Home / FINANCE

Senin, 31 Juli 2023 - 22:32 WIB

Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha

- Penulis

Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha

Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha

Moccaapedia – Asuransi bisnis adalah hal yang perlu Anda pikirkan saat membangun sebuah perusahaan. Hal ini agar usaha seseorang dapat teris berjalan. Dengan adanya asuransi akan menolong perusahaan apabila mengalami masalah.

Dengan mendaftarkan perusahaan ke pihak asuransi, asuransi akan melindungi dari kerusakan, kehilangan, dan kerugian. Di Indonesia ada banyak asuransi bisnis yang bisa Anda gunakan saat memuat bisnis.

 

Baca Juga :   Kebiasaan Untuk Stabilitas Finansial, Untuk Hidup Lebih Baik

 

Pengertian Asuransi Bisnis

Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha
Asuransi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Pengusaha

 

Pengertian asuransi bisnis adalah produk asuransi yang akan memberikan perlindungan terkait risiko perusahaan klien. Produk perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi risiko dan mengumpulkan dana.

Contoh risiko asuransi perusahaan adalah kehilangan keuntungan, biaya yang timbul dari kehilangan atau kerusakan, hingga tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga apabila pemegang polis mengalami musibah.

Kalau perusahaan Anda baik-baik saja, bisa menggunakan biaya asuransi sebagai tabungan atau simpanan perusahaan. Intinya, apabila Anda mendaftar asuransi maka akan mendapatkan banyak keuntungan dan tidak perlu khawatir jika mengalami masalah.

 

Manfaat Asuransi BisnisĀ 

Tentu saja ada banyak manfaat apabila Anda menggunakan asuransi untuk perusahaan. Manfaat di bawah ini akan terasa dalam jangka panjang sehingga keuangan perusahaan akan tetap aman. Berikut ini beberapa manfaat asuransi untuk perusahaan.

 

  1. Memberi Perlindungan Terhadap Aset Perusahaan

Manfaat asuransi bisnis yang pertama adalah untuk memberikan perlindungan terhadap aset perusahaan dari risiko yang bisa saja terjadi di masa depan. Biasanya pebisnis tersebut bergelut di industri transportasi atau properti lain yang rentan mengalami kerusakan.

Oleh itu dengan menggunakan asuransi, Anda bisa melindungi properti dari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. Apabila perusahaan mengalami masalah seperti pencurian aset, bencana alam, kebakaran, dan masalah berat lain bisa langsung mengklaim ke pihak asuransi.

Nantinya pihak asuransi akan melindungi kerugian yang timbul akibat masalah tersebut. Jadi Anda bisa tenang menjalani bisnis tanpa perlu mengkhawatirkan biaya operasional yang terjadi atas aset Anda.

 

  1. Menguatkan Pondasi Bisnis

Kegunaan asuransi bisnis selain untuk memberi perlindungan terhadap aset perusahaan adalah menguatkan pondasi bisnis. Hal ini karena langkah awal untuk menguatkan pondasi bisnis adalah dengan memiliki asuransi.

Mendaftarkan asuransi bisnis itu artinya Anda siap mengantisipasi risiko yang bisa terjadi kapan saja. Selain itu, Anda akan lebih leluasa untuk membuat inovasi baru akan bisnis semakin berkembang pesat.

Untuk mempertahankan pondasi bisnis yang sudah kuat, Anda harus konsisten melakukan mengantisipasi risiko yang terjadi. Selain itu, menggunakan asuransi untuk perusahaan juga akan memberikan dampak jangka panjang.

 

  1. Menggantikan Kerugian Bisnis yang Terjadi

Selain itu, manfaat lain dari asuransi bisnis adalah bisa menggantikan kerugian yang terjadi di kemudian hari. Semua bisnis pasti mengalami untung dan rugi, untuk itu penting bagi pemimpin perusahaan melakukan antisipasi sejak dini.

Apapun risiko yang terjadi mau besar ataupun kecil, Anda tetap harus menanggungnya. Namun apabila sudah mendaftar asuransi dan terjadi musibah di perusahaan, Anda tidak perlu menanggungnya sendirian.

Pihak asuransi yang akan mengurus semuanya sehingga Anda bisa menyelamatkan bisnis lebih awal. Tidak hanya itu, asuransi dalam bisnis juga akan membantu perusahaan agar bertahan di saat sedang terjadi masalah.

Dengan demikian Anda dapat menyelamatkan bisnis dari kebangkrutan. Menggunakan asuransi tidak hanya untuk menyelamatkan bisnis saja, tetapi juga membantu perusahaan dalam menyimpan dana cadangan.

 

Baca Juga :   Kesalahan Finansial Pasangan Baru Menikah

 

  1. Menjadi Pengusaha yang Berani

Lalu apa saja manfaat lain dari menggunakan asuransi bisnis? Anda akan menjadi pengusaha yang lebih berani. Semakin bisnis berkembang, semakin besar pula risiko yang akan Anda hadapi. Ketika ingin membesarkan bisnis, pasti akan muncul ketakutan akan risiko yang terjadi.

Hal ini banyak terjadi di kalangan pengusaha yang membuatnya takut untuk mengambil langkah. Padahal risiko bisnis dapat diredam dengan mendaftar asuransi bisnis. Misalnya Anda ingin membuka cabang di kota lain, namun keraguan masih terus membayangi.

Ketakutan tersebut harus diminimalisir dengan asuransi karena akan melindungi bisnis dari kerugian. Dengan mengurangi faktor ketakutan dan kegagalan, Anda akan lebih mudah untuk melangkah ke depan.

 

  1. Memiliki Jaminan Pengiriman

Memiliki jaminan pengiriman adalah salah satu manfaat dari mendaftarkan bisnis asuransi. Walaupun Anda pebisnis online, akan tetapi mendaftarkan asuransi perusahaan penting dilakukan. Hal ini agar bisa menguatkan penjualan secara online.

Salah satu faktor penentu kesuksesan pebisnis online adalah saat pengiriman barang. Jangan sampai proses pengiriman terganggu di tengah jalan sehingga mengecewakan konsumen. Pastikan kalau barang yang Anda kirim sampai dengan selamat ke tangan konsumen.

Apabila tidak, maka bisnis Anda akan mendapatkan nilai buruk di mata konsumen sehingga angka penjualan mengalami penurunan. Namun, hal ini tidak akan terjadi apabila Anda sudah memiliki asuransi.

Dengan asuransi Anda bisa duduk tenang hingga barang sampai ke konsumen karena apabila mengalami masalah, pihak asuransi yang langsung turun tangan. Selain itu, Anda juga bisa melebarkan sayap bisnis untuk meningkatkan angka penjualan.

 

  1. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Manfaat berikutnya dari memiliki asuransi bisnis adalah memudahkan dalam pengelolaan keuangan. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengumpulkan banyak uang khususnya untuk tujuan yang belum masuk dalam rencana.

Padahal ada banyak kebutuhan di masa mendatang yang bisa saja terjadi. Oleh karena itu penting untuk menyiapkan dana darurat sejak dini. Salah satunya dengan mendaftar asuransi bisnis agar Anda dapat mengatur keuangan dengan baik.

Khawatirnya Anda mengalami masalah yang menyebabkan kerugian besar dan perusahaan harus menanggung semua biayanya. Sebelum hal tersebut terjadi, Anda perlu melakukan antisipasi terlebih dahulu.

 

Jenis-Jenis Asuransi Bisnis

Ingin menggunakan produk asuransi tetapi masih bingung asuransi jenis apa? Anda bisa simak jenis-jenis asuransi bisnis di bawah ini agar lebih paham.

 

  1. Asuransi Keuangan

Asuransi keuangan adalah jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan atas kerugian tempat dan uang untuk setiap masalah yang terjadi. Mulai dari perampokan, pencurian, pembongkaran, kerusakan saat pengiriman barang, dan kehilangan.

Jenis asuransi keuangan terbagi lagi menjadi tiga yaitu asuransi selama pengiriman uang dari satu tempat ke tempat lain, asuransi uang dalam kotak kasir, dan asuransi uang yang tersimpan di dalam brankas.

 

  1. Asuransi Pengangkutan

Khusus pebisnis yang bergelut di bidang pengangkutan barang sepertinya cocok untuk menggunakan asuransi pengangkutan. Jenis asuransi pengangkutan ini akan memberikan keamanan selama proses pengangkutan barang lewat udara, laut, dan darat untuk semua risiko yang tertera dalam polis.

 

  1. Asuransi Penjamin Surety

Berikutnya adalah asuransi penjamin surety yang berupa perjanjian antara Perusahaan Terjamin dengan Perusahaan Penjamin demi kepentingan penjamin. Apabila dalam pelaksanaan terdapat kegagalan yang merugikan terjamin, maka penjamin perlu memberikan ganti rugi atas kegagalan tersebut.

 

  1. Asuransi Rangka Kapal

Asuransi bisnis adalah asuransi yang melindungi semua permasalahan yang terjadi pada perusahaan terkait. Salah satu jenis asuransi bisnis adalah asuransi rangka kapal yang akan memberikan ganti rugi apabila terjadi kerusakan pada rangka kapal.

 

Penting untuk memiliki asuransi bisnis agar usaha Anda bisa terus berkembang. Asuransi bisnis adalah pelindung bagi keuangan perusahaan serta membantu mengatasi masalah agar bisnis tidak bangkrut.

 

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

Share :

Baca Juga

Investasi Emas Aman, Apakah Benar?

FINANCE

Investasi Emas Aman, Apakah Benar?
Cara Daftar Akun Free Swap Trading

FINANCE

Promo Terbatas dan Cara Daftar Akun Free Swap Trading DCFX
Potensi Shiba Inu Meme Coin dan Analisisnya di Tahun 2023

FINANCE

Potensi Shiba Inu Meme Coin dan Analisisnya di Tahun 2023
Ini Loh, Cara Cairkan Poin Allo Bank 100% Gampang

FINANCE

Ini Loh, Cara Cairkan Poin Allo Bank 100% Gampang
5 Jenis Tabungan BRI beserta Syarat dan Keunggulan

FINANCE

5 Jenis Tabungan BRI beserta Syarat dan Keunggulan
Ternyata Segini Besaran Gaji Regsosek BPS

FINANCE

Ternyata Segini Besaran Gaji Regsosek BPS
Cara Mencairkan Gopay Paylater

FINANCE

Cara Mencairkan Gopay Paylater Mudah dan 100% Berhasil
Kesalahan Finansial bagi Karyawan

FINANCE

Kesalahan Finansial bagi Karyawan yang Jarang Disadari