Home / INTERNET

Rabu, 26 Juli 2023 - 14:00 WIB

Sudah Terjadi Setidaknya 6 Gempa Hari Ini 26 Juli 2023

- Penulis

Sudah Terjadi Setidaknya 6 Gempa Hari Ini 26 Juli 2023

Sudah Terjadi Setidaknya 6 Gempa Hari Ini 26 Juli 2023

MoccaapediaSetidaknya sudah terjadi sekitar 6 gempa hari ini yang terjadi di beberapa wilayah yang ada di Indonesia dengan kekuatan gempa yang cukup beragam. Pada Rabu 26 Juli 2023 hari ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau yang lebih dikenal dengan nama BMKG, telah melaporkan adanya gempa yang terjadi.

BMKG menyebutkan jika terjadi sejak pukul 00 dini hari yang berlangsung di Nias.

Selain itu, juga terjadi di beberapa wilayah yang ada di Indonesia, yakni Jambi, Bolmong Selatan, Bumi Banggai Kepulauan, Banten hingga Buol Sulteng.

Pernyataan ini sendiri dirilis di akun Twitter resmi milik BMKG untuk memberikan informasi terkini mengenai kondisi Indonesia. Termasuk gempa hari ini yang terjadi di beberapa wilayah.

 

Baca Juga :   Teknik Linier, Pengertian, Unsur-unsur dan Cara Menggambarnya

 

Gempa Hari Ini yang Terjadi di Indonesia

Sudah Terjadi Setidaknya 6 <yoastmark class=

Berikut info dari BMKG terkait gempa yang terjadi pada subuh hingga pagi ini yang Moccaapedia rangkum lewat akun twitter resminya:

 

1. Nias Selatan, Sumatera Utara terjadi di kedalaman 34 KM. Berlokasi 70 KM dari Timur Laut Nias Selatan ini terjadi pada 26 Juli 2030 Pukul 00:44:23 WIB. Dan berkekuatan Magnitudo 3.2.

2. Buol Sulteng terjadi pada 26 Juli 2023 Pukul 00:59:58 WIB, berkekuatan Magnitudo 3.1, terjadi di kedalaman 260 KM. Tepatnya berada di sekitar 30 KM Tenggara Buol Sulawesi Tengah dengan kekuatan sekitar Magnitudo 3.6.

3. Banten terjadi di kedalaman 10 KM Barat Daya Muara Binuangeun Banten, dengan kekuatan Magnitudo 3.3. Gempa ini terjadi pada

4. Terjadi di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah pada 26 Juli 2023 Pukul 01:36:22 WIB, dan berada di kedalaman 14 KM. Lokasi gempa ini, berada di 97 KM Timur Laut Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah dan berkekuatan Magnitudo 3.6.

5. Berikutnya terjadi Bolmong Selatan, dengan berkekuatan Magnitudo 3.6, terjadi pada 26 Juli 2023 Pukul 03:22:53 WIB. Gempa ini terjadi di kedalaman 246 KM dan berlokasi di Barat Daya Bolaang Uki, Bolmong Selatan, Sulawesi Utara.

6. Dan terakhir gempa Merangin Jambi di kedalaman 148 KM pada 256 Juli 2023 Pukul 09:59:34 WIB. Gempa berkekuatan Magnitudo 3.3 ini berlokasi 22 KM Tenggara Merangin Jambi.

 

Wajib Anda ketahui, jika informasi ini mengutamakan kecepatan sehingga hasil pengolahan datanya sendiri belum stabil dan dapat berubah ketika data data sudah lengkap.

 

Mewaspadai Bencana Gempa Bumi

Sudah Terjadi Setidaknya 6 <yoastmark class=

 

Baca Juga :   Profil dan Biodata Raihan Khan, Pemeran Edward Dunia Terbalik

 

Berada di dalam Ring of Fire, Indonesia punya banyak gunung berapi yang menjadi faktor terjadinya bencana inii. Maka ada beberapa hal yang wajib Anda waspadai sebelum adanya gempa bumi.

1. Mengenali daerah sekitar tempat Anda tinggal, apakah merupakan daerah yang aman atau justru rawan dengan bencana ini.

2. Pada saat masuk ke sebuah Gedung atau bangunan yang tinggi, perhatikanlah letak pintu keluar, tangga darurat hingga cara cara untuk evakuasi dan mengeluarkan diri sewaktu-waktu ketika harus menyelamatkan diri.

3. Perhatikan titik titik yang aman di dalam ruangan Anda berada untuk berlindung.

4. Perhatikan juga tempat yang berbahaya apabila bencana ini terjadi, misalnya dekat tiang atau pilar, dekat kaca, lemari dan beberapa benda lainnya.

5. Cari tahu, catat dan simpan nomor nomor telepon yang penting yang harus Anda hubungi ketika bencana ini terjadi. Seperti nomor Rumah Sakit, Pemadam Kebakaran, PMI, Polisi dan lainnya.

6. Matikan kran air, gas, kompor dan listrik yang Anda gunakan.

 

Tindakan yang Dilakukan Ketika Gempa Bumi Hari Ini

Sudah Terjadi Setidaknya 6 <yoastmark class=

1. Di Dalam Rumah

Jika Anda sedang berada di dalam rumah, maka berusahalah untuk menyelamatkan diri dan keluarga Anda. Lalu lindungi kepala dengan apa saja, contohnya bantal, kedua tangan, helm dan papan dengan posisi tubuh telungkup.

 

2. Di Luar Rumah

Jauhi Gedung dan berjalan merunduk dengan melindungi kepala menuju ke ruang terbuka. Selain itu, jangan lakukan tindakan apapun. Tunggu saja hingga keadaan sudah benar-benar tenang. Karena bencana ini pertama biasanya adalah gempa susulan.

 

3. Di Tempat Umum

Usahakan untuk tetap dalam keadaan tenang dan biasanya kerumunan orang di dalam bencana berpotensi untuk menimbulkan kepanikan. Tindakan selanjutnya, sebaiknya tunggu arahan dan petunjuk dari petugas penyelamat yang datang ke tempat.

Sebaiknya jangan menggunakan lift saat terjadi bencana ini, tapi gunakan tangga darurat. Dan bergeraklah ke tempat yang terbuka. Hal ini juga berlaku saat terjadi kebakaran ya.

 

4. Berada di Kendaraan

Pada saat berada di dalam kendaraan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengann berpegangan erat. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terjatuh dari kendaraan pada saat terjadi guncangan. Atau ketika kendaraan yang Anda naiki berhenti mendadak karena adanya bencana ini.

Pada saat ini, Anda juga harus berusaha untuk tetap tenang. Dan ikuti perintah atau petunjuk dari petugas. Coba minta pengemudi untuk menghentikan kendaraan lalu cari tempat terbuka untuk berlindung.

 

5. Di Gunung atau di Pantai

Gempa bumi biasanya bisa menimbulkan longsor di gunung atau daerah perbukitan. Jika Anda berada di wilayah dekat pegunungan. Maka bergeraklah ke tempat yang aman. Seperti ruang terbuka dan jauh dari daerah lereng.

Sedangkan gempa di bawah laut dalam menimbulkan gelombang tsunami. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa mencari tempat yang tinggi.

 

Penanganan yang Dilakukan Saat Gempa

Sudah Terjadi Setidaknya 6 <yoastmark class=

Setelah terjadi gempa, ada tindakan pertama yang bisa Anda lakukan:

 

1. Jika masih berada di dalam ruangan atau Gedung, maka Anda bisa langsung keluar dan periksa keadaan diri sendiri. Pastikan jika tidak ada bagian tubuh yang terluka akibat tertimpa benda ketika menyelamatkan diri dengan keluar dari dalam ruangan tadi selama bencana ini berlangsung.

2. Matikan listrik, air dan gas untuk mennghindari bencana lain yang lebih berbahaya.

3. Jangan nyalakan api karena bisa memicu terjadi adanya kebocoran gas, atau pun tumpahan bahan bakar.

4. Jika Anda dalam kondisi baik baik saja, maka cobalah untuk memberikan pertolongan pada mereka yang ada di sekitar Anda. Jangan lupa untuk terus mendengarkan berbagai informasi mengenai bencana gempa dari sumber yang terpercaya dan bertindak hanya sesuai imbauan saja.

 

Bencana ini juga bisa terjadi di waktu malam ketika orang orang sedang istirahat. Sehingga Anda bisa mengatur kamar tidur agar aman dari gempa dengan cara menjauhkan barang barang yang mudah jatuh di dinding tempat tidur.

Selain itu, tautkan lemari ke dinding dan pastikan posisinya benar benar kuat. Sehingga ketika terjadi bencana ini, Anda bisa terhindar dari tertimpa benda-benda.

Anda juga bisa membuat ruangan kantor aman dari gempa dengan cara membuat konstruksi bangunan yang aman dan kuat. Selain itu, Anda juga bisa mengusahakan untuk menempelkan bingkai atau benda benda lain dengan kuat  di dinding.

Jangan lupa untuk mengatur posisi meja dan kursi agar tidak menghalangi posisi pintu atau akses orang orang menuju ke pintu pada saat terjadi  bencana ini.

 

Karena bencana ini bisa terjadi kapan saja tanpa adanya pemberitahuan dan persiapan sebelumnya. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan diri lebih awal.

Nah, itulah kabar gempa hari ini, yang terjadi pada tanggal 26 Juli 2023 yang sudah dirangkum oleh BMKG.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Aplikasi Android Penghitung Langkah Kaki !!

Share :

Baca Juga

Aplikasi Penambah Followers Instagram 100% Terbukti

INTERNET

Aplikasi Penambah Followers Instagram 100% Terbukti
Cara Mendapatkan Kode Voucher Shoope Hari Ini

INTERNET

Cara Mendapatkan Kode Voucher Shoope Hari Ini
Cara Melihat Kode Voucher Google Play di DANA

INTERNET

Begini Cara Melihat Kode Voucher Google Play di DANA
Mengenal Hantu Lulun Samak, Legenda Tanah Sunda

INTERNET

Mengenal Hantu Lulun Samak, Legenda Tanah Sunda
Fungsi Serbet Dapur untuk Kehidupan Sehari-hari

INTERNET

Fungsi Serbet Dapur untuk Kehidupan Sehari-hari
Profil dan Biodata Raihan Khan, Pemeran Edward Dunia Terbalik

INTERNET

Profil dan Biodata Raihan Khan, Pemeran Edward Dunia Terbalik
Ide Tema dan Konsep Foto Couple Pacaran Ala Drama Korea

INTERNET

Ide Tema dan Konsep Foto Couple Pacaran Ala Drama Korea
Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

INTERNET

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya