Home / INTERNET

Selasa, 11 Juli 2023 - 16:00 WIB

Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Fakta Film KKN di Desa Penari

- Penulis

Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Fakta Film KKN di Desa Penari

Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Fakta Film KKN di Desa Penari

MoccaapediaKKN Desa Penari adalah sebuah film bergenre horor produksi MD Entertainment dan disutradarai oleh Awi Suryadi yang rilis pada tahun 2022 kemarin. Kesuksesan dari film ini bahkan membuat film ini rilis dua kali.

Versi pertama yang rilis pada 30 April 2022, dan versi kedua yakni 29 Desember 2022 yang merupakan versi extended dengan total durasi hampir 3 jam.

 

Baca Juga :   Fakta Menarik Moon Sang Min Pemain Under The Queens Umbrella

 

Sinopsis KKN di Desa Penari

Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Fakta Film KKN di Desa Penari
Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Fakta Film KKN di Desa Penari

Film ini diperankan oleh aktor aktor muda diantaranya, Tissa Biani sebagai Nur, Achmad Megantara sebagai Bima, Adinda Thomas sebagai Widya, Aghniny Haque sebagai Ayu.

Mengisahkan pengalaman 6 pemuda yang sedang melakukan kegiatan KKN di sebuah desa terpencil yang ada di Jawa. Nur, Widya, Bima, Ayu, Wahyu dan Anton tiba di sebuah desa yang masih terisolasi.

Awalnya Nur, merasakan keanehan terhadap desa tersebut. Namun karena mereka membutuhkan tempat untuk KKN, mau tidak mau mereka terpaksa untuk melaksanakan kegiatan KKN di sana. Meskipun awalnya Pak Prabu sebagai Kepala Desa menolak kehadiran mereka.

Namun setelah diyakinkan oleh kakak Widya, akhirnya ke 6 pemuda tersebut mendapatkan izin untuk melaksanakan tugas KKN di sana.

Saat tiba di desa tersebut, mereka sudah diperingatkan untuk menjauhi beberapa tempat dan hutan larangan.

Tapi meski sudah mendapatkan peringatan, ada saja anggota kelompok KKN yang menentang larangan tersebut sehingga terjadi sesuatu yang mengancam nyawa mereka. Hingga harus merenggut nyawa salah satu dari ke 6 pemuda yang sedang KKN tersebut.

Sedangkan yang lainnya harus berusaha agar bisa selamat dan terbebas dari kutukan yang ada di desa para penari itu.

 

Fakta Film KKN di Desa Penari yang Tidak Banyak Orang Tahu

Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Fakta Film KKN di Desa Penari
Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Fakta Film KKN di Desa Penari

Meski film ini merajai box office Indonesia, namun ada beberapa fakta yang mungkin tidak banyak orang tahu mengenai film ini. Dan berikut fakta-faktanya:

 

Baca Juga :   Kurikulum Adaptif untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

 

1. Berdasarkan Kisah Nyata

Film ini sendiri merupakan sebuah film berdasarkan kisah nyata, yang mana kisah Nur, Widya dan kawan kawan kelompok KKN mereka benar benar ada. Begitu pula dengan desa tempat mereka KKN yang berada di Kawasan Jawa Timur, yang memiliki banyak sekali aturan yang harus mereka patuhi. Konon agar mereka selamat saat melakukan kegiatan KKN.

Sumber cerita ini pun, berasal dari penuturan tokoh Nur yang hingga kini namanya masih disamarkan.

 

2. Thread Twitter Viral

Kisah nyata yang menjadi latar belakang film ini berasal dari sebuah thread viral di Twitter. Cerita tersebut dikupas tuntas oleh akun bernama @SimpleM81378523. Begitu cerita tersebut diangkat ke Twitter, seketika cerita tersebut menjadi viral di dunia maya.

Bahkan tidak sedikit pengguna Twitter yang menceritakan mengenai kisah versi mereka sendiri di desa tersebut.

 

3. Rahasia Nama Penulis dan Desa Penari

Meski sudah viral dan menjadi film, namun hingga sekarang nama asli dari pemilik akun Twitter @SimpleM81378523 tersebut masih menjadi misteri hingga saat ini. Bahkan nama desa yang ada di kisah tersebut juga tidak pernah disebutkan dengan jelas.

Akun @SimpleM81378523 hanya menyebutkan inisial B dan berada di Jawa Timur.

 

4. Tertunda Selama 2 Tahun

Penayangan film KKN di Desa Penari ini sempat tertunda selama 2 tahun karena awalnya akan rilis pada tahun 2019. Namun karena adanya pandemic Covid 19, maka film ini pun tertunda dan baru rilis pada tahun 2022.

Setelah rilis, film ini pun mendapatkan sambutan hangat bahkan mampu merajai box office Indonesia.

 

5. Budget Film Fantastis Hingga 15 M

Film ini digadang-gadang sebagai salah satu film horror termahal di Indonesia dengan budget pembuatan mencapai 15 M. Produser film ini pun, mengungkapkan jika proses pembuatan film menelan budget fantastis karena ada banyak kendala saat syuting di sebuah desa yang mereka set untuk film ini.

 

6. Berdasarkan Dua Sudut Pandang

Jika Anda membaca thread dari @SimpleM81378523, maka Anda akan tahu jika cerita ini berdasarkan dua sudut pandang. Sudut pandang pertama berasal dari Nur dan sudut pandang kedua berdasarkan Widya.

 

7. 14 Orang di Kelompok KKN

Sebenarnya ada 14 orang yang ikut dalam kelompok KKN tersebut. Namun di dalam cerita hanya fokus pada 6 orang saja yakni Widya, Nur, Bima, Ayu, Anton dan Wahyu. Karena cerita dari KKN di Desa Penari hanya berkutat dengan mereka.

 

8. Menyesal Telah Bercerita

Meski berdasarkan kisah yang viral di Twitter namun pemilik akun Twitter tersebut mengaku menyesal telah menceritakan kisah tersebut. Karena begitu kisah ini viral, ada banyak orang yang berusaha untuk mengangkat cerita itu kembali.

Sehingga hal ini seperti membuka luka lama bagi korban yang mengalaminya. Karena tidak jarang, netizen penasaran dan berusaha mencari sosok asli dari Nur, Widya, Ayu bahkan Bima.

 

9. Tayang di Disney+ Hotstar

Meski film ini sudah rilis di Bioskop tahun lalu, namun kini Anda bisa menikmati film ini di Disney+ Hotstar loh.

 

10. Tayang Kembali di Bioskop

Pada awal penayangannya, film ini memiliki dua versi. Versi yang pertama adalah versi cut dengan rating 13+. Sedangkan versi kedua adalah versi uncut yang berisikan beberapa adegan dewasa berdurasi 18 detik yang mendapatkan rating 17+.

Pada perilisan awal di bulan April 2022, film ini mampu mendapatkan 9,23 juta penonton.

Namun karena kesuksesannya ini, film tersebut pun kembali rilis dengan versi lebih panjang yakni KKN di Desa Penari Luwih Dowo, Luwih Medeni. Versi ini merupakan versi extended yang mana durasinya hampir 3 jam.

Karena versi ini adalah versi panjang yang tidak mendapatkan cut sama sekali dan rilis pada 29 Desember 2022.

Bukan hanya memiliki cerita yang lebih panjang, namun versi extended ini dianggap lebih menyeramkan dari versi sebelumnya karena ceritanya lebih lengkap dan dengan proses editing yang berbeda.

 

11. Banyak yang Ragu dengan Keaslian Ceritanya

Meskipun pemilik akun @SimpleM81378523 mengaku jika kisah KKN di Desa Penari asli adanya, namun tidak sedikit orang yang merasa jika cerita tersebut hanya karangan semata dan bukanlah kisah asli. Hal ini pun, dengan tegas di bantah oleh si pemilik akun.

Sebab sebelum dia membagikan kisah tersebut, dia mengaku sudah pernah bertemu dan berbicara secara langsung dengan para korban.

 

12. Pemeran Nur Tissa Biani Bertemu dengan Nur Asli

Nama desa, Universitas dan korban dari tragedi tersebut memang masih menjadi misteri karena memang pihak @SimpleM81378523 dan film sendiri sepakat untuk merahasiakannya. Namun Tissa Biani mengaku dia mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan berbincang langsung dengan Nur asli.

Pengakuan tersebut semakin menguatkan keaslian dari cerita ini.

 

Nah, itulah dia sinopsis dan fakta menarik dari film KKN di Desa Penari yang tidak boleh Anda lewatkan. Terutama jika Anda merupakan penggemar film horror misteri ya. Karena film ini wajib masuk ke dalam list tontonan Anda.

 

Baca Juga :   Alasan Mengapa Ada Daerah di Bumi yang Gelap

Share :

Baca Juga

Aries Bulan Apa Begini Sifat dan Karakternya

INTERNET

Aries Bulan Apa? Begini Sifat dan Karakternya
Yuk, Kenalan dengan Kak Jil Shine Gorden yang Viral

INTERNET

Yuk, Kenalan dengan Kak Jill Shine Gorden yang Viral
Fungsi Kaca Fiberglass dan Keunggulannya

INTERNET

Fungsi Kaca Fiberglass dan Keunggulannya
Syarat Perpanjang SKCK

INTERNET

Syarat Perpanjang SKCK, Cara, dan Biayanya Tahun Ini
Pisces Bulan Apa Dan Bagaimana Karakternya

INTERNET

Pisces Bulan Apa? Dan Bagaimana Karakternya
Tiktok Spyware

INTERNET

TikTok Spyware dan Mata-mata China, Fakta atau Mitos?
Tayang di Disney+, Ini Sinopsis Pengabdi Setan 2 Communion

INTERNET

Tayang di Disney+, Ini Sinopsis Pengabdi Setan 2: Communion
6 Aplikasi Android Untuk Orang Tua, Bersama Keluarga!

INTERNET

6 Aplikasi Android Untuk Orang Tua, Bersama Keluarga!