Home / FINANCE

Kamis, 24 Agustus 2023 - 14:00 WIB

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

- Penulis

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

MoccaapediaBelakangan ini sering kali kita mendengar istilah Bisnis Networking. Ya, sebuah usaha yang umumnya di viralkan oleh kalangan muda millennials. Dan semakin hari bisnis tersebut makin dikenal banyak orang.

Hal tersebut jelas memberikan rasa penasaran kepada khalayak umum. Terutama mengenai apa itu bisnis dalam bentuk networking hingga bagaimana cara Anda mulai bisnis tersebut. Untuk itu, mari kita ulas tuntas dalam topik berikut ini.

Meskipun sebenarnya bisnis berjenis networking ini sudah hadir lama di Indonesia. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengenal apa itu bisnis komunitas atau bisnis networking ini ya.

Padahal mungkin saja, Anda pernah melihat bisnis ini di sekitar Anda atau bahkan sempat membeli dan mungkin saja Anda pernah menjadi member sebuah bisnis komunitas ini.

Beberapa contoh bisnis ini di sekitaran kita seperti bisnis jualan peralatan makan, fashion, kosmetik hingga alat kesehatan. Pastinya pernah kan, Anda menjumpai bisnis seperti ini di tengah masyarakat kita. Hanya saja Anda tidak tahu jika bisnis tersebut termasuk ke dalam bisnis komunitas.

Nah, agar bisa lebih mengenal bisnis ini, Anda bisa lebih mengenalnya lewat ulasan yang sudah Moccaapedia rangkum di bawah ini ya.

 

Baca Juga :   Punya Modal Kecil? Begini Cara Membuka Bisnis Rental Mobil

 

Mengenal Bisnis Networking

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya
Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

Sebelum kita mulai membahas lebih jauh perihal bisnis cukup viral akhir-akhir ini. Wajib sekali bagi Anda untuk memahami betul tentang Bisnis Networking. Khususnya untuk kalian tertarik dan ingin mencoba bisnis tersebut secara langsung.

Bisnis jenis networking pada dasarnya merupakan  kegiatan ekonomi dimana ada seorang, atau sekelompok pengusaha yang mencoba untuk ciptakan hingga melakukan inovasi terhadap suatu produk dan akhirnya digunakan sebagai peluang bisnis berkelanjutan.

Misalnya, Ada beberapa organisasi jaringan bisnis terkemuka yang menciptakan produk baru yang jika diikuti akan memungkinkan seseorang untuk membangun hubungan bisnis baru dan menghasilkan peluang keuntungan pada saat yang sama.

Kemudian, bisnis kategori networking telah menggunakan teknologi informasi terbaru agar mendukung jejaring bisnis mereka. Banyak pula pengusaha bisnis tersebut memanfaatkan iklan atau promosi digital marketing.

Agar bisa memasarkan produk mereka ke banyak orang. Serta, mengajak banyak pebisnis lainnya buat ikut kerjasama menjual barang tersebut.

Biasanya bisnis ini menggunakan istilah istilah seperti downline, upline dan member. Nah, setiap orang yang masuk ke dalam bisnis ini akan menjadi membe. Lalu mereka akan bertemu dengan beberapa tingkatan.

Mulai dari downline yang merupakan tingkatan paling rendah. Biasanya member yang baru masuk akan berada di tingkatan ini. Seorang downline akan memiliki upline, yakni member lama yang pertama kali mengajak Anda join sebagai member.

Upline ini biasanya bertugas untuk memberikan training bagi member baru atau member yang menjadi downline mereka. Secara umum, upline juga bertugas sebagai seorang mentor.

Karena setiap kali downline berhasil menjual produk, maka upline juga akan mendapatkan komisi. Downline juga bisa naik menjadi upline asal dia bisa mengajak member baru gabung ke dalam bisnis ini yang akan menjadikan member baru tersebut sebagai downlinennya.

Nah, dari sini sudahkan Anda mendapatkan gambaran mengenai bisnis networking ini?

 

Beberapa Bisnis Kategori Networking Patut Anda Coba

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya
Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali bisnis networking hampir menguasai pasar. Hingga telah dikenal banyak orang.

Jadi, sangat mungkin sekali bagi Anda hasilkan keuntungan serta relasi lebih luas dengan mengikuti usaha tersebut. Biar gak penasaran. Berikut bisnis jaringan boleh banget kalian ikuti.

 

Baca Juga :   Cara Menanam Saham di Bank BRI 100% Mudah Via Online

 

1. Tidak Ada Salahnya Mencoba Bisnis Networking Kosmetik

Semua orang pasti membutuhkan produk kosmetik dan perawatan wajah. Khususnya bagi kaum Wanita. Ya, hampir setiap toko online, offline, hingga pusat perbelanjaan menjual produk kecantikan. Sehingga bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar.

Ada banyak sekali usaha networking di bidang kosmetik dan skin care yang ada di Indonesia. Dan setiap produknya pasti memiliki komunitas yang besar. Sehingga tidak terlalu sulit untuk memasarkan produk tersebut.

Setiap bisnis jaringan sudah pasti mengharuskan Anda untuk bergabung ke dalam komunitasnya dan menjual produknya. Seperti kosmetik, perawatan kulit, parfum, aksesoris, dan masih banyak lagi.

Beberapa perusahaan yang dahulu cukup terkenal dengan bisnis networking ini antara lain seperti Shopie Paris. Nama ini pasti tidak asing bagi kalangan wanita pecinta fashion ya. Karena produknya dahulu yang cukup terkenal di Indonesia.

 

2. Keuntungan Dengan Menjadi Bagian Pebisnis Peralatan Makan

Peralatan makan dan minum yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Dan kini sudah banyak sekali jenis bisnis networking yang berfokus untuk menjual peralatan rumah tangga. Seperti kotak makan, botol minum, tumbler, peralatan masak dan lain sebagainya.

Setiap produk memiliki kualitas masing-masing dan semakin tinggi kualitasnya maka semakin banyak peminatnya. Biasanya tidak terlalu sulit untuk menjual produk ini karena sudah memiliki komunitas penggemar yang besar di kalangan ibu rumah tangga di Indonesia.

Anda tinggal menjual produk sesuai dengan ketentuan untuk meningkatkan poin dan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan.

Salah satu brand atau perusahaan yang paling terkenal dan populer di kalangan masyarakat Indonesia terutama di kalangan ibu ibu adalah perusahaan peralatan makanan Tupperware.

Nah, pastinya sudah tidak asing kan dengan nama produk ini? Ya, produk tersebut termasuk sebagai produk yang berasal dari bisnis komunitas atau bisnis networking loh.

 

3. Healthy Product Juga Bisa Jadi Pilihan

Masyarakat Indonesia yang kini semakin sadar akan kesehatan tubuhnya dan mencari produk kesehatan baik berupa suplemen, minuman kesehatan hingga obat herbal. Hal ini menjadikan bisnis komunitas untuk segala macam produk kesehatan mulai menjamur.

Dan karena masyarakat Indonesia sudah semakin paham akan pentingnya menjaga kesehatan. Bahkan sudah banyak sekali komunitas pecinta kesehatan di sosial media. Maka bisnis ini juga menjadi bisnis komunitas yang menguntungkan.

Tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan dalam setiap penjualan produk yang berhasil Anda lakukan. Namun Anda juga bisa bertemu dan berkumpul dengan banyak orang yang fokus terhadap kesehatan. Dan tentu saja bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru mengenai kesehatan yang berguna.

 

Pahami Betul Cara Jaringan Dalam Bisnis Akan Anda Jalani

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya
Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

Melihat peluang usaha begitu terbuka dan terlihat kesempatan besar agar anda dapat sukses. Dengan menjalin kerjasama melalui beberapa produk diatas. Walau begitu, setiap bisnis pasti punya resikonya sendiri.

Jadi, Anda harus mempersiapkan diri dan pengetahuan jelas tentang bisnis tersebut. Disini, kami akan berikan beberapa tips bagi Anda ingin segera mengikuti bisnis jaringan akan kalian jalani.

  • Perbanyak relasi dengan sesama pebisnis dalam satu produk yang sama.
  • Pelajari bagaimana cara memasarkan produk melalui offline dan online.
  • Lakukan inovasi dan kreatifitas agar usaha Anda makin banyak peminatnya.
  • Pandai berkomunikasi, negosiasi, dan seringlah melakukan sharing dengan pengusaha lain.
  • Tentu Anda juga harus percaya diri dan siap mengatasi resiko kedepannya.

 

Point tersebut bisa Anda terapkan saat hingga mulai bisnis kategori Jaringan akan Anda jalani. Dengan begini, sudah saatnya kita akhiri topik tentang bisnis networking ini.

 

Baca Juga :   Kesalahan Finansial Pasangan Baru Menikah

Share :

Baca Juga

Aplikasi Penghasil Uang 100% Aman dan Pasti Membayar

FINANCE

Aplikasi Penghasil Uang 100% Aman dan Pasti Membayar
Gampang Loh, Cara Daftar Shopee Affiliate untuk Pemula

FINANCE

Gampang Loh, Cara Daftar Shopee Affiliate untuk Pemula
Menabung emas di Bank

FINANCE

Ini Kelebihan & Kekurangan Menabung Emas di Bank
Cara Daftar Akun Free Swap Trading

FINANCE

Promo Terbatas dan Cara Daftar Akun Free Swap Trading DCFX
Keuntungan Menabung di Bank BNI yang Wajib Anda Ketahui

FINANCE

Keuntungan Menabung di Bank BNI yang Wajib Anda Ketahui
Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?

FINANCE

Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?
Apa itu Metadium Koin Dan Bagaimana Cara Membelinya

FINANCE

Apa itu Metadium Koin Dan Bagaimana Cara Membelinya
Aplikasi Pinjaman Online Limit Besar

FINANCE

10 Aplikasi Pinjaman Online Limit Besar dan Aman OJK