Home / TEKNOLOGI

Kamis, 6 April 2023 - 18:00 WIB

Ini Dia Cara Merawat Laptop agar Awet, Sudah Tahu?

- Penulis

Cara Merawat Laptop Agar Awet - Pexels.com

Cara Merawat Laptop Agar Awet - Pexels.com

Moccaapedia – Laptop menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan oleh banyak orang, baik itu sebagai hiburan, untuk bekerja, belajar, belanja, dan lain-lain. Harganya juga tidaklah murah sehingga Anda sebagai pengguna perlu mengetahui bagaimana cara merawat laptop agar awet.

Ini karena ada banyak orang yang mengira sudah memperlakukan laptop mereka dengan benar. Padahal ada beberapa hal yang tidak mereka sadari bisa memperpendek usia laptop. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar, jangan tunda untuk simak informasi ini!

 

Baca Juga :   Berapa Lama Whatsapp Diblokir Permanen? Ini Penjelasannya

 

1.    Berikan Waktu Istirahat

Jangan gunakan laptop Anda secara terus menerus karena mereka tidak dirancang sama dengan PC atau komputer yang bisa menyala hingga 24 jam lebih. Istirahatkan selama beberapa saat setelah Anda gunakan agar komponen laptop bisa lebih dingin dan tidak cepat panas.

Waktu yang baik untuk istirahat, yaitu 15 – 20 menit untuk penggunaan sekitar 3 – 4 jam. Gunakan waktu tersebut untuk mengisi daya laptop atau Anda juga ikut beristirahat agar mata tidak kering.

 

2.    Charger Jangan Tunggu Laptop Mati Dulu

Sebaiknya jangan sampai laptop mati karena kehabisan baterai karena ini akan merusak kualitasnya sehingga laptop Anda cepat panas hingga baterai yang cepat habis. Jangan juga charger laptop selama satu malam full dengan asumsi agar baterai menjadi lebih awet.

Memang baterai sudah dirancang sedemikian rupa canggihnya agar tetap baik-baik saja walaupun terisi sangat penuh, tetapi melakukan hal tersebut secara terus-menerus juga tidak disarankan. Isi baterai saat masih belum 0% dan cabut ketika sudah full atau hampir mendekati.

 

3.    Cara Merawat Laptop Agar Awet, Matikan Laptop dengan Benar

Maksudnya adalah jangan langsung pencet tombol power, tetapi tutup semua jendela yang sedang beroperasi dalam laptop, kemudian klik opsi shut down. Jika langsung pencet tombol power, maka laptop akan bekerja lebih keras untuk memaksa tutup semua aktivitas dalam laptop.

Ini menjadikan umur laptop tidak panjang dan merusak prosesor sehingga ketika menggunakannya akan terasa lebih lemot.

 

4.    Jangan Menggunakannya di Tempat Empuk

Cara Merawat Laptop Agar Awet – Pexels.com

Jika Anda sering menggunakan laptop sembari rebahan di kasur dan meletakkannya di atas bantal, sebaiknya jangan ulangi hal itu lagi. Ini karena laptop mempunyai lubang sebagai tempat keluar masuknya udara agar laptop tidak terlalu panas.

Ketika Anda meletakannya di tempat yang empuk, maka lubang tersebut akan tersumbat dan angin tidak bisa keluar dengan optimal. Ini menjadikan laptop Anda terasa lebih panas sehingga komponen di dalamnya cepat mengalami kerusakan.

 

Baca Juga :   Aplikasi Saham Online Terbaik Di Indonesia, Inilah 6 Contohnya

 

5.    Hindari Meletakkan Benda Berat di Atas Laptop

Cara merawat laptop agar awet berikutnya adalah jangan letakkan benda berat di atas laptop. Ini karena laptop bukanlah alat elektronik yang kuat, melainkan bodinya cukup ringkih sehingga jika Anda meletakkan benda berat akan berpotensi merusak bodi maupun komponen di dalamnya.

Salah satu yang paling berpotensi tinggi adalah LCD pecah dan jika itu terjadi, maka Anda harus siap untuk mengeluarkan cukup banyak uang perbaikan.

 

6.    Jangan Letakkan Makanan atau Minuman di Dekat Laptop

Menonton film memang menjadi lebih seru ketika ada makanan atau minuman favorit di dekat kita. Namun, itu bisa berpotensi merusak laptop karena makanan bisa masuk ke sela-sela keyboard, sedangkan minuman bisa tumpah ke keyboard dan masuk ke komponen laptop.

Selain itu, makanan dan minuman manis yang menempel di laptop karena tangan Anda bisa mengundang semut untuk berdatangan sehingga risiko mereka masuk ke komponen hingga LCD menjadi cukup Tinggi. Tidak mau  kan layar mulus laptop dihiasi segerombolan semut?

 

7.    Bersihkan Secara Rutin

Terakhir, bersihkan laptop secara rutin untuk menghindari risiko yang telah kami sebutkan pada poin sebelumnya. Selain itu, debu-debu yang entah dari mana datangnya juga pasti selalu ada dan terselip di beberapa bagian laptop Anda. Jadi, bersih-bersihlah secara rutin sebelum laptop dijadikan sarang laba-laba.

Setelah membaca artikel tentang cara merawat laptop agar awet di atas, jadi aktivitas mana yang sering Anda lakukan dan tidak sadar jika itu bisa merusak laptop?

 

Baca Juga :   AirAsia Luncurkan Ojek Online, Berikut Info Lengkapnya!

Share :

Baca Juga

Cara Membersihkan Furniture Kayu

TEKNOLOGI

5 Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Awet, Tahan Lama
HP Samsung Terbaru Tahun ini (Tokopedia)

TEKNOLOGI

Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Flip Terbaru Tahun 2022
9 Game Terbaru 2023 yang Menarik untuk Dimainkan

TEKNOLOGI

9 Game Terbaru 2023 yang Menarik untuk Dimainkan
Cara Aktifkan Google Assistant

TEKNOLOGI

Cara Aktifkan Google Assistant untuk Membantu Pekerjaan Anda!
Sejarah Ponsel Lipat di Dunia

TEKNOLOGI

Sejarah Ponsel Lipat di Dunia yang Kini Banyak Diminati
Cara Membuat Apple ID Tanpa Perangkat iPhone

TEKNOLOGI

Cara Membuat Apple ID Tanpa Perangkat iPhone
Tanpa Aplikasi, Nih Cara Download Video Instagram yg Gampang!

TEKNOLOGI

Tanpa Aplikasi, Nih Cara Download Video Instagram yg Gampang!
Biar Lebih Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Y12

TEKNOLOGI

Biar Lebih Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Y12