Home / SPORT

Jumat, 5 Mei 2023 - 14:00 WIB

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Badan dan Pikiran

- Penulis

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Badan dan Pikiran

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Badan dan Pikiran

MoccaapediaManfaat lari pagi untuk kesehatan badan bahkan bisa Anda rasakan sejak pertama kali melakukan kegiatan ini. Karena memang lari pagi punya banyak sekali manfaat selain untuk kesehatan badan namun juga untuk kesehatan batin loh.

Udara pagi yang masih sejuk dan bersih mampu mengembalikan mood hingga meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Sehingga jika Anda rutin lari pagi, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan.

 

Baca Juga :   Sejarah Sepak Bola dan Teknik Dasar yang Perlu Diketahui
 

 

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Badan dan Pikiran

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Badan dan Pikiran
Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Badan dan Pikiran

Ternyata lari pagi bukan hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan badan namun juga kesehatan pikiran. Bahkan kebiasaan lari pagi juga dianggap mampu memperbaiki mood dan membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Terlebih jika lari pagi Anda lakukan di ruang terbuka yang masih penuh dengan pepohonan seperti taman. Pastinya hal ini akan membuat Anda menjadi semakin rileks dan segar untuk menghadapi aktivitas seharian setelah lari pagi.

Dengan banyaknya manfaat ini, maka tidak heran jika lari pagi bisa jadi alternatif olahraga bagi Anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu. Cukup luangkan 30 menit untuk lari di pagi hari, paling tidak satu minggu sekali untuk dapat manfaatnya.

Dan berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan lari pagi, bukan hanya baik untuk kesehatan badan saja. namun juga baik untuk kesehatan pikiran:

 

1. Dapat Membuat Badan Menjadi Lebih Ideal

Dengan rutin lari pagi, maka Anda dapat menurunkan hingga mengontrol berat badan agar menjadi lebih ideal. Karena dengan berlari, maka akan banyak kalori dan lemak yang terbakar. Sehingga kegiatan ini dapat mendukung program penurunan badan atau diet yang sedang Anda jalankan.

Setiap kali Anda berlari maka secara umum Anda dapat membakar hingga 670 kalori selama 30 menit. Meskipun hasil ini cukup bervariasi ya. Karena hasilnya akan berbeda berdasarkan kecepatan lari dan ukuran tubuh yang Anda miliki.

Sebuah penelitian juga menyebutkan, dengan lari selama 3 jam rutin dalam satu minggu. Maka bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Anda bisa mengakalinya dengan membagi waktu berlari.

Misalnya dalam satu kali lari pagi, Anda menghabiskan waktu 30 menit, untuk berlari pagi setiap hari.

Kegiatan ini jika rutin Anda lakukan juga terbukti mampu menjaga berat badan menjadi lebih ideal.

 

2. Menjaga Stamina Tubuh dan Meningkatkan Konsentrasi

Jika Anda mengawali hari dengan berlari pagi, maka hal ini bisa membuat Anda mampu menjaga stamina tubuh agar tetap prima sepanjang hari. Dan bisa menjalankan aktivitas selama sehari penuh.

Tak hanya itu saja, lari pagi juga punya manfaat untuk meningkatkan konsentrasi sehingga Anda akan tetap fokus di siang hari. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih produktif karena mampu bekerja dengan efektif.

Agar bisa mendapatkan manfaat lari di pagi hari secara maksimal. Maka Anda harus menyeimbangkannya dengan menyantap sarapan yang bergizi setelah lari pagi.

Selain itu pastikan untuk memberikan jeda istirahat di tengah kesibukan seharian Anda ya.

 

3. Membantu untuk Memperkuat Tulang

Pada saat melakukan aktivitas lari di pagi hari, maka Anda akan terpapar oleh sinar matahari yang mampu merangsang produksi dari vitamin D di dalam tubuh Anda ya.

Vitamin ini sendiri mampu membantu tubuh untuk menyerap kalsium secara optimal dan pastinya baik untuk kesehatan serta kekuatan tulang Anda.

Sehingga, selain baik untuk kesehatan tulang Anda, paparan sinar matahari di pagi hari secara langsung juga mampu membantu tubuh untuk dapat menyerap kalsium secara lebih optimal.

Hal ini dapat meningkatkan kekuatan tulang dan menjaganya agar terhindar dari osteoporosis ketika sudah lanjut usia.

 

4. Mampu Membantu Memperbaiki Mood dan Suasana Hati

Manfaat berikutnya dari lari pagi adalah untuk meningkatkan mood atau sebagai mood booster. Karena pada saat Anda berolahraga, tubuh Anda pun akan sekaligus melepaskan berbagai senyawa kimia yang ada di otak.

Di antaranya seperti dopamin, endorphin hingga serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati dan menstabilkan emosi.

 

Baca Juga :   Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

 

5. Membantu untuk Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Dengan rutin olahraga di pagi hari khususnya lari, maka Anda akan menjadi mudah mengantuk di malam hari. Sehingga dengan begitu, kualitas tidur Anda pun juga akan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang mengungkapkan jika seseorang lari pagi selama 30 menit, 5 kali dalam satu minggu selama 3 minggu beruntun. Maka orang tersebut dapat mengalami peningkatan kualitas tidur.

Nah, cocok banget nih bagi Anda yang insomnia dan susah untuk tidur di malam hari. Maka bisa mencoba cara ini untuk bisa meningkatkan kualitas tidur.

 

6. Dapat Memperkuat Daya Ingat

Karena lari pagi mampu meningkatkan mood dan memperbaiki kualitas tidur. maka Anda akan terhindar dari stress, rasa cemas yang berlebih yang dapat mengganggu fungsi otak.

Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih mudah fokus dalam berpikir serta lebih mudah mengingat sesuatu.

Hal inilah yang membuat lari pagi dianggap mampu memperkuat daya ingat.

 

7. Mampu Membantu Menjaga Kekuatan Otot

Manfaat lari bagi badan berikutnya adalah dapat membantu untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan otot. Terutama otot yang berada di bagian tungkai. Khasiat ini akan Anda dapatkan jika Anda berlari dengan intensitas tinggi. Nanun dengan durasi yang pendek.

Artinya Anda dapat berlari cepat dalam waktu yang singkat saja sudah mampu untuk meningkatkan kekuatan otot loh.

Anda dapat lari cepat atau sprint selama 20 detik saja. lanjutkan dengan berjalan atau berlari ringan selama 2 menit. Lalu ulangi kombinasi jogging dengan sprint ini sebanyak 6 kali.

Selanjutnya Anda dapat meningkatkan intensitasnya dengan menambahkan waktu sprint lalu mengurangi waktu istirahat. Akan tetapi, wajib Anda ingat untuk memulai olahraga ini dengan intensitas yang rendah dulu.

Santai saja dulu ya, nanti Anda bisa meningkatkan intensitasnya seiring berjalannya waktu atau secara bertahap sesuai dengan kekuatan badan Anda.

Manfaat ini tidak hanya bisa Anda temukan pada lari pagi namun juga lari di sore hari kok.

 

8. Mencegah Resiko Terkena Penyakit Jantung

Dengan rutin berlari di pagi hari juga bisa membantu untuk menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Karena ketika berlari, detak jantung akan meningkat. Sehingga bisa membantu untuk melatih kekuatan otot jantung dalam proses memompa darah.

Dengan terjaganya fungsi jantung dan aliran darah yang lancar. Maka resiko terkena penyakit jantung maupun pembuluh darah, seperti stroke atau serangan jantung akan menjadi lebih kecil.

 

9. Meningkatkan Fungsi Paru Paru

Kebiasaan berlari di pagi hari juga mampu meningkatkan fungsi dari paru paru loh. sebab pada saat Anda berolahraga, paru paru akan mulai terlatih untuk bekerja dengan cara yang lebih efisien ketika menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh loh.

Jika Anda melakukannya secara rutin, maka paru paru akan dapat bekerja secara lebih maksimal sehingga mampu meningkatkan fungsinya.

 

Nah, terbukti kan jika manfaat lari pagi tidak hanya bagus untuk kesehatan badan. Namun juga pikiran serta membantu untuk menyehatkan organ organ vital yang ada di dalam tubuh Anda. Seperti jantung dan paru paru.

 

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago

Share :

Baca Juga

5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager

SPORT

5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager
Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?

SPORT

Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?
5 Ide Kegiatan Class Meeting, Dijamin Seru

SPORT

5 Ide Kegiatan Class Meeting, Dijamin Seru
Cari Tahu, Toko Peralatan Olahraga Terdekat di Surabaya

SPORT

Cari Tahu, Toko Peralatan Olahraga Terdekat di Surabaya
5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?

SPORT

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?
Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer

SPORT

Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer
Tuan Rumah M4 World Champions (Mobile Legends Bang Bang)

SPORT

Wow! Indonesia Resmi Menjadi Tuan Rumah M4 World Champions
10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

SPORT

10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik