Home / TEKNOLOGI

Selasa, 19 September 2023 - 14:00 WIB

Fungsi Penting dan Cara Merawat Saringan Pompa Air

- Penulis

Fungsi Penting dan Cara Merawat Saringan Pompa Air

Fungsi Penting dan Cara Merawat Saringan Pompa Air

Moccaapedia – Saringan pompa air mungkin merupakan salah satu komponen yang jarang diperhatikan oleh banyak orang, padahal komponen ini penting loh. Apalagi karena pompa air meripakan perangkat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Karena pompa air adalah penyedia utama pasokan air bersih di rumah, namun tahukah Anda bahwa di dalam pompa air terdapat komponen yang bernama saringan pompa air yang memiliki peran penting dalam menjaga kinerja pompa?

Untuk itu, di sini Moccaapedia akan memberikan penjelasan mengenai apa saja manfaat, cara menggunakan hingga perawatan bagi komponen penting ini ya.

 

Baca Juga :   Cocok untuk Jualan, Begini Cara Gandakan WA di HP Oppo

 

Fungsi Saringan Pompa Air?

Fungsi Penting dan Cara Merawat <yoastmark class=

Saringan pompa air senidri adalah salah satu komponen vital dan sangat penting yang ada di dalam pompa air. Karena komponen ini memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil dari air sebelum air tersebut masuk ke dalam pompa.

Sehingga tanpa adanya komponen saringan ini, maka partikel-partikel tersebut dapat merusak komponen-komponen yang ada di dalam pompa air. Sehingga dapat mengganggu aliran air bersih yang keluar dari keran Anda.

Untuk itulah keberadaan komponen ini begitu penting bagi pompa air yang ada di rumah Anda ya. Selain fungsi fungsi tersebut, berikut Moccaapedia akan memberitahukan Anda apa saja fungsi penting dari komponen ini:

1. Melindungi Pompa Air

Saringan pompa air bisa dibilang sebagai perisai pertama yang bertugas untuk melindungi pompa air dari kerusakan.

Caranya adalah dengan menjaga partikel-partikel kecil seperti pasir, tanah hingga kotoran lainnya agar tidak masuk ke dalam pompa. Sehingga keberadaan dari saringan ini bisa dibilang dapat membantu memperpanjang umur pompa air di rumah Anda.

2. Menghemat Biaya Perbaikan

Ketika saringan bekerja dengan baik maka dapat meningkatkan masa kerja atau membuat pompa Anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Dengan begitu, Anda tidak akan membutuhkan biaya perawatan atau perbaikan yang bisa saja harus Anda keluarkan. Jika pompa air yang ada di dalam rumah mengalami kerusakan.

Karena pompa air sendiri bisa mengalami kerusakan ketika terdapat partikel atau kotoran yang masuk ke dalam bersamaan dengan air. Dan masalah tersebut tentu saja terjadi karena diakibatkan oleh tidak adanya saringan.

3. Mengoptimalkan Aliran Air

Saringan yang bersih dan bekerja dengan optimal juga akan dapat memastikan aliran air yang lebih lancar dan bersih ke dalam rumah Anda. Artinya Anda tidak perlu khawatir tentang air yang kotor atau tersumbat yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

4. Kontribusi Lingkungan dan Hematr Energi

Dengan menjaga saringan pompa dengan baik, maka Anda juga akan berkontribusi pada penghematan air. Karena pompa yang bekerja dengan lebih efisien akan membuat air mengalir dengan lebih lancar. Sehingga bisa menghemat energi.

 

Cara Menjaga Saringan Pompa Air Agar Awet

Fungsi Penting dan Cara Merawat <yoastmark class=

Sebagai salah satu peralatan yang penting di rumah, kadangkala penggunaan pompa air bisa dilakukan dengan cara yang kurang bijak. Sehingga mengakibatkan pompa menjadi cepat rusak.

Nah, untuk menggunakan pompa air agar komponen saringan tidak mudah rusak, pastikan Anda menggunakannya dengan bijak. Berikut ini adalah tips dari Moccaapedia untuk menggunakan pompa air secara bijak:

 

Baca Juga :   Jenis-Jenis iPhone, Begini Perkembangannya

 

1. Matikan Pompa Air

Sebelum Anda mulai memeriksa atau membersihkan saringan, pastikan untuk mematikan pompa air terlebih dahulu. Cara ini merupakan langkah keamanan yang sangat penting untuk Anda lakukan.

 

2. Lokasi Saringan

Saringan pompa air biasanya terletak di bagian bawah pompa atau di dalam pipa masukan air. Anda perlu membuka tutup atau penutup saringan untuk memeriksanya.

 

3. Periksa Saringan

Setelah Anda berhasil membuka saringan, periksa dengan cermat apakah ada kotoran, pasir, atau partikel lain yang mungkin telah terperangkap di dalamnya. Jika ada, bersihkan dengan hati-hati ya.

 

4. Membersihkan Saringan

Anda dapat membersihkan saringan dengan menggunakan sikat lembut atau menyiramnya dengan air untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Pastikan saringan benar-benar bersih sebelum memasangnya kembali nanti.

 

5. Gantilah yang Baru Jika Perlu

Jika saringan terlalu rusak atau tidak dapat dibersihkan lagi, maka jangan ragu untuk mengganti dengan saringan yang baru. Saringan ini sendiri biasanya tersedia di toko peralatan rumah tangga atau toko perlengkapan khusus untuk pompa.

 

6. Jadwalkan Pemeriksaan Rutin

Agar saringan pompa air tetap berfungsi dengan baik, sebaiknya Anda menjadwalkan pemeriksaan rutin, misalnya setiap beberapa bulan sekali.

 

7. Gunakan Pompa dengan Bijak

Matikan pompa air saat tidak digunakan, seperti ketika Anda pergi keluar atau tidur. Hal ini akan menghemat energi dan memperpanjang umur pompa dan saringannya.

 

8. Periksa Pipa Air

Pastikan pipa air yang menghubungkan pompa dengan sumur atau sumber air lainnya dalam kondisi baik baik saja ya. Pipa yang bocor dapat menyebabkan kerugian air dan meningkatkan tekanan pada pompa.

 

9. Pelajari Tombol Pengendali

Jika pompa Anda dilengkapi dengan tombol pengendali, pelajari cara menggunakannya dengan benar. Anda dapat mengatur pompa agar berjalan dengan tingkat tekanan air yang sesuai dengan kebutuhan saja.

 

10. Pertimbangkan Pemasangan Tangki Penyimpanan

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, pertimbangkan untuk memasang tangki penyimpanan air. Karena cara ini sendiri akan dapat membantu Anda untuk menghemat energi dengan menjalankan pompa air hanya pada waktu tertentu dan menyimpan air sehingga Anda tidak akan terus-menerus menyalakan pompa.

 

Jadi sudah tahu kan, apa saja fungsi penting saringan pompa air dan bagaimana cara merawat hingga menggunakannya dengan bijak, semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :   Pengertian Panggung Arena dan Jenis-jenisnya

Share :

Baca Juga

5 Aplikasi Download Video Terbaik 2023

TEKNOLOGI

5 Aplikasi Download Video Terbaik 2023
10 Aplikasi Chatting Gratis dengan Fitur Lengkap

TEKNOLOGI

10 Aplikasi Chatting Gratis dengan Fitur Lengkap
Cocok untuk Jualan, Begini Cara Gandakan WA di HP Oppo

TEKNOLOGI

Cocok untuk Jualan, Begini Cara Gandakan WA di HP Oppo
Hailey Treasure Adventure APK

TEKNOLOGI

Hailey Treasure Adventure APK Terbuka Semua
5 Merk Provider WiFi Terbaik, Dijamin Lancar

TEKNOLOGI

5 Merk Provider WiFi Terbaik, Dijamin Lancar
Spesifikasi Samsung A21

TEKNOLOGI

Spesifikasi Samsung A21 – Kelebihan dan Kekurangannya
Biar Lebih Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Y12

TEKNOLOGI

Biar Lebih Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Y12
Bikin Main Game Makin Nyaman, Begini Cara Pakai Play Mode

TEKNOLOGI

Bikin Main Game Makin Nyaman, Begini Cara Pakai Play Mode