Home / FASHION

Sabtu, 8 April 2023 - 18:00 WIB

Mengenal Make Up Jaranan, Kesenian Khas Jawa Timur

- Penulis

Make Up Jaranan - Pexels.com

Make Up Jaranan - Pexels.com

Moccaapedia – Jaranan adalah kesenian tradisional khas Jawa Timur yang juga mempunyai nama lain sebagai kuda lumping. Pemainnya bisa pria maupun wanita yang menggunakan make up jaranan dan menari bersama kuda lumping di tengah iringan musik tradisional.

Berbicara tentang make up, penggunaannya dalam jaranan mempunyai ciri, tujuan, hingga sejarah tersendiri. Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui lebih banyak, bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan informasi menarik yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya!

 

Baca Juga :   Berbagai Style dan Fashion Wanita Kekinian

 

Jenis Make Up Jaranan

Pada masa Kerajaan Majapahit, make up dalam kesenian jaranan sudah hadir dengan menggunakan bahan alami, seperti daun pandan, kunyit, hingga air bunga. Hingga kini, masih belum ada banyak orang tahu dan sadar bahwa berbagai jenis jaranan menggunakan make up yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu:

 

1.     Make Up Jaranan Putih

Jenis make up yang menjadi paling populer dan terdiri dari bedak serta lipstik merah saja. Bedak dalam jenis ini biasanya berasal dari tepung beras, sedangkan lipstiknya terbuat dari bahan alami berupa daun sirih atau buah bit.

 

2.     Make Up Jaranan Warna-warni

Ini bertujuan untuk menonjolkan wajah maupun keunikan dari penampilan para penari jaranan. Make warna-warni hadir dengan berbagai warna, termasuk merah, kuning, hijau, dan biru. Warna-warna tersebut nantinya digunakan untuk melukis wajah penari dengan motif khas yang cantik.

 

3.     Make Up Jaranan Hitam

Terakhir, ada jenis make up yang biasanya digunakan oleh para penari pria. Make up ini berupa bedak dan maskara hitam yang terbuat dari arang kayu maupun bahan lainnya. Jenis make up jaranan hitam memberikan tampilan yang gahar, keren, dan unik.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Fashion Pria Simple Tapi Keren yang Bisa Wanita Tertarik

 

Teknik Menggunakan Make Up Jaranan

Memakai make up bukanlah hal mudah karena ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan agar hasilnya menjadi lebih bagus. Ini termasuk pemilihan warna yang sesuai dengan jenis maupun aksesorisnya, penggunaan lipstik, dan lain sebagainya. Agar tidak bingung lagi, inilah pembahasannya:

 

1.     Memilih Warna yang Sesuai

Pilih tema warna make up sesuai dengan kostum dan aksesoris yang penari gunakan. Pemilihan yang tepat akan memberikan tampilan yang cantik dan serasi sehingga penari terlihat lebih menonjol. Memang boleh bertabrakan warna, tetapi menggunakan yang senada juga tidaklah buruk.

 

2.     Menggunakan Bedak

Make Up Jaranan
Make Up Jaranan – Pexels.com

Bedak adalah salah satu bagian paling penting dalam menggunakan make up jaranan maupun make up kecantikan. Ketika menggunakan bedak, sebaiknya kulit wajah dalam kondisi bersih dan kering agar hasilnya tidak saling menggumpal.

Kemudian, gunakan bedak menggunakan spons dan aplikasikan ke wajah dengan gerakan tepuk-tepuk ringan agar lebih set atau kuat. Pastikan penggunaannya merata di seluruh area wajah.

 

3.     Mengaplikasikan Lipstik

Setelah itu, ada lipstik yang dalam kesenian jaranan menggunakan warna merah terang. Aplikasikan lipstik ini ke bagian bibir secara penuh dan merata bukannya ombre, seperti yang sedang hits saat ini. Bahkan pada beberapa jenis jaranan atau semacamnya, lipstik digunakan melebihi ukuran bibir.

 

4.     Memakai Eyeliner

Guna mempertegas garis mata, eyeliner juga ada dalam daftar make up jaranan. Eyeliner berwarna hitam pekat dan pemakaiannya tipis pada area garis bulu mata. Namun, untuk jenis jaranan tertentu, eye liner ini berguna untuk membuat gambaran aksesoris atau ornamen tradisional yang cantik.

 

5.     Menggunakan Maskara

Terakhir, ada maskara yang hukumnya tidak wajib dalam make up pada jaranan. Walaupun demikian, menggunakan maskara sendiri akan memberikan efek yang cantik hingga menambah kepercayaan diri para penari wanita.

Jaranan adalah kesenian asal Jawa Timur yang mempunyai banyak sekali penggemar. Ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa penggunaan make up jaranan mempunyai jenis hingga teknik tertentu agar sesuai dan enak dipandang. Kesenian kita keren ya!

 

Referensi:

Make Up Jaranan: Menampilkan Kecantikan di Tengah Kegemilangan Seni Budaya Jawa Timur – Cianjur Today

 

Baca Juga :   Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet

Share :

Baca Juga

Tutorial Hijab Segi Empat Rapi dan Cara Memilihnya

FASHION

Tutorial Hijab Segi Empat Rapi dan Cara Memilihnya
daftar peralatan makeup

FASHION

Cara Memilih dan Daftar Peralatan Makeup Berkualitas Original
Varian Bedak Pigeon dan Manfaatnya untuk Kulit Remaja

FASHION

Varian Bedak Pigeon dan Manfaatnya untuk Kulit Remaja
7 Inspirasi Baju Hari Raya Remaja Perempuan

FASHION

7 Inspirasi Baju Hari Raya Remaja Perempuan, Maju Mundur Cantik
4 Merek Fashion dengan Pendapatan Terbesar Dunia

FASHION

4 Merek Fashion dengan Pendapatan Terbesar Dunia
Tips Fashion Wanita Gemuk Agar Terlihat Langsing dan Kekinian

FASHION

Tips Fashion Wanita Gemuk Agar Terlihat Langsing dan Kekinian
5 Desainer Ternama Indonesia yang Karyanya Dikenal Dunia

FASHION

5 Desainer Ternama Indonesia yang Karyanya Dikenal Dunia
Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

FASHION

Cara Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah