Home / TEKNOLOGI

Jumat, 8 September 2023 - 14:00 WIB

Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel Gampang & Aman

- Penulis

Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel

Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel

MoccaapediaRouter merupakan perangkat yang menghubungkan penggunanya ke internet dan  memungkinkan semua perangkat saling terhubung satu sama lain dengan mudah. Untuk menggunakan router dan terhubung dengan internet, inilah cara nembak WiFi dengan router tanpa kabel.

Untuk mendukung fungsinya, router juga memiliki berbagai fitur keamanan dan manajemen lalu lintas. Dengan fungsi untuk membantu menjaga segalanya tetap berjalan lancar.

Jadi, setiap kali Anda menikmati streaming musik, menonton video, atau bermain game online, ingatlah bahwa semua kegiatan tersebut terbantu dengan adanya router ini ya.

 

Baca Juga :   Emulator Terbaik untuk Menggunakan Aplikasi Android di PC

 

Apa Itu Router?

Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel
Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel

Bayangkan internet sebagai jalan raya digital yang besar dan kompleks. Setiap perangkat yang terhubung ke internet adalah kendaraan yang ingin sampai ke tujuannya. Nah, di sinilah router mengambil perannya.

Jadi, router merupakan semacam petunjuk jalan di jalan raya digital yang luas ini ya guys. Sehingga perangkat ini yang bertugas untuk menghubungkan semua perangkat ke internet dan memastikan data dapat bergerak dengan lancar dan stabil saat Anda gunakan.

Router bertindak sebagai jembatan antara perangkat yang Anda pakai, misalnya seperti laptop, smartphone, atau konsol game. Dan juga bertugas sebagai penyedia layanan internet Anda (ISP).

Ketika Anda ingin mengakses sesuatu di internet, misalnya membuka situs web atau menonton video di YouTube, router akan mengambil permintaan tersebut dan mengirimkannya ke internet, lalu membawa balik responsnya kepada Anda.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang Wi-Fi. Nah, Wi-Fi adalah salah satu fitur yang paling umum ditemukan pada perangkat router. Fitur ini bertugas untuk menghubungkan perangkat ke internet tanpa kabel. Jadi, jika Anda terhubung ke Wi-Fi di rumah Anda, itu artinya Anda sedang menggunakan router ini.

Setiap perangkat di internet memiliki alamat yang disebut alamat IP atau Internet Protocol. Alamat IP mirip dengan nomor rumah Anda. Pada saat Anda ingin mengirim atau menerima data, alamat IP membantu router untuk mengetahui ke mana data tersebut harus dikirim.

Router sendiri memiliki dua jenis alamat, yakni IP: alamat IP eksternal yang diberikan oleh ISP Anda. Lalu ada alamat IP internal yang diberikan oleh router ke perangkat Anda di jaringan lokal. Router ini memungkinkan semua perangkat di rumah untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di internet.

Router juga bertindak sebagai garda terdepan melawan ancaman keamanan internet. Banyak router modern memiliki firewall yang membantu melindungi jaringan dari serangan dan virus berbahaya.

Dengan cara memeriksa data yang masuk dan keluar dari jaringan untuk memastikan tidak ada yang mencurigakan.

 

Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel

Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel
Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa itu Router? Kini Moccaapedia juga sudah merangkum bagaimana cara nembak WiFi dengan router tanpa kabel, berikut ini caranya:

 

Baca Juga :   Spesifikasi Samsung A21 – Kelebihan dan Kekurangannya

 

1. Pilih Router yang Mendukung Mode Repeater

Langkah pertama adalah dengan memastikan Anda memiliki router yang mendukung mode repeater atau extender.

Router dengan fitur ini memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan WiFi tanpa perlu membeli perangkat tambahan. Cek panduan router Anda atau hubungi produsen untuk memastikan fitur ini tersedia atau tidak ya!

 

2. Hubungkan ke Router Utama

Setelah memastikan router Anda mendukung mode repeater, maka cara nembak WiFi dengan router tanpa kabel  adalah dengan menghubungkan router tersebut ke komputer Anda melalui kabel LAN atau Wi-Fi.

Pastikan Anda terhubung ke router utama yang ingin Anda perluas jangkauannya.

 

3. Akses Pengaturan Router

Buka peramban web Anda dan masukkan alamat IP router, alamat IP nya sendiri biasanya menggunakan alamat ini 192.168.1.1. Atau bisa juga menggunakan alamat ini 192.168.0.1.

Di sini Anda akan dimintai untuk memasukkan user atau nama pengguna dan kata sandinya. Jika Anda tidak tahu, coba gunakan kombinasi standar seperti “admin” untuk nama pengguna dan “admin” untuk kata sandi.

 

4. Aktifkan Mode Repeater

Setelah Anda masuk ke pengaturan router, cari opsi yang mengaktifkan mode repeater atau extender.

Nama dan lokasinya bisa berbeda-beda tergantung pada merek dan model router Anda. Aktifkan mode ini dan pilih jaringan WiFi yang ingin Anda perluas.

 

5. Konfigurasi Jaringan WiFi Baru

Selanjut cara nembak WiFi dengan router tanpa kabelyang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan konfigurasi jaringan yang baru.

Anda akan diminta untuk mengonfigurasi jaringan WiFi baru untuk router repeater. Jika Anda mau, di sini Anda dapat memberikan nama (SSID) dan kata sandi yang berbeda dari jaringan utama.

Pastikan Anda mengingat kata sandi ini karena Anda akan menggunakannya untuk menghubungkan perangkat lain ke jaringan ini.

 

6. Reboot Router

Setelah semua pengaturan selesai, reboot router Anda agar dapat mengaktifkan konfigurasi yang baru. Tunggu beberapa menit, hingga nantinya router kembali hidup atau menyala.

 

7. Hubungkan Perangkat Anda

Sekarang, Anda dapat mencoba menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi yang baru saja Anda buat. Cari SSID yang Anda tentukan tadi dan masukkan kata sandi yang sesuai.

Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan terkoneksi ke jaringan WiFi yang diperluas.

 

8. Tes Jangkauan WiFi

Nah, cara nembak WiFi dengan router tanpa kabel yang terakhir adalah dengan melakukan tes pada jangkauan WiFi. Caranya dengan pindah ke area yang sebelumnya memiliki sinyal lemah atau bahkan tidak terjangkau.

Lalu lihat apakah Anda sekarang dapat terkoneksi dengan baik. Anda sekarang memiliki WiFi yang lebih luas dan kuat!

 

Fungsi Router

Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel
Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel

Setelah melihat pengertian dan bagaimana cara nembak WiFi dengan router tanpa kabel. Maka di bawah ini, Moccaapedia juga sudah merangkum apa saja fungsi router ya:

 

1. Menghubungkan ke Internet

Router adalah pintu gerbang utama yang menghubungkan rumah atau kantor ke internet. Tanpa router, Anda tidak bisa terhubung ke dunia maya.

 

2. Berbagi Koneksi

Jika Anda memiliki beberapa perangkat yang ingin terhubung ke internet, router adalah perangkat penting yang sangat Anda butuhkan.

Karena dengan bantuan perangkat ini, Anda dapat terhubung secara bersamaan tanpa kendala dan masalah yang berarti.

 

3. Menentukan Jaringan

Router juga berfungsi untuk membantu dalam menentukan jaringan yang aman dan terlindungi dengan password. Sehingga jaringan Anda akan tetap aman ya.

 

4. Mengarahkan Lalu Lintas

Router bekerja seperti polisi lalu lintas di internet yang bertugas untuk mengarahkan data dari perangkat Anda ke tempat yang benar di internet dan sebaliknya.

 

5. Memastikan Kecepatan yang Konsisten

Router juga memainkan peran penting dalam menjaga kecepatan internet Anda agar tetap konsisten. Dengan pengaturan yang benar, Anda bisa menikmati streaming video tanpa buffering atau bermain game online tanpa lag.

 

6. Kontrol Orang Tua

Beberapa router modern memiliki fitur kontrol orang tua yang memungkinkan Anda membatasi akses internet untuk anak-anak Anda.

Dengan begitu, Anda bisa membatasi waktu online anak-anak.

 

7. Koneksi Multi-Band

Router canggih dapat memiliki banyak band frekuensi yang berbeda, yang memungkinkan Anda terhubung ke sinyal yang paling kuat dan bebas gangguan.

 

8. Keamanan Jaringan

Router juga melindungi jaringan Anda dari serangan siber dan malware.

 

Nah, itulah penjelaasan lengkap mengenai perangkat Router dan bagaimana cara nembak WiFi dengan router tanpa kabel.

 

Baca Juga :   Rekomendasi Sedan Tua Klasik dan Irit BBM

Share :

Baca Juga

Super Murah, Ini Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan Spek Tinggi

TEKNOLOGI

Super Murah, Ini Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan Spek Tinggi
Apa itu Twitter Advance Search Dan Manfaatnya

TEKNOLOGI

Apa itu Twitter Advance Search? Dan Manfaatnya
Cara Berbagi Kode QR WiFi di HP Oppo yang Gampang Banget

TEKNOLOGI

Cara Berbagi Kode QR WiFi di HP Oppo yang Gampang Banget
Daftar Toko Resmi Apple di Indonesia / Sumber: Apple

TEKNOLOGI

Daftar Toko Resmi Apple di Indonesia
Think with Google Indonesia

TEKNOLOGI

Mengenal Think With Google Indonesia Beserta Toolsnya
4 Perusahaan Teknologi Informasi Terbesar, Begini Kisahnya

TEKNOLOGI

4 Perusahaan Teknologi Informasi Terbesar, Begini Kisahnya
Keamanan Siber Indonesia

TEKNOLOGI

Keamanan Siber Indonesia Peringkat 7 Asia
Manfaat Water Heater Pemanas Air Bagi Kehidupan

TEKNOLOGI

Manfaat Water Heater Pemanas Air Bagi Kehidupan