Home / KULINER

Rabu, 21 Desember 2022 - 10:15 WIB

5 Pusat Kuliner Palembang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

- Penulis

5 Pusat Kuliner Palembang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi / Shutterstock

5 Pusat Kuliner Palembang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi / Shutterstock

Moccaapedia – kuliner, Suatu daerah tentu memiliki kuliner yang menjadi khas dari daerah tersebut. Salah satunya ada kota Palembang yang memiliki banyak kuliner khas yang menarik. Dimana, kota yang didalamnya terdapat Sungai Musi tersebut, kerap dikunjungi oleh orang dari luar daerah. Terdapat pusat kuliner Palembang yang wajib dikunjungi, mari simak yang berikut.

 

Baca Juga :   Resep Cumi Saus Tiram Selera, Tawarkan Kenikmatan Istimewa

 

5 Makanan Khas Palembang yang Terkenal

 

1.     Mie Celor 26

Mengunjungi suatu daerah, tentu tidak afdhal rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya. Dimana, kota Palembang ini memiliki beberapa makanan atau kuliner khas, salah satunya ada Mie Celor. Untuk makanan satu ini memiliki cita rasa unik yang disajikan dengan kuah kental serta mie yang kenyal.

 

Mie celor ini, berbeda dengan kuliner mie pada umumnya, karena dibuat dengan berbagai rempah -rempah, sehingga memiliki rasa yang nikmat. Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai toping seperti telur rebus, udang, tauge, ebi, dan lainnya. Campuran kuah dari santan dan kaldu udang, membuat rasanya semakin gurih.

 

2.     Pempek Candy dan Pempek Vico

Ketika membahas mengenai kuliner Palembang, tentu tidak terlepas dari Pempek. Selain mie celor, adapula makanan yang sangat khas dari Palembang adalah Pempek. Bahkan, pempek ini merupakan salah satu makanan wajib dinikmati oleh penduduk lokal ketika pagi, atau dinamakan dengan istilah hirup cuko.

 

Pempek ini merupakan olahan ikan yang digiling dengan dicampuri tepung dalam perbandingan tertentu. Kemudian, di dalamnya bisa diisi dengan telur, yang dimasakh dengan direbus maupun di goreng. Dalam penyajiannya, pempek dinikmati menggunakan air cuko. Terdapat pusat kuliner pempek yang bisa didapat di Palembang, salah satunya Candy, Vico, SAGA, dan lainnya.

 

3.     Pasar Cinde

Ketika mengunjungi kuliner daerah, tentu hal yang cukup banyak jadi tujuan adalah pusat kuliner. Dimana, daerah Palembang ini terdapat tempat khas yang menjual berbagai kuliner khas Palembang yakni Pasar Cinde. Di dalamnya, terdapat berbagai makanan khas yang wajib dicoba, seperti es kacang merah dan godo-godo.

Baca Juga :   Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya

Untuk tempat pusat kuliner ini juga tidak jauh dari ikon wisata Palembang, apalagi kalau bukan Jembatan Ampera. Disini, pengunjung dapat menikmati semua makanan yang ada di Palembang mulai dari makanan ringan sampai berat. Tentunya sangat menarik untuk menjadi oleh-oleh.

4.     Martabak Har

Di Palembang juga ada Martabak yang wajib di coba. Dimana, salah satu tempat martabak yang cukup legendaris dan menjadi favorit banyak orang adalah martabak har. Tempat ini berdiri dari tahun 1947 yang menyajikan martabak dengan ciri khas tertentu.

 

Martabak telur yang dibuat di kedai martabak Har ini adalah terdapat siraman kuah kari yang menggugah selera. Adapun untuk isian martabaknya ada beragam seperti daging sapi, ayam, daging kambing, bebek, dan lainnya. Selain itu, terdapat bumbu rahasia yang membuatnya semakin gurih dan banyak diminati.

 

5.     Riverside Restaurant

Kota Palembang menyimpan berbagai sejarah dengan berbagai wisata yang cukup menarik. Dimana, salah satu hal yang mengagumkan adalah adanya sungai terbesar di Indonesia yakni Sungai Musi. Dimana, Sebagian besar wilayah Palembang dialiri oleh aliran sungai Musi.

 

Nah, ketika mengunjungi Palembang tidak afdhal kalau tidak menikmati suasana sungai Musi dengan makanan khasnya. Untuk itu, bisa mengunjungi Riverside restaurant yang bisa menjadi pusat kuliner di Palembang. Disini, tersedia berbagai menu makanan khas Palembang dan juga berbagai masakan nusantara yang nikmat.

 

Demikian, beberapa rekomendasi pusat kuliner di Palembang yang bisa dicoba. Tentunya, mengunjungi suatu kota, tidak puas rasanya jika tidak menikmati kuliner khasnya. Di Palembang sendiri, memiliki berbagai keunikan makanan dengan cita rasa unik dan nikmat.

Baca Juga :   3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

Share :

Baca Juga

Snack Huruf A Aneka Camilan Memanjakan Lidah

KULINER

Snack Huruf A: Aneka Camilan Memanjakan Lidah
Omela Cappucino

KULINER

Resep Cappuccino ala Cafe Pakai Omela Foaming Milk yang Enak
4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus

KULINER

4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus
9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!

KULINER

9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!
ANEKA JAJANAN MALAM KEKINIAN

KULINER

Aneka Jajanan Malam Kekinian untuk Melepas Penat
5 Makanan Khas Cirebon dngan Keanekaragaman Rasa

KULINER

5 Makanan Khas Cirebon dengan Keanekaragaman Rasa
Hanya Butuh 5 Langkah, Berikut Cara Bikin Thumbprint Coocies

KULINER

Hanya Butuh 5 Langkah, Berikut Cara Bikin Thumbprint Coocies
10 Makanan Terpedas di Dunia, Menu Andalan Pencinta Pedas

KULINER

10 Makanan Terpedas di Dunia, Menu Andalan Pencinta Pedas