Home / FINANCE

Minggu, 14 Mei 2023 - 16:00 WIB

Tips Atur Keuangan Anak Kuliahan Biar Tidak Boros

- Penulis

Tips Atur Keuangan Anak Kuliahan

Tips Atur Keuangan Anak Kuliahan

MoccaapediaTips atur keuangan anak kuliahan berikut ini bisa Anda terapkan agar tidak terbiasa boros dan akhirnya finansial Anda jadi tidak stabil. Nah, untuk itu Anda bisa mencoba untuk belajar mengatur keuangan sejak dini bahkan saat Anda masih kuliah.

Tidak perlu menunggu harus sudah memiliki penghasilan baru belajar mengatur keuangan. Karena bisa jadi Anda terlambat sebab sudah punya kebiasaan boros sejak masih masa sekolah.

 

Baca Juga :   Alasan Bisnis Fried Chicken yang Tidak Ada Matinya

 

Biar Tidak Biasa Boros, Ini Tips Atur Keuangan Anak Kuliahan

Tips Atur Keuangan Anak Kuliahan
Tips Atur Keuangan Anak Kuliahan

Mengatur keuangan sejak masa kuliah, adalah salah satu cara untuk membuat finansial Anda stabil di usia muda. Apalagi tidak semua orang berasal dari keluarga yang kondisi finansialnya baik.

Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa tips yang ada di bawah ini:

 

1. Biasakan Menabung

Sejak kecil Anda pastinya sudah sering untuk diajarkan menabung oleh orang tua Anda. Nah, meskipun terdengar klise namun menabung sejak usia muda sangat berguna bagi masa depan Anda.

Untuk itu, selalu prioritaskan untuk menabung pada saat Anda mendapatkan uang ya. Meskipun Anda berasal dari keluarga dengan kondisi finansial yang baik. Namun kebiasaan menabung sejak muda akan menjauhkan Anda dari kebiasaan boros.

Tabungan yang secara rutin Anda kumpulkan nantinya dapat Anda gunakan untuk berinvestasi kecil kecilan, misalnya seperti membeli reksa dana.

Atau untuk tujuan keuangan yang ingin Anda capai. Misalnya jika Anda ingin membeli laptop untuk mendukung kebutuhan sekolah Anda.

 

2. Memanfaatkan Berbagai Sumber Pemasukan

Sebagian besar mahasiswa memang masih menggantungkan finansialnya dari dukungan orang tua. Mulai dari support untuk biaya kuliah dan untuk keperluan lain seperti uang jajan atau uang kost jika Anda kuliah di luar kota.

Dengan begitu, sebaiknya Anda memanfaatkan sumber pemasukan yang Anda miliki sebaik mungkin. Terutama jika Anda masih belum memiliki pemasukan lain sehingga pemasukan utama yang Anda punya hanya dari orang tua.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sumber pemasukan dengan melakukan berbagai usaha kecil kecilan hingga bekerja sampingan. Agar bisa membantu orang tua juga dalam membiayai kuliah Anda.

Uang yang Anda dapatkan dari bekerja atau membuat usaha juga bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan lain yang Anda butuhkan.

Sekarang ini ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan secara remote sehingga tidak mengganggu waktu dan jam kuliah.

Bahkan jika Anda adalah mahasiswa yang terbilang berprestasi, maka Anda dapat melamar untuk menjadi asisten dosen. Atau juga menjadi pegawai paruh waktu sebagai staff administrasi di kampus Anda.

 

Baca Juga :   Ternyata Segini Besaran Gaji Regsosek BPS

 

3. Menentukan Jenis Pengeluaran

Setelah Anda mencatat semua sumber pendapatan yang Anda miliki. Maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mencatat dan menentukan semua jenis pengeluaran selama satu bulan.

Anda bisa mulai mencatat pengeluaran khusus seperti biaya kuliah, biaya kost, pulsa, uang transportasi, uang makan hingga uang untuk keperluan kuliah. Seperti membeli buku, fotokopi hingga membeli alat tulis.

Pastikan jika pendapatan Anda cukup untuk semua pengeluaran dalam satu bulan. Jangan lupa untuk mengalokasikan dana untuk menabung. Lalu jika Anda sisanya, bisa Anda gunakan untuk keperluan lain.

 

4. Membuat Rencana Anggaran dalam Sebulan

Berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat rencana anggaran keuangan. Dengan mengatur rencana anggaran keuangan, maka Anda bisa memastikan jika pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan yang Anda miliki.

Anda juga bisa memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting jika ternyata anggaran pengeluaran Anda terlalu besar. Atau Anda juga bisa menambah sumber pendapatan untuk bisa memenuhi semua pengeluaran Anda.

 

Nah, itulah tips atur keuangan anak kuliahan yang pastinya sangat berguna bagi Anda untuk membuat kondisi finansial menjadi lebih stabil dan tertata.

 

Baca Juga :   Apa itu Metadium Koin Dan Bagaimana Cara Membelinya

 

Share :

Baca Juga

5 Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

FINANCE

5 Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Kebiasaan Untuk Stabilitas Finansial

FINANCE

Kebiasaan Untuk Stabilitas Finansial, Untuk Hidup Lebih Baik
5 Keuntungan Jualan di TikTok Shop, Bantu Tambah Cuan

FINANCE

5 Keuntungan Jualan di TikTok Shop, Bantu Tambah Cuan
Ide franchise dibawah 100 juta di bawah ini bisa jadi referensi bagi Anda, yang masih terbilang pemula di bidang bisnis.

FINANCE

Ide Franchise dibawah 100 Juta untuk Pemula
Cara Menanam Saham di Bank BRI 100% Mudah Via Online

FINANCE

Cara Menanam Saham di Bank BRI 100% Mudah Via Online
Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Generasi Milenial

FINANCE

Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Generasi Milenial

FINANCE

Peluang Usaha Martabak Mini Dan Analisa Usahanya
Super Gampang, Berikut Cara Transfer Poin Allo Bank ke DANA

FINANCE

Super Gampang, Berikut Cara Transfer Poin Allo Bank ke DANA