Home / KULINER

Rabu, 5 Juli 2023 - 22:44 WIB

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi Praktis, Cocok Untuk Diet

- Penulis

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi, Dijamin Sehat

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi, Dijamin Sehat

Moccaapedia – Memilih menu sarapan pagi tidak bisa sembarangan karena harus mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan sebagainya. Hal ini karena tubuh Anda membutuhkan nutrisi seimbang.

Banyak orang yang sering melupakan sarapan dan menganggap bahwa sarapan tidak penting. Padahal melewatkan sarapan bisa membahayakan kesehatan. Walaupun Anda sedang melakukan diet, sebaiknya tidak melupakan sarapan.

 

Baca Juga :   3 Cara Membuat Cendol yang Lembut dan Kenyal di Rumah

 

Menu Sarapan Pagi

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi, Dijamin Sehat
9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi, Dijamin Sehat

 

Ada banyak rekomendasi menu untuk sarapan pagi yang bisa Anda coba. Agar tidak bosan, Anda bisa mencobanya satu persatu. Sebagian orang menyukai makann berat seperti nasi, namun ada juga yang suka mengonsumsi makanan ringan. Berikut ini beberapa rekomendasi menu sarapan:

 

  1. Pisang

Menu sarapan pagi diet khusus untuk Anda adalah buah-buahan seperti pisang. Pisang merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi dan manfaat. Berikut ini beberapa khasiat dari sarapan dengan buah pisang:

  • Dapat Melancarkan Metabolisme

Apabila Anda mengalami masalah dalam metabolisme bisa rutin mengkonsumsi pisang. Tidak perlu menggunakan obat karena dengan mengkonsumsi pisang Anda bisa lancar buang air besar. Buah pisang akan membantu Anda untuk membuang sisa-sisa dalam tubuh.

  • Membantu Mengatasi Hipertensi

Tidak hanya melancarkan metabolisme saja, pisang juga dapat mengatasi hipertensi. Hal ini karena adanya kandungan kalium yang dapat membantu menyeimbangkan kadar elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil.

 

  1. Alpukat

Menu sarapan pagi berikutnya adalah dengan buah alpukat. Alpukat merupakan menu sarapan yang bisa Anda konsumsi sebagai makanan pengganti pisang. Buah ini memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh seperti berikut ini:

  • Membantu Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Buah alpukat memiliki kandungan karbohidrat dan serat tinggi sehingga membuat Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata, tetapi juga alpukat. Selain mengandung serat dan karbohidrat, alpukat juga memiliki kandungan lutein dan zeaxathin yang bersifat sebagai antioksidan sehingga mengurangi risiko gangguan penglihatan.

 

  1. Gandum Utuh

Gandum utuh termasuk salah satu daftar menu sarapan pagi yang sehat. Tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Gandum merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan bagi Anda yang sedang diet. Berikut beberapa manfaat dari gandum:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas
  • Mengurangi risiko terjadinya peradangan kronis
  • Sebagai obat penyakit sembelit
  • Bagi orang yang sedang diet Anda bisa merasa kenyang lebih lama

 

  1. Selai Kacang

Selai kacang adalah menu sarapan pagi yang dapat dikombinasikan dengan buah apel atau mengoleskannya pada roti. Tentu saja selai kacang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti:

  • Bisa Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Tidak hanya gandum saja yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, melainkan juga selai kacang. Selai kacang memiliki kandungan berupa serat dan lemak tinggi sehingga perut tidak akan cepat lapar.

  • Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Manfaat berikutnya adalah menjaga berat badan agak ideal karena Anda tidak cepat lapar. Selai kacang mengandung kalori dan lemak yang tidak membuat berat badan cepat naik. Orang-orang yang rutin mengkonsumsi selai kacang bisa memiliki bentuk tubuh ideal.

  • Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Terakhir adalah bermanfaat baik bagi sistem metabolisme tubuh. Hal ini berkat adanya kandungan protein yang bisa menjaga massa otot.

 

  1. Sereal

Kalau Anda ingin mencoba menu sarapan pagi sehat lainnya bisa membuat sereal saja. Sereal adalah makanan favorit anak-anak, akan tetapi bukan berarti orang dewasa tidak boleh mengkonsumsinya.

Menu sarapan berupa sereal adalah ide cemerlang buat Anda yang super sibuk karena proses pembuatannya cepat. Walaupun begitu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan apabila mengkonsumsi sereal yaitu:

  • Memilih Sereal dengan Kandungan Serat Tinggi

Sebaiknya Anda membeli sereal yang memiliki kandungan serat tinggi yaitu 3 gram agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Kalau memang tidak menemukan sereal dengan kandungan serat tinggi, Anda bisa mengkonsumsi sereal dengan buah.

  • Membatasi Konsumsi Gula

Membatasi konsumsi gula akan membantu menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Selain kandungan serat, Anda juga perlu memperhatikan kandungan gula dalam sereal tersebut.

 

Baca Juga :   Resep Olahan Gurita Khusus untuk Keluarga di Rumah

 

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang jarang sekali diminati orang karena rasanya hambar. Walaupun begitu, Anda tetap bisa menambahkan buah-buahan atau madu agar rasanya manis. Di bawah ini ada beberapa manfaat sarapan dengan oatmeal:

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat dari oatmeal adalah untuk mengontrol kadar kolesterol tubuh agar tetap seimbang. Makanan ini mengandung zat beta gulacon yang berperan sebagai penghambat kolesterol jahat.

  • Menjadi Sumber Energi

Buat orang yang sering aktivitas di luar rumah tentu membutuhkan asupan energi lebih. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsi oatmeal karena memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Selain itu, proses penyerapan oatmeal juga perlahan.

 

  1. Sandwich

Rekomendasi menu sarapan pagi berikutnya adalah sandwich yang berupa roti. Anda bisa membawa bekal sandwich untuk pergi sekolah atau bekerja. Makanan berupa roti ini memiliki rasa yang lezat dan banyak manfaat.

Sandwich dengan roti gandum bermanfaat untuk menstabilkan kondisi gula darah karena mengandung vitamin B kompleks. Selain itu, kalau Anda menambahkan setengah butir telur juga baik kesehatan.

Telur kaya akan protein sehingga mampu memperbaiki jaringan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan. Telur juga mengandung vitamin B, D, dan A, serta zat besi. Agar tidak terlalu hambar Anda bisa menambahkan keju cheddar yang aman untuk kesehatan.

 

  1. Salad Buah

Manfaat salad buah tidak perlu diragukan lagi karena seperti yang Anda tahu buah kaya akan vitamin. Sehingga salad buah cocok untuk menjadi menu santapan di pagi hari. Buah apel, anggur, jeruk, dan mangga kaya akan vitamin.

Mengkonsumsi salad buah juga akan memenuhi kebutuhan mineral bagi tubuh. Hal ini karena buah melon pada salad memiliki kandungan mineral tinggi. Tidak heran setelah makan salad Anda merasa segar.

Kalau merasa rasa manis pada buah-buahan masih kurang, Anda bisa menambahkan topping seperti susu full cream, keju parut, dan susu kental manis. Namun pastikan bahwa buah yang Anda konsumsi itu masih segar.

 

  1. Onigiri

Menu sarapan pagi terakhir adalah onigiri yang sangat direkomendasikan untuk pecinta makanan berat. Onigiri merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi kepal dan rumput laut. Anda tidak perlu membeli onigiri karena bisa membuatnya sendiri.

Onigiri juga bisa menjadi bekal makan siang karena lebih hemat. Makanan rumput laut ini juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Cara membuatnya mudah dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan yang terdapat pada onigiri adalah protein dan karbohidrat. Kedua kandungan tersebut didapatkan dari daging, ikan, atau ayam. Hanya dengan mengkonsumsi satu onigiri saja, Anda sudah mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

 

Mempersiapkan menu sarapan pagi untuk keesokan hari akan membantu Anda agar tidak melewatkan sarapan. Sarapan adalah aktivitas penting agar memiliki energi sebelum beraktivitas.

 

Baca Juga :   5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Manusia

Share :

Baca Juga

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit

KULINER

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit
Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo

KULINER

Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo
Makanan Tempo Dulu (Detikfood)

KULINER

7 Makanan Tempo Dulu yang Sudah Jarang Ditemui
apa itu pengolahan makanan

KULINER

Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya
Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih

KULINER

Resep Puding Nutrijel Leci Warnanya Apa Saja Selain Putih?

KULINER

Tepung Maizena Terbuat dari Apa? Ini Jawaban dan Olahannya!
7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah

KULINER

7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah
Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang

KULINER

Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang