Home / WISATA

Sabtu, 3 Desember 2022 - 10:07 WIB

5 Tips Liburan Keluarga Nyaman dan Sangat Menghemat Biaya

- Penulis

5 Tips Liburan Keluarga Nyaman dan Menyenangkan: Sangat Menghemat Biaya

5 Tips Liburan Keluarga Nyaman dan Menyenangkan: Sangat Menghemat Biaya

Liburan Keluarga

Moccaapedia – Liburan keluarga merupakan hal yang didambakan banyak pasangan. Hal tersebut berlaku bagi keluarga yang telah memiliki anak, pasangan baru, atau keluarga besar.

Namun liburan keluarga merupakan agenda yang mutlak berbeda dengan momen liburan seorang diri, bersama rekan kerja, atau teman kampus. Agenda tersebut akan melibatkan anggota keluarga yang memiliki usia dan profil beragam.

Faktor kenyamanan dan efisiensi program liburan keluarga menjadi hal yang mutlak. Kebutuhan tersebut terutama mengikat pada keluarga dengan anak di bawah usia lima tahun, bayi, atau anggota keluarga usia lanjut.

 

Baca Juga :   Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!

 

Tips Mengatur Liburan Keluarga Menyenangkan, Nyaman, dan Murah

Berwisata bersama keluarga akan sangat terasa berbeda dengan momen serupa di lingkungan lain dalam hal kenyamanan dan perencanaan. Perbedaan pengetahuan, referensi, dan kebutuhan perlu dikondisikan sebaik mungkin.

Tujuannya tentu agar kegiatan wisata menjadi momen yang menyenangkan dan sepenuhnya menjadi agenda refreshing. Berwisata dengan keluarga tanpa persiapan dan rencana yang baik justru dapat menimbulkan tekanan lain yang tidak sesuai dengan tujuan awal.

Mengatur Momen Cuti dan Pilihan Liburan Keluarga

Waktu luang yang dimiliki anggota keluarga tentu berbeda. Hal tersebut disebabkan oleh latar belakang aktivitas yang juga sangat kontras. Akhir pekan menjadi salah satu waktu paling ideal untuk melakukan perjalanan liburan, termasuk wisata Semarang yang menarik.

Tetapi melakukan kegiatan wisata di momen liburan umum akan menjadi agenda yang kurang tepat bagi keluarga dengan anak di bawah lima tahun. Pasalnya momen liburan umum akan membuat tempat-tempat wisata penuh dengan pengunjung.

Sebagian besar anak di bawah usia lima tahun akan mudah merasa cemas dan tidak nyaman dengan situasi keramaian berlebihan. Oleh karena itu, orang tua justru harus mengatur momen cuti di luar waktu-waktu yang umum apabila memiliki anak di bawah usia lima tahun.

Liburan keluarga di waktu cuti yang umum dengan anak di bawah usia lima tahun akan lebih cocok berupa wisata singkat. Agenda dapat diatur ke lokasi-lokasi terdekat dengan jarak tempuh yang tidak terlalu lama. Faktor potensi keramaian juga perlu Anda amati dengan baik.

 

Memilih Tempat Liburan Keluarga

Serupa dengan faktor waktu, tempat liburan keluarga juga memiliki catatan yang sangat berbeda. Terutama apabila dibanding agenda wisata seorang diri atau bersama rekan sebaya.

Momen liburan keluarga tidak disarankan diisi dengan kunjungan ke objek wisata perbukitan atau area lain dengan akses perjalanan tanpa kendaraan yang cukup ekstrim. Hal tersebut tentu akan menyulitkan orang yang lebih tua. Di sisi lain, anak-anak juga biasanya belum memiliki fisik yang proporsional untuk melakukan aktivitas tersebut.

Sebaliknya, objek wisata bertema keluarga dan permainan anak dapat menjadi tujuan yang lebih proporsional. Beberapa kawasan bernuansa alam dengan ruang terbuka yang cukup luas juga sangat ramah untuk agenda bersama anak.

 

Baca Juga :   Yuk Simak 4 Jenis Olahraga Penurun Berat Badan Agar Kembali Ideal

 

Memilih Penginapan Strategis

Tempat istirahat di sekitar objek liburan keluarga menjadi faktor yang krusial. Hal ini terutama penting dalam agenda liburan dengan rencana menginap di luar rumah. Sekali lagi, hal ini akan berhubungan dengan anggota keluarga lain seperti anak atau orang lanjut usia.

Pilihlah area penginapan yang dekat dengan fasilitas umum seperti tempat parkir, mini-market, pintu tol, dan fasilitas lain. Hal tersebut akan menurunkan biaya transportasi yang tidak perlu di wilayah baru dan asing.

Selain itu, perjalanan yang memakan waktu lama dari penginapan ke objek liburan keluarga tentu tidak menyenangkan. Lebih baik memilih lokasi strategis dengan biaya sedikit lebih tinggi.

Biaya transportasi tidak terduga saat berada di luar kota justru menjadi konsumsi anggaran yang lebih merugikan. Hal ini penting di wilayah yang belum Anda ketahui detail tentang transportasi umum atau layanan ojek online.

 

Utamakan Menyewa Rumah Penginapan

Liburan keluarga juga lebih disarankan mengambil lokasi penginapan berupa bangunan rumah. Tidak disarankan menginap di hotel umum dengan batas kamar pengunjung yang terlalu rapat.

Pada usia tertentu, anak-anak bisa merasa tidak cocok dengan tempat menginap. Situasi tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang di sekitar apabila anak menangis dan merajuk di waktu istirahat.

Meski situasi akan berlalu, tetapi hal tersebut akan menjadi bagian pendidikan yang kurang baik bagi anak dan keluarga. Pembiasaan menginap di luar rumah dapat dilakukan secara bertahap. Memilih hotel umum dapat dilakukan apabila anak sudah memiliki pemahaman yang cukup.

 

Mengatur Rute Perjalanan atau Moda Transportasi

Liburan keluarga tidak dapat berjalan dengan persiapan kendaraan dan aplikasi Maps untuk menunjukkan rute ke tujuan wisata. Harus terdapat seorang yang berperan sebagai navigator secara jelas dalam agenda tersebut.

Tugas navigator tersebut akan mengatur berbagai hal sejak kendaraan dinyalakan sampai dengan keluarga tiba di tempat tujuan. Pengaturan tersebut berhubungan dengan lokasi istirahat selama perjalanan, tempat mengisi bahan bakar, perhentian ibadah, dan lainnya.

Navigator akan memilihkan jalur terbaik dengan pertimbangan potensi macet, area parkir, hingga perbandingan biaya tol. Keluarga tentu tidak akan merasa nyaman apabila harus menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencari area parkir yang kosong.

Hal serupa juga berlaku untuk perjalanan dengan kendaraan umum. Opsi transit, jadwal makan, hingga pergantian moda transportasi ke lokasi liburan keluarga harus sudah tertata dengan jelas sebelum perjalanan.

Anggota keluarga tentu akan merasa nyaman untuk diberi informasi perjalanan. Termasuk kebutuhan untuk berjalan kaki pada kondisi tertentu, dibanding mendapat perubahan mendadak akibat tidak adanya rencana yang jelas.

 

Baca Juga :   5 Esport Terbaik di Indonesia dengan Segudang Prestasi

Share :

Baca Juga

Sewa Elf Indramayu Naba Rent Car Murah Terpercaya

WISATA

Sewa Elf Indramayu Naba Rent Car Murah Terpercaya
10 Wisata di Milan yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

WISATA

10 Wisata di Milan yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan
9 Tempat Wisata di Italia yang Menarik Dikunjungi

WISATA

9 Tempat Wisata di Italia yang Menarik Dikunjungi
Pesona Tempat Wisata di Hawaii yang Sayang Dilewatkan

WISATA

Pesona Tempat Wisata di Hawaii yang Sayang Dilewatkan
Wisata Wonosobo, Aktivitas Bareng Keluarga di Dataran Tinggi Dieng

WISATA

Wisata Wonosobo, Aktivitas Bareng Keluarga di Dataran Tinggi Dieng
Malang Dreamland Pesona Wisata Baru yang Seru

WISATA

Malang Dreamland Pesona Wisata Baru yang Seru
9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi

WISATA

9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi
Pantai Wedi Ireng Salah Satu Pesona Alam Kota Banyuwangi

WISATA

Pantai Wedi Ireng Salah Satu Pesona Alam Kota Banyuwangi