Home / FINANCE

Senin, 1 Mei 2023 - 14:00 WIB

Kesalahan Finansial bagi Karyawan yang Jarang Disadari

- Penulis

Kesalahan Finansial bagi Karyawan

Kesalahan Finansial bagi Karyawan

Moccaapedia – Tanpa sadar terdapat beberapa kesalahan finansial bagi karyawan yang sering kali membuat kondisi keuangan buruk. Sehingga seringkali seorang karyawan tak mampu bertahan dengan gaji yang dimiliki hingga akhir bulan.

Jangankan menabung, bisa bertahan dengan sisa gaji hingga gajian di bulan berikutnya saja sudah bersyukur.

Namun tahu kah, Anda. Hal ini tidak bisa dibiarkan berlangsung secara terus-menerus loh. Anda harus memiliki batasan dengan mengatur keuangan agar gaji selama satu bulan tidak habis begitu saja.

 

Baca Juga :   Ini Loh, Cara Cairkan Poin Allo Bank 100% Gampang

 

Kesalahan Finansial bagi Karyawan yang Jarang Disadari

Kesalahan Finansial bagi Karyawan
Kesalahan Finansial bagi Karyawan

Tanpa sadar, terkadang terdapat kesalahan finansial yang sering sekali dilakukan oleh para karyawan. Sehingga membuat gaji yang mereka miliki habis begitu saja tanpa punya tabungan untuk masa depan.

Padahal, Anda pastinya tidak akan menjadi karyawan selamanya bukan? Ada masanya Anda sudah tidak sanggup bekerja sebagai karyawan dan harus bergantung hidup dengan apa jika tidak memiliki tabungan.

Nah, biar tidak keterusan, berikut ini adalah beberapa kesalahan finansial yang sering sekali tanpa sadar Anda lakukan sebagai seorang karyawan, agar nantinya Anda bisa belajar dari kesalahan kesalahan di bawah ini ya:

 

1. Merasa Tidak Penting untuk Merencanakan Keuangan

Banyak yang masih beranggapan jika merencanakan keuangan adalah hal yang tidak penting atau bahkan tidak perlu untuk dilakukan. Padahal merencanakan keuangan sangat penting.

Berapapun jumlah gaji yang Anda muliki, sebaiknya rencanakan pengeluaran tiap bulan agar gaji yang Anda terima tidak habis sia-sia.

Biasanya banyak orang enggan membuat perencanaan karena merasa jika gajinya tidak akan cukup untuk kebutuhan satu bulan. Atau karena merasa jika gajinya terlalu kecil.

Namun berapapun gaji yang Anda miliki, sebaiknya mulailah untuk membuat perencanaan keuangan selama satu bulan, dan lihatlah hasilnya ya.

 

2. Tidak Membiasakan Diri untuk Menabung Sejak Awal

Kesalahan yang paling umum berikutnya adalah, banyak orang hanya akan menabung jika ada sisa gaji. Jika dalam satu bulan gajinya tidak tersisa sama sekali, ya mereka tidak akan menabung.

Padahal seharusnya, tabungan harus Anda sisihkan sejak awal bulan. Ambil sebagian uang gaji Anda sebagai tabungan. Dan sisanya untuk kebutuhan selama satu bulan.

 

Baca Juga :   Apa itu Quickswap Exchange? Dan Cara Kerjanya

 

3. Tidak Memiliki Dana Darura

Pastinya Anda pernah mengalami situasi darurat seperti HP atau Laptop tiba-tiba rusak, terkena PHK hingga jatuh sakit. Jika tidak memiliki dana darurat maka biasanya Anda akan cenderung berhutang untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi jika Anda memiliki cicilan.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan dana darurat yang bisa Anda ambil dari gaji dan disimpan secara khusus untuk kebutuhan mendadak.

Dana darurat ini sendiri berbeda dengan tabungan ya, sehingga keduanya harus Anda ambil dari gaji di awal bulan. Bukan setelah gaji tersisa di akhir bulan.

Misalnya dari keseluruhan gaji, 10% Anda ambil untuk tabungan dan 10% lagi untuk dana darurat. Sedangkan sisanya untuk cicilan dan biaya kebutuhan selama satu bulan.

Lakukan hal tersebut secara rutin dan Anda akan melihat hasilnya.

 

4. Tidak Memiliki Asuransi

Tidak sedikit orang yang beranggapan jika dana asuransi tidaklah penting, padahal mempersiapkan segala kerugian finansial sejak dini adalah salah satu cara agar aman dari berbagai kondisi tak terduga. Termasuk dengan memiliki asuransi.

Sebab asuransi merupakan sebuah bentuk dalam mengendalikan resiko kerugian denan cara mengalihkannya ke pihak lain. Yakni pihak perusahaan asuransi.

Tapi tentunya, Anda harus memilih perusahaan asuransi yang aman dan terpercaya ya.

 

Nah, itulah beberapa kesalahan finansial bagi karyawan yang tanpa sadar sering sekali dilakukan. Semoga setelah melihat artikel ini, Anda akan mulai sadar untuk memperbaiki keuangan sehingga bisa terhindar dari berbagai resiko kerugian di kemudian hari.

 

Baca Juga :   Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

Share :

Baca Juga

Syarat Pengajuan Pinjaman Bank BTPN

FINANCE

Pahami Syarat Pengajuan Pinjaman Bank BTPN
Cara Jualan Follower Instagram

FINANCE

Cara Jualan Follower Instagram, Bisnis Mudah Banyak Cuan
Peluang Usaha Keripik Singkong dan Analisa sahanya

FINANCE

Enak dan Simple, Ini Analisa Dan Peluang Usaha Keripik Singkong
Ide franchise dibawah 100 juta di bawah ini bisa jadi referensi bagi Anda, yang masih terbilang pemula di bidang bisnis.

FINANCE

Ide Franchise dibawah 100 Juta untuk Pemula
Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Generasi Milenial

FINANCE

Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Generasi Milenial
Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?

FINANCE

Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?
Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

FINANCE

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya
Apa itu Venom Network Dan Cara Nenggunakannya

FINANCE

Apa itu Venom Network? Dan Cara Nenggunakannya