Home / WISATA

Rabu, 5 April 2023 - 18:00 WIB

7 Bangunan Masjid Paling Unik di Indonesia, Cocok untuk Wisata Religi!

- Penulis

Bangunan Masjid Paling Unik di Indonesia - Pexels.com

Bangunan Masjid Paling Unik di Indonesia - Pexels.com

Moccaapedia – Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk beragama Islam paling besar di dunia. Oleh sebab itu, tidak heran jika di setiap daerah pasti mudah menemukan keberadaan masjid. Adapun beberapa bangunan masjid paling unik di Indonesia yang wajib Anda ketahui.

Ini mulai dari masjid berbentuk persegi, tiba-tiba bangunan sudah jadi, hingga yang kental akan ornamen Tionghoa. Penasaran apa saja masjidnya? Yuk cari tahu jawabannya secara lengkap di artikel berikut!

 

Baca Juga :   Pengertian Citilink Agents, Fitur, Syarat, hingga Cara Mendaftar

 

1.    Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Mengadopsi gaya arsitektur dari Melayu, Arab, India, dan Turki sehingga tampak sangat indah nan unik. Bahkan ada banyak orang mengatakan bahwa bentuknya mirip dengan Taj Mahal yang ada di India terlebih karena kolam di bagian depan masjid.

Warna hijau yang mendominasi bangunan dengan motif kubah mirip kain berlapis emas dalam songket Melayu menjadi salah satu daya tarik Masjid Agung An-Nur Pekanbaru.

 

2.    Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang Jawa Tengah – ilarizky.com

Hadir dengan desain arsitektur bergaya campuran Jawa, Romawi, dan Islami sehingga terlihat sangat eksotis. Gaya romawi bisa Anda lihat dari 25 pilar yang ada di pelataran masjid khas Koloseum Athena. Kerennya lagi pilar ini berisi kaligrafi indah yang menyimbolkan adanya 25 nabi dan rasul dalam Islam.

Tidak habis di situ saja, pada bagian gerbang salah satu masjid paling unik di Indonesia ini terdapat dua kalimat syahadat dan tulisan huruf Arab Melayu  “Sucining Guni Gapuraning Gusti” yang berarti kemauan dan upaya tulus membawa ke ridha Allah.

 

3.    Masjid Menara Kudus

Menjadi perpaduan budaya antara agama Buddha, Hindu, dan Islam. Masjid ini mempunyai gapura, prasasti, menara ukiran khas Jawa Kuno-Hindu, dan tempat wudhu yang ada di arca berjumlah 8 pancuran. Ini diambil dari keyakinan Buddha, yaitu “Delapan Jalan Kebenaran” atau “Asta Sanghika Marga”.

 

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Untuk Ngabuburit Di Bulan Ramadhan

 

4.    Masjid Al-Irsyad Bandung

Masjid Al-Irsyad Bandung – simas.kemenag.go.id

Bangunan masjid unik berbentuk kubus mirip Ka’bah yang ada di Mekkah. Menariknya lagi seorang arsitek yang merancang masjid ini adalah gubernur Jawa Barat, yaitu Ridwan Kamil. Tidak hanya desain unik, tetapi juga ramah lingkungan hingga berhasil memenangkan tiga penghargaan bergengsi.

Tidak habis di situ saja, adapun daya tarik lain dari Masjid Al-Irsyad Bandung ini, yaitu arah kiblat yang sengaja tidak berdinding dan di depannya terdapat pemandangan alam terbuka. Jadi, sholat bisa terasa lebih nyaman dan menenangkan serta cocok untuk wisata religi.

 

5.    Masjid Cheng Ho Surabaya

Menjadi salah satu bangunan masjid paling unik di Indonesia karena bentuknya menyerupai kelenteng, tempat ibadah agama Kong Hu Chu. Pembangunan masjid ini tidak lepas dari pengaruh seorang Laksamana Cheng Ho yang merupakan pelaut tangguh dari Tiongkok.

Selain itu, masjid ini juga dibangun untuk mengenang atas perjuangan dakwah sang laksamana dan warga Tionghoa muslim pada abad ke 15 silam. Masjid Cheng Ho mempunyai atap berbentuk persegi delapan yang mempunyai arti sebagai angka keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa.

 

6.    Masjid Raya Sumatera Barat

Arsitektur masjid yang satu ini terlihat sangat menarik dan unik, yaitu menyerupai rumah gadang dan tidak mempunyai kubah seperti masjid pada umumnya. Terdapat 4 sudut lancip yang ada di bagian atap masjid.

Masjid terbesar di Sumatra Barat yang mempunyai nama lain Masjid Mahligai Minang ini juga dilengkapi dengan ukiran Minang dan kaligrafi di bagian luar bangunan.

 

7.    Masjid Tiban Turen Malang

Masjid Tiban Turen Malang

Mempunyai desain yang sangat unik, ternyata pembangunan masjid dengan nama lain Masjid Jin dan Masjid Ajaib ini tidak menggunakan arahan dari seorang arsitek.

Tidak hanya bangunan unik yang identik dengan warna biru, tetapi Masjid Tiban juga terkenal akan mitosnya, yaitu masjid tiba-tiba ada dalam satu malam tanpa ada yang tahu proses pembuatannya. Penamaannya sendiri tidak jauh dari mitos tersebut, yaitu “Tiban” yang berarti “jatuh”.

Anda bisa mengunjungi 7 bangunan masjid paling unik di Indonesia yang sudah kami rekomendasikan sebagai destinasi liburan religi ketika Ramadhan. Menurut Anda, mana bangunan yang paling unik?

 

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Religi di Malang, Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

 

Share :

Baca Juga

Penginapan di Bandara Soekarno Hatta

WISATA

Rekomendasi Penginapan di Bandara Soekarno Hatta
Yuk, Kunjungi Wisata Sawarna Srikandi Lengkap Dengan Penginapan!

WISATA

Yuk, Kunjungi Wisata Sawarna Srikandi Lengkap Dengan Penginapan!
Tempat Wisata di Nusa Ceningan Bali, Dijamin Betah

WISATA

Tempat Wisata di Nusa Ceningan Bali, Dijamin Betah
Pesona Keindahan Kawah Ijen yang Menarik Wisatawan untuk Berlibur

WISATA

Pesona Keindahan Kawah Ijen yang Menarik Wisatawan untuk Berlibur
4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik

WISATA

4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik
Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!

WISATA

Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!
Citilink agents

WISATA

Pengertian Citilink Agents, Fitur, Syarat, hingga Cara Mendaftar
6 Wisata Terdekat dari Stasiun Yogyakarta: Murah dan Simple

WISATA

6 Wisata Terdekat dari Stasiun DI Yogyakarta Murah dan Simple