Home / KULINER

Selasa, 5 September 2023 - 16:00 WIB

Rahasia Bumbu Gudeg Nangka Sunda Otentik dan Khas

- Penulis

Bumbu gudeg Nangka Sunda

Bumbu gudeg Nangka Sunda

Moccaapedia  – Bumbu gudeg Nangka Sunda memang berbeda dengan bumbu gudeg yang ada di Jogjakarta, meski begitu rasanya sama sama enak kok.

Hidangan tradisional Indonesia selalu memiliki daya tariknya sendiri. Salah satunya adalah gudeg, hidangan yang kaya akan rasa dan aroma yang memikat.

Makanan ini memiliki tempat istimewa dalam hati semua orang Indonesia dan menjadi favorit di seluruh penjuru negeri. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah, gudeg adalah hidangan yang menggugah selera.

Tapi mungkin selama ini, Anda hanya mengenal gudeg dari Jogja saja. Padahal ada juga gudeg yang berasal dari Sunda loh. Dengan resep dan bumbu yang agak berbeda. Namun tetap nikmat.

 

Baca Juga :   7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah

 

Rahasia Bumbu Gudeg Nangka Sunda yang Menggoda

Bumbu gudeg Nangka Sunda
Bumbu gudeg Nangka Sunda

Gudeg Nangka Sunda memiliki rasa yang khas berkat campuran bumbu-bumbu tradisional yang digunakan dalam proses memasaknya. Bumbu-bumbu ini menghadirkan sensasi rasa yang berbeda dan memikat, yang pasti akan menggoyang lidah.

Terdapat perbedaan pada bumbu gudeg Jogja dengan gudeg Sunda, terutama di dalam bumbunya. Dan berikut ini adalah bumbu yang jadi rahasia dari gudeg Sunda:

 

1. Santan Kelapa

Salah satu komponen utama dalam Gudeg Nangka Sunda adalah santan kelapa yang segar. Santan ini memberikan tekstur kental dan rasa gurih yang sangat lezat pada hidangan tersebut.

Tidak hanya itu, santan juga memberikan aroma yang khas yang akan membuat Anda merasa lapar begitu menciumnya.

 

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih merupakan bumbu dasar yang tidak bisa dilewatkan dalam memasak Gudeg Nangka Sunda. Kedua bahan ini mampu memberikan aroma harum dan rasa yang menggoda, serta memberikan warna yang indah pada hidangan.

 

3. Serai dan Daun Salam

Berikiutnya ada serai dan daun salam adalah dua bumbu tambahan yang memberikan sentuhan khas Sunda pada gudeg. Serai memberikan aroma segar dan sedikit pedas, sementara daun salam memberikan rasa yang unik dan tajam.

 

4. Ketumbar dan Jinten

Ketumbar dan jinten adalah bumbu rempah yang memberikan cita rasa khas Indonesia pada Gudeg Nangka Sunda. Keduanya mampu memberikan sentuhan harum dan pedas yang tak terlupakan.

 

5. Gula Aren

Gudeg Nangka Sunda memiliki rasa manis yang unik berkat gula aren yang digunakan dalam proses memasaknya. Gula aren memberikan rasa manis alami yang sempurna untuk menyeimbangkan semua rasa dalam hidangan ini.

 

Proses Memasak Gudeg Nangka Sunda

Sekarang, mari kita bahas bagaimana Gudeg Nangka Sunda yang lezat ini diciptakan. Proses memasaknya membutuhkan kesabaran dan cinta untuk menghasilkan hidangan yang sempurna. Berikut adalah langkah-langkahnya:

 

Baca Juga :   4 Makanan Khas Malta yang Unik dan Menarik

 

  • Langkah pertama adalah memilih nangka muda yang segar, lalu nangka harus dipotong kecil-kecil dan dibersihkan secara teliti.
  • Selanjutnya, Anda harus membuat bumbu dengan menumis bawang merah, bawang putih, serai dan daun salam dalam santan kelapa. Tambahkan ketumbar, jinten, dan gula aren untuk memberikan rasa yang unik pada hidangan.
  • Setelah bumbu matang, masukkan potongan nangka muda dan biarkan meresap bumbu selama beberapa jam. Proses ini memungkinkan nangka untuk menyerap semua rasa yang luar biasa dari bumbu-bumbu tersebut.
  • Gudeg Nangka Sunda harus dimasak dengan api kecil selama berjam-jam. Proses ini terbilang merupakan kunci kelezatan dan keempukan daging nangka. Selama proses memasak, jangan lupa untuk sesekali mencicipi hidangan dan menyesuaikan rasa sesuai selera Anda.
  • Gudeg Nangka Sunda biasanya tersaji dengan nasi, ayam suwir, telur rebus dan sambal. Semua bahan tersebut merupakan kombinasi yang sempurna untuk menciptakan hidangan yang lezat dan bergizi.

 

Nah, sudah tahu kan apa rahasia Bumbu gudeg Nangka Sunda yang otentik dan lezat.

 

Baca Juga :   4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih

Share :

Baca Juga

Resep Sambal Terasi yang Enak dan Lezat, Gampang Buatnya

KULINER

Resep Sambal Terasi yang Enak dan Lezat, Gampang Buatnya
14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia

KULINER

14 Makanan Khas Madura Hadirkan Citra Rasa Indonesia
5 Rekomendasi Kuliner Medan yang Lezat, Bikin Nagih!

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Medan yang Lezat, Bikin Nagih!
5 Kuliner Khas Batam, Terbuat dari Bahan Pilihan

KULINER

5 Kuliner Khas Batam, Terbuat dari Bahan Pilihan
Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih

KULINER

Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih?
Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat

KULINER

Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat
cumi saus tiram

KULINER

Resep Cumi Saus Tiram Selera, Tawarkan Kenikmatan Istimewa
Resep Martabak Kentang Lezat dan Cara Membuatnya Mudah

KULINER

Resep Martabak Kentang Lezat dan Cara Membuatnya Mudah