Home / KESEHATAN

Minggu, 17 September 2023 - 17:54 WIB

11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai

- Penulis

11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai

11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai

Moccaapedia – Semua jenis penyakit kulit yang menyerang manusia bisa diobati dengan cara-cara tertentu. Kulit adalah anggota tubuh yang rentan mengalami masalah karena mudah terpapar virus, bakteri, dan kotoran.

Ada beberapa penyakit kulit yang bisa sembuh dengan sendirinya, hanya saja ada beberapa yang membutuhkan perawatan khusus. Ciri-cirinya adalah apabila mulai muncul gejala serius pada kulit sehingga membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

 

Baca Juga :   Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

 

Jenis Penyakit Kulit

11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai
11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai

 

Dengan mengetahui apa saja penyakit kulit yang bisa menyerang manusia, And akan berhati-hati saat merawat kulit. Namun sebelum itu, cari tahu dulu apa saja contoh penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja.

 

  1. Eksim

Jenis penyakit kulit eksim adalah suatu kondisi yang biasa terjadi pada anak usia dini atau bayi dan bisa bertahan hingga tumbuh dewasa. Apabila eksim dibiarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.

Gejala yang muncul di kulit ketika eksim muncul adalah kulit tampak berkerak atau bersisik, munculnya lepuhan dengan cairan, kulit memerah dan gatal, hingga membengkak. Bahkan akibat garukan tersebut bisa menimbulkan luka.

Adapun pengobatan eksim bisa dengan menggunakan pelembab kulit dari dokter, menggunakan krim kortikosteroid, dan topikal atau antihistamin oral.

 

  1. Cold Sore

Berikutnya adalah cold sore yang bisa muncul karena adanya infeksi herpes simplex virus. Sebenarnya penyakit ini bisa membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu 2 sampai 4 minggu tanpa menggunakan pengobatan dokter.

Adapun gejala yang muncul adalah bibir tampak kemerahan dan membengkak, rasa gatal, dan munculnya reaksi terbakar di kulit. Gejala tersebut juga bisa menyebar ke anggota tubuh yang lain apabila semakin parah.

Pengobatan yang bisa dilakukan hanyalah menggunakan obat-obatan dari dokter seperti valasiklovir, famsiklovir, dan asiklovir.

 

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah jenis penyakit kulit autoimun yang terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kuku, punggung, lutut, siku, dan kulit kepala. Gejala utama yang menandakan psoriasis adalah rasa gatal yang cukup intens dan munculnya plak di siku, lutut, punggung, serta kulit kepala.

Selain itu, penderita juga mengalami ruam kulit dan kulit kering serta peradangan. Adapun cara mengobatinya adalah dengan cyclosporine untuk menghambat sistem kekebalan tubuh dan methotrexate yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel berlebih.

Dokter juga akan memberikan terapi cahaya UVB atau PUVA serta mengoleskan salep dan krim. Salep tersebut memiliki kandungan berupa vitamin D analog, asam salisilat, dan kortikosteroid.

 

  1. Jerawat

Jerawat adalah permasalahan yang kerap kali muncul dan meresahkan banyak orang khususnya wanita. Hal ini karena jerawat bisa merusak kepercayaan diri seseorang sebab lebih sering muncul di area wajah.

Penyakit kulit ini muncul karena adanya produksi minyak berlebih di bagian kelenjar sebaceous. Adapun faktor lainnya adalah terjadi pertumbuah bakteri dan penyumbatan folikel rambut. Gejala fisik yang muncul adalah tampak benjolan berwarna merah dan sakit ketika Anda menyentuhnya.

Pengobatan untuk jenis penyakit kulit ini adalah dengan obat-obatan khusus atau menjaga gaya hidup sehat. Anda bisa menggunakan obat totol dengan bentuk krim atau gel yang memiliki kandungan berupa benzoil peroksida.

Selain itu, bisa juga menggunakan suntik jerawat dengan injeksi kortikosteroid dan menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan asam salisilat.

 

  1. Dermatitis Seboroik

Berikutnya adalah dermatitis seboroik yang memiliki nama lain eksim seboroik. Penyakit kulit ini adalah kondisi kulit kronis yang bisa mempengaruhi kulit kepala. Hanya saja penyakit ini bisa menyebar ke anggota tubuh yang lain seperti lipatan tubuh dan punggung.

Gejala dermatitis seboroik adalah seperti ketombe yang bisa menyebabkan kepala bersisik dan gatal. Selain itu, bagian tubuh di sekitar wajah dan telinga seperti alis juga terasa sanga gatal. Kulit akan tampak meradang, bersisik, dan berminyak.

Cara mengobati dermatitis seboroik adalah dengan menggunakan terapi sinar, sampo antijamur, dan mengoleskan krim bakteri sesuai dengan anjuran dari dokter Anda.

 

Baca Juga :   Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

 

  1. Bisul

Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan jenis penyakit kulit satu ini? Bisul adalah kondisi yang sangat umum terjadi dan dialami oleh banyak orang. Bisul terjadi karena adanya infeksi yang menyerang bagian kelenjar minyak.

Hati-hati karena penyakit ini bisa menular dengan melakukan kontak fisik ke area yang mengenai bisul. Gejala bisul adalah muncul mata bisul berwarna putih atau kuning, menular lewat kontak fisik atau cipratan cairan yang muncul dari dalam, dan muncul bintik gelembung merah yang terasa nyeri.

 

  1. Cacar Air

Kondisi kulit lain yang sering terjadi dan menular adalah cacar air dan sering terjadi pada anak-anak. Tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga mengalami cacar air. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi virus Varicella zoster. Cacar air bisa menular ke siapa saja ketika kondisi imun seseorang tampak lemah.

Gejala-gejala cacar air adalah muncul bintik pada kulit berisi cairan dan warnanya merah, penderita mengalami demam, muncul ruam, bintik-bintik yang keluar bisa melepuhkan kulit. Apabila cacar air sudah membaik, biasanya akan meninggalkan bekas luka yang dalam.

 

  1. Kurap

Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang berkembang di bagian kulit. Jamur suka bagian kulit yang tampak lembab dan hangat karena bisa berkembang biak seperti sela-sela jari.

Gejala munculnya kurap adalah timbul semacam lingkaran yang tampak menonjol dan bersisik serta berwarna merah. Rasanya gatal dan bisa semakin bertambah lebar apabila tidak segera Anda tangani.

 

  1. Kudis

Jenis penyakit kulit kudis bisa terjadi karena adanya kutu kulit di lapisan kulit paling luar sehingga muncul semacam jerawat dan gatal. Anda bisa menularkan penyakit ini ke orang lain apabila melakukan kontak fisik secara langsung atau menggunakan barang yang sama.

Gejala yang muncul karena kudis adalah rasanya gatal terlebih saat malam hari, sering ditemukan pada orang yang tinggal bersama seperti asrama, pengungsian, dan barak. Selain itu, muncul seperti jerawat di bagian tangan dan area lipatan tubuh.

 

  1. Vitiligo

Ada lagi namanya vitiligo yang merupakan penyakit kulit karena adanya kelainan. Vitiligo bisa menyerang manusia apabila tubuhnya mengalami kekurangan melanin karena autoimun. Dampak dari vitiligo adalah warna kulit menjadi tidak merata seperti munculnya uban pada rambut, alis, dan bulu mata.

Gejala munculnya vitiligo adalah bisa muncul di anggota tubuh manapun khususnya jika terkena sinar matahari langsung. Selain itu, munculnya bercak putih secara bertahap di jangka waktu yang panjang hingga bertahun-tahun.

 

  1. Biduran

Terakhir adalah biduran yang ditandai dengan kemunculan benjolan merah dan rasanya sangat gatal. Salah satu faktor penyebab biduran adalah debu dan cuaca. Biduran adalah penyakit yang bisa sembuh sendiri.

Namun, untuk mengurangi rasa gatal, Anda bisa mengompresnya menggunakan air dingin, menggunakan bedak tabur anti gatal, atau mengkonsumsi obat-obatan dari dokter. Gejala biduran adalah bereaksi terhadap alergen tertentu, ukurannya bervariasi, dan sangat gatal.

 

Dengan mengetahui apa saja jenis penyakit kulit, Anda bisa berhati-hati ketika melakukan interaksi dengan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan badan agar terbebas dari kuman.

 

Baca Juga :   5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Share :

Baca Juga

Manfaat Madu Temulawak Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Manfaat Madu Temulawak Bagi Kesehatan
Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat

KESEHATAN

Tips Mengatasi Jerawat dengan Alami Agar Wajah Sehat
8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

KESEHATAN

8 Dampak Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
14 Makanan untuk Darah Tinggi yang Menyehatkan

KESEHATAN

14 Makanan untuk Darah Tinggi yang Menyehatkan
100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

KESEHATAN

100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah
Waspada! Ini Gejala Infeksi Cytomegalovirus yang Wajib Anda Tahu

KESEHATAN

Waspada! Ini Gejala Infeksi Cytomegalovirus yang Wajib Anda Tahu
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

KESEHATAN

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa