Home / KULINER

Sabtu, 15 April 2023 - 13:08 WIB

Apa Saja? 7 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Kangen

- Penulis

Apa Saja? 7 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Kangen

Apa Saja? 7 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Kangen

Moccaapedia – Hari Raya Idul Fitri ada di tanggal 1 Syawal tepatnya sebulan setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Lebaran atau Idul Fitri adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga seperti menikmati makanan khas lebaran bersama.

Ada banyak sekali rekomendasi makanan lebaran yang hanya dimasak satu tahun sekali. Jelas saja makanan saat lebaran adalah hidangan yang membuat rindu kampung halaman. Berikut ini rekomendasi masakan saat lebaran.

 

Baca Juga :   10 Rekomendasi Burger UNS Lezat 100% Halal

 

Makanan Khas Lebaran

Makanan berat saat lebaran biasanya tidak hanya untuk keluarga saja, terkadang ada orang yang menyuguhkannya untuk tamu. Jika Anda tidak tahu akan memasak apa bisa melihat rekomendasi makanan di bawah ini.

 

1. Opor Ayam

Opor ayam adalah salah satu makanan yang sering dihidangkan saat lebaran. Opor ayam cocok sekali dinikmati dengan nasi atau ketupat. Akan tetapi opor ayam juga sering dihidangkan sehari-hari oleh orang Indonesia.

Sama dengan namanya bahan utama dari pembuatan makanan ini adalah ayam. Ayam tersebut direbus dengan kuah santan dan ditambah dengan bumbu-bumbu lain seperti garam, kunyit, kencur, serai, dan santan kelapa.

Kalau di hari-hari biasa opor ayam juga dijual di restoran atau warung dan harganya bervariasi. Ada yang menjualnya seharga Rp 8.000, harga ini sangat murah bukan untuk ukuran makanan selezat opor ayam?

 

2. Kentang Ati dan Sambal Goreng

Rekomendasi makanan khas lebaran berikutnya adalah campuran sambal goreng dengan kentang ati. Sambal adalah pelengkap makanan yang harus ada sebagai pendamping makanan seperti kentang ati.

Cara pembuatannya adalah siapkan kentang lalu potong kotak-kotak seperti dadu. Kemudian dicampur dengan ati ampela yang dipotong dadu. Makanan yang berasal dari Indonesia ini bisa disantap dengan nasi.

Apabila di warung makan kentang ati sambal goreng ini dijual dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 10.000 per porsi.

 

3. Gulai Sayur

Untuk Anda yang suka mengkonsumsi daging bisa memasak gulai sayur. Gulai sayur terbuat dari bayam, nangka, daun singkong, dan sayuran hijau lainnya. Bahan tambahan lainnya adalah kunyit, bawang, lengkuas, jahe, ketumbar, dan santan.

Kuah santan yang dihasilkan memiliki rasa yang lezat apalagi ditambah dengan sayuran segar lainnya. Gulai sayur juga banyak dijual di restoran atau warung-warung terdekat dengan harga Rp 10.000.

 

4. Sayur Labu Siam

Sayur labu siam adalah rekomendasi makanan khas lebaran yang bisa menjadi alternatif untuk Anda. Labu siam merupakan jenis sayuran yang terbuat dari kuah santan dan bumbu-bumbu lain.

 

Baca Juga :   7 Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat

 

Ada bumbu ketumbar, kemiri, bawang, dan garam. Biasanya labu siam dihidangkan bersamaan dengan ayam goreng, rendang, dan opor ayam. Jika Anda membeli di warung harga sayur labu siam adalah Rp 3.000 saja.

 

5. Ketupat

Lebaran terasa kurang tanpa adanya ketupat. Ketupat adalah makanan yang terbuat dari beras dan dikukus sebagai pengganti nasi. Ketupat dibungkus dengan menggunakan daun, plastik, atau janur. Namun kebanyakan ketupat dibungkus dengan janur.

Ketupat hampir sama dengan nasi akan tetapi teksturnya lebih padat. Ada banyak jenis ketupat yang bisa Anda buat seperti kupat glabed, kupat tahu, dan jenis kupat lainnya. Menu ini adalah salah satu jenis makanan yang sering dihidangkan saat lebaran.

 

6. Rendang

Rekomendasi makanan khas lebaran lainnya adalah rendang yang berasal dari Padang. Makanan yang tidak hanya disajikan saat lebaran ini sudah dikenal oleh dunia. Rendang adalah makanan yang terbuat dari daging sapi dan rasanya sangat lezat.

Ada juga rendang yang terbuat dari daging kambing dan dimasak menggunakan rempah-rempah. Proses memasaknya membutuhkan waktu lama sekitar 6 jam yang dicampur dengan santan kelapa.

 

7. Semur

Terakhir adalah semur yang merupakan makanan berkuah dan berwarna coklat pekat. Makanan ini terbuat dari bawang putih, bawang merah, pala, dan rempah-rempah lainnya. Ada isiannya berupa kentang, daging ayam, dan daging sapi.

Selain itu isiannya adalah tempe, tahu, telur, ikan, dan bahan lainnya. Jika dijual di restoran harganya Rp 15.000.

Ada banyak pilihan makanan khas lebaran yang bisa Anda buat. Menyantap masakan di hari lebaran bersama keluarga besar adalah momen yang jarang terjadi. Oleh karena itu makanan yang disiapkan harus spesial.

 

Baca Juga :   3 Cara Membuat Cendol yang Lembut dan Kenyal di Rumah

 

Apa Saja? 7 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Kangen

Share :

Baca Juga

5 Rekomendasi Kuliner Medan yang Lezat, Bikin Nagih!

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Medan yang Lezat, Bikin Nagih!
Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo

KULINER

Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo
Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!

KULINER

Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!
Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat (Eduas.tv)

KULINER

7 Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat
5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama

KULINER

5 Jenis Roti Lezat, Bikin Kenyang Lebih Lama
apa itu pengolahan makanan

KULINER

Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya
Resep Pie Buah Tintin Reyner dan Cara Membuatnya 100% Mudah

KULINER

Resep Pie Buah Tintin Reyner dan Cara Membuatnya 100% Mudah
Solusi Cari Resep Makan Malam: Enak, Mudah, dan Terjangkau

KULINER

Solusi Cari Resep Makan Malam Enak, Mudah, dan Terjangkau