipun pertanyaan dan jawaban dari materi ini memiliki beberapa versi sehingga harus Anda ketahui dan perhatikan sebelum menjawab pertanyaannya.

Pertanyaan ini sendiri akan muncul pada salah satu soal di materi yang ada pada Pendidikan Sekolah Menengah. Namun materi ini juga hadir di Modul 2.

Untuk itu, bagi yang belum tahu bagaimana cara menjawab pertanyaan ini dengan benar, Anda bisa simak ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

 

Baca Juga :   5 Cara Screenshot di Laptop dengan Praktis dan Cepat

 

Benarkah, Pendidikan atau Tuntunan Seharusnya Memberikan Murid Ilmu Pengetahuan?

Pendidikan atau Tuntunan Seharusnya Memberikan Murid Ilmu
Pendidikan atau Tuntunan Seharusnya Memberikan Murid Ilmu

Berdasarkan jawaban dari pertanyaan di atas, sebagian besar orang masih bingung mengenai penjelasannya. Karena jawaban dari pertanyaan tersebut pun tidak menjelaskan banyak hal. Nah, agar tidak bingung, coba simak penjelasannya berikut ini:

 

Contoh Soal

Apakah yang akan murid dapatkan dari Pendidikan atau tuntunan?

 

Jawaban

Untuk jawabannya sendiri terbagi ke dalam dua versi, versi pertama adalah untuk jenjang Pendidikan menengah dan versi kedua adalah jawaban untuk Modul 2. Dan berikut jawaban yang benar beserta penjelasannya:

 

Baca Juga :   TikTok Spyware dan Mata-mata China, Fakta atau Mitos?

 

Jawaban Versi SMP dan SMA

Jawaban untuk Pendidikan jenjang menengah, SMP dan SMP bisa menggunakan versi sederhana saja. Yakni untuk memberikan pemahaman mengenai ilmu pengetahuan yang berguna bagi para murid.

Jika berdasarkan pembahasannya maka secara garis besar Pendidikan haruslah mampu memberikan ilmu pengetahuan yang lengkap serta komprehensif bagi para siswanya.

Karena sejak awal, ilmu pengetahuan mempunyai posisi yang kuat terutama di dalam kehidupan para siswa.

Dengan memiliki ilmu pengetahuan yang luas maka seseorang dapat mencari segala macam solusi yang dan masalah yang terjadi di kehidupannya.

Ilmu pengetahuan yang luas juga bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupannya. Namun harus Anda pahami jika ilmu pengetahuan akan selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Sehingga apa yang Anda ketahui sekarang bisa bertambah nantinya dengan berbagai faktor yang mempengaruhi. Seperti usia, wawasan hingga perkembangan dunia Pendidikan.

Ilmu Pendidikan pun saling berkaitan satu sama lain dan muncul dalam banyak jenis dengan tujuan yang sama yakni sebagai solusi dan pemecahan masalah.

Selain itu, ilmu Pendidikan juga bisa diklasifikasikan menjadi banyak hal. Sehingga tidak hanya terbatas pada ilmu dunia saja. Namun juga menyangkut ke ilmu akhirat. Dengan memadukan kedua ilmu pengetahuan tersebut, maka akan tercipta sebuah keseimbangan serta keharmonisan.

 

Jawaban Versi Modul 2

Berbeda dengan jawaban sebelumnya, jawaban untuk versi Modul 2 ini berasal dari konsep Ki Hadjar Dewantara yang mana tuntutan sendiri bisa diartikan sebagai sesuatu yang tumbuh di dalam kodratnya.

Jika berdasarkan pada pemikiran Ki Hadjar Dewantara maka setiap Pendidikan harus mampu menuntut para siswanya agar meraih kebahagiaan mereka. Akan tetapi jangan sampai menyalahartikan pernyataan tersebut ya.

Sebab kebahagiaan yang beliau maksudkan bukan hanya sebatas kebahagiaan dunia saja. Melainkan meliputi kebahagiaan akhiran yang tak terbatas lewat ilmu pengetahuan.

Konsep ini juga menjadikan murid memiliki peran yang setara dengan guru dan dapat mengambil pembelajaran satu sama lain. Sehingga baik murid maupun guru, bisa saling belajar bersama dan saling melengkapi.

Meskipun peran yang lebih besar tentu saja terdapat pada guru yang harus mampu memberikan tuntunan yang baik serta memberikan contoh. Sehingga guru bukan hanya memberikan himbauan untuk belajar namun juga belajar bersama dengan para murid agar bisa meraih kebahagiaan tanpa batas.

 

Nah, berdasarkan dari pemahaman di atas maka kini sudah bisa Anda mengetahui jawaban yang benar. Bahwa pendidikan atau tuntunan seharusnya memberikan murid ilmu pengetahuan.

 

Baca Juga :   Teknik Linier, Pengertian, Unsur-unsur dan Cara Menggambarnya

Share :

Baca Juga

Cara Membuat PP Menyala untuk WA 100 % Mudah

INTERNET

Cara Membuat PP Menyala untuk WA 100 % Mudah
omnichannel

INTERNET

5 Keuntungan Kelola Banyak Marketplace dengan Omnichannel
Facebook TikTok

INTERNET

Facebook TikTok, Ini Informasi yang Wajib Anda Pahami!
Albino Tercantik di Dunia yang Berprofesi Public Figure

INTERNET

Albino Tercantik di Dunia yang Berprofesi Public Figure
Rekomendasi Toko Bangunan Terbaik & Terpercaya

INTERNET

Bisa Beli Dari Rumah, Rekomendasi Toko Bangunan Terbaik
Digital Marketing Enthusiast

FINANCE

Cara Menjadi Digital Marketing Enthusiast yang Andal
Super Ngebut, Berikut Kartu Internet Tercepat dan Stabil

INTERNET

Super Ngebut, Berikut Kartu Internet Tercepat dan Stabil
Makna Gagal Move On Sebenarnya di Lirik Lagu Glimpse of Us

INTERNET

Gagal Move On, Begini Arti Lirik Lagu Glimpse of Us