Home / TEKNOLOGI

Rabu, 23 November 2022 - 10:21 WIB

Cara Melacak dan Menemukan iPhone Hilang

- Penulis

Cara Melacak dan Menemukan iPhone Hilang (Apple)

Cara Melacak dan Menemukan iPhone Hilang (Apple)

Apple iPhone Begini Melacaknya

Moccaapedia – Apple iPhone Cara melacak dan menemukan  menjadi sesuatu yang krusial saat ini. Pasalnya iPhone menjadi salah satu pusat data dan informasi pribadi yang sangat berbahaya apabila berpindah ke tangan orang lain.

Hal tersebut membuat kehilangan atau risiko pencurian perangkat sebagai sesuatu yang perlu disikapi dengan serius. Meski begitu, data di dalam unit cenderung lebih penting dibanding fisik perangkat iPhone itu sendiri.

Beberapa fitur yang dikembangkan oleh Apple dapat meminimalkan proses pencarian yang rumit. Selain itu, terdapat beberapa langkah besar yang dapat ditempuh apabila perangkat benar-benar tidak dapat ditemukan.

Baca Juga :   Alasan dan Solusi Imbas dari TV Analog Diberhentikan

Cara Melacak dan Menemukan iPhone Hilang

Sumber: Pexels

Cara melacak dan menemukan iPhone yang hilang berada dalam satu mekanisme pencarian perangkat Apple. Metode ini memanfaatkan fitur dasar yang dikembangkan untuk setiap perangkat Apple.

Perhatikan setiap panduan di dalam konten ini dengan baik. Hindari juga mengambil keputusan terburu-buru dengan perangkat iPhone dan Apple ID Anda. Sebab terdapat potensi klaim garansi yang memungkinkan Anda mendapat penggantian unit baru.

Cari iPhone di Map

Sumber: Apple

Apple mengembangkan fitur yang dapat memberikan informasi lokasi dari perangkat terhubung dengan Apple ID. Fitur tersebut dapat digunakan untuk menemukan perangkat yang hilang atau tertinggal di lokasi tertentu.

Namun akurasi fitur ini tidak spesifik sampai dengan lokasi iPhone secara presisi. Anda hanya akan mendapatkan perkiraan area dan mencari lebih lanjut berdasarkan catatan atau ingatan tempat terakhir membawa iPhone.

Meski tidak 100% akurat, informasi tersebut tetap dapat membantu menemukan iPhone yang hilang atau tertinggal. Adapun cara mendapatkan informasi tersebut adalah dengan cara berikut ini.

  • Siapkan perangkat lain;
  • Akses halaman icloud.com/find;
  • Masuk dengan Apple ID;
  • Buka daftar perangkat;
  • Tekan detail dan dapatkan informasi lokasi iPhone.

Apabila ponsel tidak ditemukan di lokasi terakhir yang tersedia dalam aplikasi “Map”, maka terdapat kemungkinan ada pihak yang memindahkan atau mengamankan iPhone Anda. Jika hal tersebut terjadi, maka langkah lanjutan di bawah dapat ditempuh.

Tandai sebagai iPhone Hilang

Sumber: Apple

Pengguna iPhone dapat menandai perangkatnya sebagai properti yang hilang. Dengan firut ini, pemilik dapat memberi catatan pada pihak yang menemukan atau mengamankan perangkat. Adapun panduan melakukan penandaan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi “Lacak”;
  • Pilih tab “Perangkat”;
  • Gulirkan menu ke bagian bawah;
  • Pilih “Tandai sebagai Hilang”;
  • Tekan “Aktifkan”;
  • Ikuti panduan lanjutan;
  • Informasi kontak akan ditampilkan pada iPhone yang hilang;
  • Tekan “Aktifkan”.

Di dalam panduan tersebut, pemilik juga dapat memasukkan pesan dan informasi kontak yang dapat dihubungi untuk mengembalikan perangkat. Dengan mengaktifkan status perangkat hilang, iPhone Anda juga akan mengunci akses pada layanan pembayaran.

Baca Juga :   Cek DA PA Hingga Lolos Google Adsense, Ini Syaratnya!

Meski tidak menjamin kembalinya perangkat, hal tersebut dapat mengurangi risiko penyalahgunaan informasi pribadi yang tersedia di dalam iPhone. Dengan begitu, kerugian tidak bertambah besar dengan risiko transaksi asing yang tidak dikehendaki.

Buat Laporan Kehilangan

Sumber: Pexels

Apabila perangkat tidak juga dapat ditemukan dengan beberapa upaya di atas, terdapat langkah lanjutan yang bisa dilakukan. Langkah tersebut adalah dengan membuat laporan kehilangan pada pihak kepolisian.

Lampirkan nomor seri, invoice, dan IMEI perangkat saat membuat laporan kehilangan. Data-data tersebut menjadi bukti kepemilikan perangkat yang sah dan memiliki perlindungan hukum yang kuat.

Ajukan Klaim Pencurian dan Kehilangan

Sumber: Pexels

Beberapa perangkat dan kesepakatan pembelian memungkinkan adanya penggantian unit apabila terjadi kehilangan. Hal tersebut akan berbeda bagi setiap toko, transaksi, dan pelanggan. Maka mencermati kesepakatan menjadi hal yang cukup krusial dalam hal ini.

Apabila terdapat perlindungan dari AppleCare+ atas risiko pencurian dan kehilangan, maka pemilik perangkat dapat mengajukan klaim kehilangan tersebut. Setelahnya, pemilik perangkat akan mendapat penggantian unit baru.

Hapus Perangkat dari Jarak Jauh

Sumber: Apple

Anda dapat menghapus perangkat yang hilang dari Apple ID. Hal ini digunakan untuk meminimalkan potensi akses akun dari iPhone yang hilang tanpa Anda ketahui. Sebab terdapat risiko besar pencurian data dan penggunaan transaksi ilegal.

Namun apabila Anda hendak menggunakan layanan AppleCare+ untuk garansi pergantian perangkat, tunda proses penghapusan tersebut sampai dengan proses klaim disetujui. Detail perangkat dalam akun menjadi lampiran yang dibutuhkan sebagai bukti kepemilikan.

 

Demikian ulasan tentang cara mencari dan menemukan perangkat iPhone yang hilang. Langkah utama dalam proses ini adalah tidak panik dan bersikap tenang. Hindari mengambil keputusan terburu-buru, terutama dalam hal yang berhubungan dengan garansi perangkat.

Baca Juga :   5 Merk Provider WiFi Terbaik, Dijamin Lancar

 

 

Share :

Baca Juga

5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya

TEKNOLOGI

5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya
Honda V-Go Review Motor Pintar Asal Jepang

TEKNOLOGI

Honda V-Go Review Motor Pintar Asal Jepang
10 Laptop untuk Desain Grafis dengan Spek Canggih

TEKNOLOGI

10 Laptop untuk Desain Grafis dengan Spek Canggih
5 Rekomendasi Laptop Asus Untuk Mahasiswa Terbaru 2023

TEKNOLOGI

5 Rekomendasi Laptop Asus Untuk Mahasiswa Terbaru 2023
Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?

TEKNOLOGI

Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?
Cara Mudah Beralih ke Siaran TV Digital, Gratis! (Istockphoto)

TEKNOLOGI

Cara Mudah Beralih ke Siaran TV Digital, Gratis!
TV Analog Diberhentikan (Flickr)

TEKNOLOGI

Alasan dan Solusi Imbas dari TV Analog Diberhentikan
100% Berhasil, Ini Cara Merekam Layar HP Vivo Y12 dengan Suara

TEKNOLOGI

100% Berhasil, Cara Merekam Layar HP Vivo Y12 dengan Suara