Home / FINANCE

Rabu, 21 Juni 2023 - 19:48 WIB

Bingung Bayar Pajak? 7 Alasan Layanan Konsultan Pajak Sangat Diperlukan

- Penulis

Konsultan pajak

Konsultan pajak

Moccaapedia – Tidak jarang seorang Wajib Pajak membutuhkan bantuan dari konsultan pajak karena beberapa faktor. Misalnya karena kesibukan yang dialami mereka kesulitan membayar pajak tepat waktu. Bisa jadi karena alasan lain seperti tidak memahami prosedur pembayaran pajak.

Hal ini sering terjadi mengingat banyaknya aturan dalam perpajakan. Apalagi peraturan tersebut menyesuaikan dengan Undang-Undang yang selalu berubah setiap tahunnya. Inilah alasan mengapa seseorang membutuhkan layanan konsultasi pajak.

 

Baca Juga :   10 Aplikasi Pinjaman Online Limit Besar dan Aman OJK

 

Alasan Butuh Jasa Konsultan Pajak

Nantinya pihak dari konsultasi pajak akan membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan perpajakan. Bagi yang baru pertama kali menggunakan layanan tersebut bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk mendapatkan konsultan tepat. Namun sebelum itu berikut alasan mengapa Anda perlu melakukan konsultasi pajak:

 

1. Meminimalisir Kesalahan

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa alasan Wajib Pajak kesulitan membayar pajak karena terlalu banyak aturan. Apalagi jika Wajib Pajak sibuk dengan pekerjaannya bisa saja tidak memiliki waktu untuk mengecek perubahan aturan pajak.

Oleh karena itu peran seorang konsultan pajak sangat dibutuhkan di sini. Sebelum membayar pajak Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu. Dengan demikian risiko mengalami kesalahan dalam penyetoran, perhitungan, dan pelaporan pajak bisa berkurang.

 

2. Efektif, Praktis, dan Efisien

Alasan berikutnya mengapa membutuhkan layanan konsultasi pajak adalah karena lebih efektif, praktis, dan efisien. Hal ini karena Wajib Pajak tidak perlu pusing menghabiskan waktu untuk menyiapkan dokumen pajak.

Semuanya akan dibantu oleh penyedia jasa konsultasi. Dengan demikian waktu Anda bisa untuk menyelesaikan pekerjaan lain.

 

Baca Juga :   5 Tips Beli IPO Saham Agar Tidak Rugi, Siapa Pemiliknya?

 

3. Terhindar dari Biaya Negosiasi

Wajib Pajak yang terlalu sibuk dengan pekerjaan seringkali melakukan kesalahan saat membayar pajak. Risikonya adalah Anda perlu melakukan negosiasi untuk mengurangi jumlah pajak terutang.

Biaya yang diperlukan untuk melakukan negosiasi sangat tinggi dan prosesnya juga lama. Anda perlu mengurus keperluan untuk pengajuan keberatan, banding, dan peninjauan kembali. Oleh karena itu, dengan bantuan layanan konsultasi pajak semua masalah dapat terselesaikan.

 

4. Tidak Memahami Aturan Pajak

Kehadiran konsultan pajak sangat membantu Wajib Pajak yang tidak memahami aturan perpajakan. Daripada salah tafsir lebih baik meminta bantuan para konsultan sebelum membayar pajak.

Sri Mulyani pernah menjelaskan bahwa dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia memiliki peraturan pajak yang paling rumit. Tidak jarang Wajib Pajak melakukan kesalahan sehingga perlu bernegosiasi.

Selain itu hal ini juga menyebabkan tingkat kesadaran Wajib Pajak menjadi semakin rendah. Hingga muncul sebuah program bernama Tax Amnesty yang bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada negara perihal peraturan pajak.

 

5. Terdapat Layanan Bimbingan Pajak

Pihak konsultan pajak akan memberikan bimbingan pajak kepada Wajib Pajak mengenai sistem perpajakan di Indonesia. Konsultan berperan sebagai penerjemah isi aturan dan hukum pajak agar dimengerti oleh Wajib Pajak.

Konsultan akan membimbing Wajib Pajak saat akan membayar pajak dan ketika mendapatkan masalah dalam perpajakan. Seorang konsultan adalah orang yang memiliki pengetahuan luas mengenai pajak sehingga Anda akan dibimbing agar tidak melakukan kesalahan.

 

6. Sebagai Wakil Wajib Pajak

Tidak hanya berperan sebagai seorang penerjemah saja, konsultan juga berperan sebagai wakil dari Anda selaku Wajib Pajak. Dengan memiliki wakil pajak Anda akan terbantu ketika mengalami kesulitan saat pembayaran.

 

7. Sebagai Penasihat

Terakhir adalah sebagai penasihat pajak terkait masalah dan ketentuan perpajakan. Contohnya adalah dokumen yang dibutuhkan dalam perpajakan, cara membayar pajak yang tepat, serta tenggat waktu pembayaran.

 

Layanan Flazztax

Salah satu layanan yang akan membantu Anda mendapatkan konsultan pajak terpercaya adalah Flazztax. Di bawah ini ada jenis layanan dan keuntungan menggunakan jasa dari Flazztax:

1. Keuntungan Menggunakan Layanan Flazztax
  • Membantu masalah perpajakan seperti mengurus laporan, mendampingi saat ada masalah, dan training pajak.
  • Harga layanan terjangkau dan bisa diakses secara online.
  • Menyediakan layanan berbagai jenis pajak seperti laporan SPT, PPh, dan PPN (hanya untuk pajak pusat).
2. Layanan Flazztax
  • Paket Individual
    Contohnya untuk pendaftaran NPWP, layanan pindah PP, laporan SPT tahunan, dan pendampingan Wajib Pajak.
  • Paket Perusahaan
    Mengurus masalah terkait laporan tahunan, laporan bulanan, private tax training, membersihkan Brevet Pajak Terapan A/B, dan pendampingan Wajib Pajak.
  • Konsultasi Pajak
    Khusus untuk layanan konsultasi pajak, Flazztax menyediakan layanan offline dan online.
  • Sengketa Pajak
    Flazztax juga menyediakan layanan untuk mengurus masalah sengketa pajak.

 

Apabila Anda membutuhkan layanan konsultan pajak terpercaya bisa bekerja sama dengan Flazztax. Flazztax merupakan pihak ketiga yang menghubungkan antara Wajib Pajak dengan layanan konsultasi pajak. Anda bisa mengunjungi situs resmi Flazztax untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Baca Juga :   Deposito Terbaik di Bank Apa Ya? Ini Rekomendasinya

Share :

Baca Juga

Alasan Bisnis Fried Chicken yang Tidak Ada Matinya

FINANCE

Alasan Bisnis Fried Chicken yang Tidak Ada Matinya
Menabung emas di Bank

FINANCE

Ini Kelebihan & Kekurangan Menabung Emas di Bank
Apa itu Bisnis Multi Level Marketing?

FINANCE

Apa itu Bisnis Multi Level Marketing? Dan Keuntungannya
Super Mudah dan Cepat Cara Cek Bantuan UMKM

FINANCE

Super Mudah dan Cepat Cara Cek Bantuan UMKM
Ide franchise dibawah 100 juta di bawah ini bisa jadi referensi bagi Anda, yang masih terbilang pemula di bidang bisnis.

FINANCE

Ide Franchise dibawah 100 Juta untuk Pemula
Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya

FINANCE

Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya
Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha

FINANCE

Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha
Apa itu Quickswap Exchange Dan Cara Kerjanya

FINANCE

Apa itu Quickswap Exchange? Dan Cara Kerjanya