Home / KESEHATAN

Senin, 13 November 2023 - 16:34 WIB

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

- Penulis

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

Moccaapedia – Pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa sembuh dengan sendirinya apabila Anda menjaga kesehatan dengan baik. Kalau penyakit ini masih tidak sembuh juga bisa mencoba obat pilek alami yang mudah didapatkan.

Biasanya pilek bisa sembuh sendiri dalam jangka waktu 7 sampai 10 hari kalau kondisinya tidak terlalu parah. Hanya saja, kalau Anda merasa terganggu dengan pilek tersebut bisa mengkonsumsi obat-obatan alami.

 

Baca Juga :   Gejala Alergi Susu Formula, Penyebab, dan Cara Mengatasi

 

Obat Pilek Alami

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan
7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

Adapun gejala dari pilek adalah demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan mengalami hidung tersumbat. Pilek adalah penyakit yang bisa diatasi dengan obat-obatan dari dokter atau mengkonsumsi obat pilek alami di bawah ini.

 

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C dan terbilang ampuh untuk mengatasi penyakit pilek. Dengan mengkonsumsi jeruk maka pilek akan lebih cepat sembuh dan perlahan-lahan penyakit Anda akan semakin mereda.

Makanan yang kaya akan vitamin C seperti paprika, kentang, brokoli, dan stroberi. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin agar mendapatkan manfaat yang maksimal sehingga pilek akan segera membaik.

 

  1. Madu

Adapun obat pilek alami lain yang bisa Anda konsumsi adalah madu dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak yang usianya di atas satu tahun dan orang dewasa. Madu adalah bahan yang memiliki kandungan berupa antioksidan, antiradang, dan antimikroba sehingga sangat ampuh mengatasi pilek.

Cara mengkonsumsinya sangat mudah karena Anda tinggal mencampurkan madu dengan air bisa juga dengan teh hangat. Namun, agar lebih cepat Anda bisa langsung mengkonsumsi madu tersebut dan rasakan khasiatnya.

 

  1. Jahe

Selain jeruk dan madu, Anda juga bisa mengkonsumsi jahe sebagai obat dalam mengatasi pilek. Di dalam jahe terdapat kandungan berupa senyawa gingerol sehingga sangat ampuh untuk membasmi pilek karena virus atau bakteri.

Cara mengkonsumsinya adalah dengan mencampurkan jahe tadi dengan teh hangat atau ke masakan dan nantinya jahe akan bekerja dengan baik dalam mengatasi pilek yang menyerang Anda.

 

Baca Juga :   5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Manusia

 

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu obat pilek alami yang di dalamnya terdapat kandungan berupa senyawa allicini dan sifatnya adalah sebagai antibakteri. Manfaat dari bawng putih adalah dapat menurunkan gejala penyakit pilek serta mempercepat proses penyembuhannya.

Cara mengkonsumsinya adalah Anda bisa langsung memakan bawang putih begitu saja atau dengan menjadikannya campuran dalam bahan masakan.

 

  1. Daun Mint

Mungkin Anda sudah tahu bahwa daun mint adalah salah satu tanaman yang kaya akan kandungan menyehatkan. Salah satu manfaat dari daun mint adalah untuk mengatasi masalah hidung tersumbat atau pilek.

Daun mint adalah tanaman yang berperan sebagai dekongestan yaitu dengan mengurangi gejala penyakit pilek. Ketika Anda meminum daun mint maka akan muncul rasa hangat mengalir dalam tenggorokan yang membuat saluran pernapasan menjadi lega.

 

  1. Ginseng

Selain berperan sebagai bahan makanan, ginseng juga merupakan obat pilek alami yang bisa Anda coba. Manfaat mengkonsumsi ginseng adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan lebih mudah menyerang bakteri atau virus penyebab pilek.

Cara mengkonsumsinya adalah Anda bisa langsung mencampurkan ginseng dengan makanan dan minuman lalu rasakan sensasinya.

 

  1. Akar Manis

Terakhir adalah Anda juga bisa mengkonsumsi akar manis yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Di dalamnya terdapat kandungan zat aktif bernama glycyrrhetinic dan glycyrrhizin.

Kedua zat tersebut berguna untuk ekspektoran dan antiradang sehingga dapat meminimalisir gejala pilek dengan mengurangi produksi mukus di saluran pernapasan.

 

Ketujuh obat pilek alami di atas akan membantu Anda untuk mengurangi gejala pilek dengan cepat dan mudah. Anda perlu mengkonsumsinya secara rutin agar pilek bisa cepat sembuh.

 

Baca Juga :   Cara Merawat Kulit yang Tepat, Mudah, Tanpa Banyak Biaya!

Share :

Baca Juga

Jadwal MPASI Pertama dan Tips untuk Ibu Muda

KESEHATAN

Jadwal MPASI Pertama dan Tips untuk Ibu Muda
Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan

KESEHATAN

Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan
Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1

KESEHATAN

Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa
15 Makanan yang Mengandung Kalsium, Dijamin Sehat

KESEHATAN

15 Makanan yang Mengandung Kalsium, Dijamin Sehat
Menjaga Kesehatan Liver (Shutterstock)

KESEHATAN

Buah dan Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Liver
Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?

KESEHATAN

Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

KESEHATAN

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

KESEHATAN

Peran Dancow Parenting Reward untuk Orang Tua