Home / WISATA

Selasa, 21 Maret 2023 - 10:00 WIB

5 Tempat Wisata Untuk Ngabuburit Di Bulan Ramadhan

- Penulis

5 Tempat Wisata Untuk Ngabuburit Di Bulan Ramadhan

5 Tempat Wisata Untuk Ngabuburit Di Bulan Ramadhan

Moccaapedia – Bulan ramadhan adalah bulan mulia bagi umat islam, di bulan ini umat islam sangat fokus dengan kegiatan ibadah yang dilakukan di sepanjang siang dan juga malam. Tempat Wisata Untuk Ngabuburit

Meski demikian, setelah berbuka pada malam hari, banyak juga umat islam yang tetap menyempatkan diri untuk berwisata. Wisata di bulan ramadhan ternyata menjadi sebuah trend yang juga hadir bersamaan dengan datangnya bulan yang mulia ini.

 

Baca Juga :   Tak Kalah Mempesona, Berikut Tempat Wisata Bali Utara

 

Tempat Wisata Untuk Ngabuburit Di Bulan Ramadhan

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang cocok dikunjungi selama bulan Ramadan:

 

  1. Masjid-masjid bersejarah

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan selama Ramadan adalah menambah pahala dengan beribadah di masjid. Maka dari itu, mengunjungi masjid-masjid bersejarah seperti Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh masjid bersejarah yang terkenal di Indonesia:

1) Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Indonesia dan salah satu yang terbesar di dunia. Dibangun pada tahun 1978, masjid ini memiliki arsitektur modern yang unik dan indah.

Masjid Istiqlal juga menjadi pusat kegiatan ibadah muslim di Indonesia dan memiliki ruang salat yang cukup luas untuk menampung ribuan jamaah. Tempat Wisata Untuk Ngabuburit

2) Masjid Agung Demak, Jawa Tengah

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di Indonesia. Dibangun pada abad ke-15, masjid ini menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Masjid Agung Demak memiliki arsitektur khas Jawa dengan sentuhan arsitektur Islam.

3) Masjid Agung Surakarta, Jawa Tengah

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Jawa Tengah dan memiliki arsitektur khas Jawa. Masjid Agung Surakarta juga terkenal dengan ornamen khas Jawa seperti relief dan ukiran yang menghiasi dinding dan atap masjid.

4) Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid ini merupakan salah satu simbol kebesaran Islam di Indonesia dan menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan. Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi pusat kegiatan ibadah dan budaya di Aceh.

5) Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Jakarta dan memiliki arsitektur modern yang indah. Masjid Agung Al-Azhar juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial di Jakarta.

Secara keseluruhan, masjid-masjid bersejarah di Indonesia memiliki nilai sejarah dan keindahan arsitektur yang tinggi. Selain sebagai tempat ibadah, masjid-masjid ini juga bisa menjadi tempat wisata dan belajar tentang sejarah dan budaya Islam di Indonesia.

 

Baca Juga :   5 Wisata Pulau Jeju yang Memanjakan Mata

 

  1. Pemandian air panas

Salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi selama Ramadan adalah pemandian air panas. Di sini, pengunjung bisa merelaksasi tubuh setelah berpuasa sehari penuh. Tempat Wisata Untuk Ngabuburit

 

  1. Taman-taman

Berjalan-jalan di taman yang hijau bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan selama Ramadan. Pengunjung bisa melakukan piknik bersama keluarga sambil menikmati alam yang indah. Indonesia memiliki banyak taman wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi, di antaranya adalah:

  1. Taman Wisata Alam Mangrove – Bali.
  2. Taman Nasional Comodo – Nusa Tenggara Timur.
  3. Taman Wisata Alam Pulau Payar – Riau.
  4. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda – Bandung, Jawa Barat.
  5. Taman Rekreasi Selecta – Batu, Malang, Jawa Timur.
  6. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango – Jawa Barat.
  7. Taman Budaya Sentul City – Bogor, Jawa Barat.

Semua taman wisata tersebut menawarkan pengalaman yang berbeda dan menarik bagi pengunjung, mulai dari wisata alam, budaya, hingga hiburan.

 

  1. Pasar Malam Ramadan

Pasar Malam Ramadan merupakan tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi selama Ramadan. Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner khas Ramadan, kegiatan budaya, dan hiburan yang diadakan di malam hari.

Beberapa pasar malam Ramadhan terkenal di Indonesia antara lain:

  1. Pasar Ramadan Pramuka – Jakarta
  2. Pasar Ramadan Padang Polo – Medan, Sumatera Utara
  3. Pasar Ramadan Taman Ria – Bandung, Jawa Barat
  4. Pasar Ramadan Kenjeran – Surabaya, Jawa Timur
  5. Pasar Ramadan Bali – Denpasar, Bali
  6. Pasar Ramadan Banda Aceh – Aceh
  7. Pasar Ramadan Taiping – Semarang, Jawa Tengah
  8. Pasar Ramadan Putrajaya – Depok, Jawa Barat

Pasar malam Ramadan ini biasanya buka setelah waktu berbuka puasa dan menjelang waktu sahur. Di sana, pengunjung dapat menemukan berbagai hidangan khas Ramadhan, seperti kolak, takjil, sate, nasi goreng, dan makanan ringan lainnya.

Selain itu, ada juga berbagai produk kerajinan tangan dan baju muslim yang dijual di pasar malam Ramadhan tersebut. Hal ini menjadikan pasar malam Ramadhan sebagai destinasi wisata kuliner dan belanja yang populer di Indonesia.

 

  1. Tempat Bersejarah

Mengunjungi tempat bersejarah seperti candi, museum, atau tempat sejarah lainnya bisa menjadi kegiatan yang menarik selama Ramadan. Pengunjung bisa mempelajari sejarah dan budaya setempat sambil menambah pengetahuan tentang peradaban masa lalu.

 

  1. Wisata Religi

Selama bulan Ramadan, banyak orang melakukan perjalanan untuk berkunjung ke tempat-tempat suci agama mereka. Contohnya, umat Islam melakukan ziarah ke Mekah dan Madinah di Arab Saudi, dan juga ke berbagai tempat suci Islam lainnya di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, selama bulan Ramadan terdapat banyak tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Mulai dari tempat ibadah, tempat alam, hingga tempat bersejarah, semuanya bisa memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung.

Demikianlah bahasan tentang 5 Tempat Wisata Untuk Ngabuburit Di Bulan Ramadhan yang bisa anda jadikan tempat wisata sambil menjalankan ibadah puasa.

 

Baca Juga :   7 Rekomendasi Tempat Wisata Kota Dublin di Irlandia, Cantik!

Share :

Baca Juga

7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak

WISATA

7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak!
5 Wisata di Malaysia yang Harus Dikunjungi

WISATA

5 Wisata di Malaysia yang Harus Dikunjungi
Deretan Wisata di Malang (IG/ali.utsman_)

WISATA

Daftar Masuk, Tiket Wisata Malang Murah
Citilink agents

WISATA

Pengertian Citilink Agents, Fitur, Syarat, hingga Cara Mendaftar
Wisata Alam di Jawa Tengah yang Memiliki Pemandangan Indah

WISATA

Wisata Alam di Jawa Tengah yang Memiliki Pemandangan Indah
Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Bandung

WISATA

Rekomendasi 5 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Bandung, Apa Saja?
Tempat Wisata Viral di Bali (ANTARA FOTO/NYOMAN HENDRA WIBOWO/HP)

WISATA

10 Wisata di Bali dan Harganya Terbaru, Wajib Datang!!
Pesona Tempat Wisata di Hawaii yang Sayang Dilewatkan

WISATA

Pesona Tempat Wisata di Hawaii yang Sayang Dilewatkan